Lakukan ini dalam 3 bulan sekali jika ingin sukses

Lakukan ini dalam 3 bulan sekali jika ingin sukses

Tiga bulan pertama kerja ialah waktu yang dilalui dengan kecemasan. Secara umum, tantangan bekerja dalam 3 bulan pertama yang dihadapi pegawai yang baru memasuki dunia kerja atau karyawan yang baru pindah ke beberapa perusahaan biasanya tidak jauh berbeda yaitu ingin sukses di perusahaan baru. Mereka harus berusaha beradaptasi di lingkungan kantor, peraturan perusahaan, dan jenis pekerjaan baru.

Namun, orang yang sukses dalam pekerjaannya bisa melewati hari-hari pertama di tempat kerjaan baru dengan mulus. Berikut strategi yang dilakukan pada tiga bulan pertama kerja.

Menerima Tantangan dengan Antusias

Orang yang ingin sukses akan menyukai tantangan dan tahu jika mereka bisa menyelesaikannya. Ketika atasan menawarkan proyek besar, mereka akan berani mengatakan ‘ya’ dengan antusias. Orang yang ingin sukses tentu akan mengambil kesempatan tersebut walupun belum mengetahui cara mengerjakannya, dan tanpa memikirkan dampak hasil pekerjaan untuk kemajuan karir ke depan.

Jika menunjukkan antusiasme di pekerjaan dalam tiga bulan pertama, maka akan membuat anda terlihat sebagai pekerja yang penuh semangat. Karena telah menunjukkan keberanian menerima tantangan. Anda tidak lah perlu terlalu mencemasinya karena Anda akan mempelajari cara melakukan pekerjaan tersebut seiring waktu, menyelesaikan proyek, dan mendapat bantuan dari rekan kerja bahkan atasan anda.

Memiliki Target yang Relevan

Biasanya, atasan akan memberi target pekerjaan untuk bawahannya, seperti jumlah penjualan produk yang harus Anda capai, proyek yang harus diselesaikan, dan sebagainya. Bagian manajemen akan menyusun target relevan dengan deskripsi pekerjaan, keahlian karyawan berdasarkan levelnya, serta tujuan perusahaan secara umum.

Namun, ada baiknya Anda juga harus memiliki target pribadi. Orang yang ingin sukses biasanya memiliki panduan rencana pencapaian pada sebulan, tiga bulan hingga setahun. Dengan perencanaan serta target tersebut, Anda akan memiliki panduan kerja yang terarah.

Memecahkan Masalah dalam Tim

Jika Anda bergabung ke dalam sebuah tim dan melihat kesalahan di stuktur kerja, maka baiknya ungkapkan saja kepada atasan atau rekan kerja setim. Sebaiknya, pengaduan Anda juga diikuti dengan ide untuk menyelesaikan masalah yang ada. Selain itu, jangan membandingkan tim kerja anda sekarang dengan tim kerja di perusahaan sebelumnya.

Jika Anda ingin mengikuti jalan orang yang ingin sukses, pilihlah jalan yang curam demi pencapaian yang lebih besar. Jangan habiskan 90 hari pertama Anda dengan mencari posisi yang aman, melewati jalur yang gampang, atau diam saja meski anda mengetahui masalah.

Mengembangkan Hubungan Sosial

Mungkin, Anda akan dapat langsung akrab dengan rekan disebelah meja dalam beberapa hari kerja. Jika Anda telah mengenal sejumlah orang yang mampu melakukan tugas harian dan target berikutnya adalah mengembangkan hubungan di tiga bulan pertama kerja. Anda bisa mencoba bermain ke divisi lain untuk menjalin pertemanan baru. Dan cobalah untuk memulai percakapan dan bicara tentang perspektif terkait pekerjaan, perusahaan dan karir.

Mengobrol dengan CEO

Baca Juga : Cara Sukses Membuka Usaha Online Shop

Tampaknya, mengobrol dengan CEO merupakan satu hal yang cukup sulit. Jangankan untuk mengobrol, Anda bahkan belum tentu memiliki kesempatan bertemu dengan CEO. Namun, jika Anda memiliki kesempatan bertemu di lift, atau dalam acara besar yang dihadiri pimpinan, jangan lewatkan kesempatan tersebut. Anda dapat berbicara hal kecil seperti tentang liburan atau suatu hal yang dapat menunjukkan minat kepada perusahaan dan pekerjaan.

Sementara, jika bekerja di perusahaan startup, kesempatan untuk mengobrol dengan pimpinan perushaan jauh lebih besar. Mungkin Anda bekerja dalam satu ruangan dengan para pimpinan perusahaan. Jangan buang kesempatan ini untuk belajar banyak dari pandangan CEO di tiga bulan pertama kerja.

Menjaga Hubungan dengan Mantan Rekan Kerja

Ketika anda memasuki kantor baru, baiknya anda jangan memutus hubungan dengan atasan atau rekan kerja di perusahaan sebelumnya. Apabila Anda memiliki teman dikantor lama, sempatkan waktu untuk ngumpul bersama mereka. Anda juga baiknya meminta beberapa teman agar terhubung dengan mereka di media sosial. Jaringan di masa lalu dapat memberi keuntungan untuk masa depan.

Dengan menjalankan strategi tersebut, tiga bulan pertama akan terasa lebih lancar. Anda akan membuat lompatan besar meski statuts anda sebagai anak baru. Semoga tips ini dapat bermanfaat dan mendukung Anda mencapai kesuksesan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.