Tips Berbelanja Hemat dan Bijak
- Informasi Menarik

Tips Berbelanja Hemat dan Bijak

Tips Berbelanja Hemat dan Bijak

Belanja merupakan rutinitas bagi setiap orang. Baik itu harian, mingguan atau bahkan hingga bulanan. Kegiatan berbelanja merupakan rutinitas yang sangat menyenangkan, sehingga tidak heran banyak orang menjadi boros karena terlalu sering berbelanja. Apa lagi melalukan pengeluaran dengan kurang cermat, untuk itu anda perlu berbelanja hemat dan bijak.

Berikut ada beberapa tips yang baiknya anda coba untuk menghindari pengeluaran yang membengkak:

Buat daftar yang akan dibeli

Membuat daftar belanja tentu akan sangat membantu Anda agar tetap berhemat. Selain memudahkan dalam mencari barang yang akan dibeli, Anda juga dapat menghitung berapa pengeluaran yang akan di belanjakan. Hal ini dilakukan agar anda bisa mengatur pengeluaran yang akan dibelanjakan dan meminimalisir belanjaan yang tidak di butuhkan. Jangan lupa mencatat pengeluarannya setelah berbelanja.

Belanja di saat yang tepat

Belanjalah saat anda tidak lapar. Perut yang terasa lapar, berpotensi membuat Anda untuk terus berbelanja tanpa memikirkan daftar yang telah di buat. Selain itu, belanjalah ketika supermarket tidak ramai. Itu artinya, anda harus menghindari tanggal muda saat berbelanja. Karena saat ramai, antrian kasir akan menjadi panjang, dan hal ini dapat membuat Anda tergoda membeli barang di counter kasir.

Prioritaskan yang dibutuhkan

Keinginan membeli semua barang memang menjadi kebiasaan hampir semua orang dan sulit dikendalikan. Apalagi ketika berbelanja di awal bulan, dimana uang di rekening anda sedang banyak-banyaknya. Hal ini dapat membuat Anda untuk berbelanja melebihi anggaran yang telah di tetapkan. Hindari hal ini dan fokus hanya kepada barang yang memang menjadi prioritas atau anda butuhkan.

 

Baca juga : Contoh Surat lamaran kerja yang menarik

Manfaatkan promo yang ada

Manfaatkan promo yang sedang berlaku di supermarket atau tempat perbelanjaan. Promo tersebut tentunya dapat mengurangi pengeluaran Anda dengan signifikan. Terutama ketika Anda membeli barang kebutuhan, seperti minyak goreng dan sabun, dan lain-lain. Promo biasanya terdapat pada benner, brosur atau iklan promosi.

Cek apakah barang yang akan anda beli masuk dalam promosi mereka sebelum berbelanja. Namun, tidak ada salahnya untuk berhati-hati ketika menggunakan promo. Perhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku sehingga nantinya Anda tidak kecewa.

Langsung pulang setelah selesai belanja

Untuk menghindari pengeluaran yang lebih besar ada baiknya Anda langsung pulang ketika selesai berbelanja. Hal ini bertujuan untuk menghindari Anda membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan. Anda bisa saja menjadi tertarik membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan. 

About MPSSOFT PT Mitra Pasifik Solusindo

Read All Posts By MPSSOFT PT Mitra Pasifik Solusindo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.