5 Hal yang Harus Dilakukan Ketika Membuat Kesalahan
Share untuk berbagi kebermanfaatan
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares

Melakukan kesalahan pastinya pernah dialami oleh setiap manusia yang hidup di dunia ini. Sering kali saat berbuat kesalahan, membuat hidup penuh dengan begitu banyaknya rasa kebingungan. Rasa panik yang muncul saat berbuat salah, membuat kita sangat tergesah-gesah untuk mencari cara agar kerugian tidak terjadi. Namun ada satu hal yang terlupakan saat kita mulai panik, yaitu mengidentifikasi apa yang menjadi dan apa akar masalah dari kesalahaan tersebut.

Kesalahan memang bukanlah hal yang baik, bahkan memang harus di hindari. Namun kesalahan juga dapat menjadi harta yang paling berharga untuk menjadi pelajaran hidup kita. Agar kesalahan dapat menjadi sebuah aset yang berharga, kita harus mampu untuk duduk sejenak dan mengevaluasi diri. Berikut ini adalah 5 hal yang harus diLakukan ketika membuat kesalahan..

Memahami Kejadaian Saat Terjadi Kesalahan

Ketika kesalahan itu terjadi, usahakan anda jangan terhanyut dalam kekecewaan. Ada hal pertama yang lebih penting dari itu, yaitu memahami apa sebenarnya yang terjadi. Coba anda putar ulang kejadian sebelum keselahan tersebut, dan lihat apa saja yang telah anda lakukan saat itu. Perhatikan setiap langkah atau kejadian yang anda lakukan dan temukan dititik mana awal keselahan tersebut terjadi.

Ketika anda tau awal kesalahan tersebut berada dimana, anda akan menemukan akar permasalahan yang sebenarnya terjadi.  Dan ketika anda mengetahui masalah sebenarnya, mungkin baru sadar jika keselahan yang anda lakukan terjadi karena hal teknis ataupun sesuatu yang bisa saja anda sepelekan.
Baca : 5 Tips Cara Belanja Online Murah di Instagram

Mencari Solusi Untuk Memperbaiki Kesalahan

Kini anda telah mengetahui dimana letak masalah yang menyebabkan kesalahan tersebut terjadi. Ini saatnya untuk anda mencari solusi terbaik untuk upaya memperbaiki keadaan yang ada. Lari dari tangungjawah dan pura-pura tidak tahu adalah tindakan yang salah untuk dilakukan. Walaupun mungkin anda tidak dapat memperbaiki sepenuhnya, namun setidaknya anda dapat mencegah kerugian yang lebih besar lagi.

Sebaiknya anda harus terus terang dan menceritakan kepada orang lain jika anda telah berbuat kesalahan. Hal ini karena bisa saja anda tidak mampu menangani masalah yang telah terjadi secara sendirian. Sehingga dengan anda menceritakan pada orang lain seperti teman kerja, manajer ataupun atasan anda, maka mereka akan dapat memberikan solusi terbaik untuk memperbaiki segala kesalahan anda.
Baca juga : Wow Pekerja JICT Merupakan Pekerja Dengan Gaji Tertinggi Di dunia

Meminta Maaf Kepada Orang Yang terdampak

Sering kali ego yang ada dalam diri kita membuat mulut seperti tidak mau terbuka saat mengucapkan kata maaf. Padahal meminta maaf merupakan salah satu unsur yang wajib dilakukan saat anda berbuat kesalahan. Memang meminta maaf tidak akan dapat memperbaiki kesalahan secara teknis, tapi juga harus di ingat jika kerugian dari kesalahan yang anda buat bukan hanya secara materil, namun juga moril. Ada banyak orang yang waktunya terbuang percuma karena kesalahan anda. Ada juga orang yang sangat kecewa bahkan terancam kelangsungan hidupnya karena kesalahan anda. Dan semua kerugian moril setidaknya dapat terobati dengan ucapan maaf yang tulus dari anda.

Meminta maaf tidak akan menjatuhkan martabat ataupun nama baik anda, justu dengan meminta maaf anda akan dipandang sebagai orang yang santun dan punya tanggung jawab tinggi. Dengan meminta maaf, juga dapat membuat hubungan terhadap orang yang terdampak atas kesalahan anda selalu terjaga.
Baca juga : FOX FREE SMS, Aplikasi SMS Gratis Di Android

Mencegah Kesalahan Tidak Terulang Lagi

Bagaimana mungkin anda dapat menyebut kesalahan ini telah menjadi pengalaman hidup, jika dimasa depan anda masih saja melakukan kesalahan yang sama. Saat ini anda telah mengetahui apa peyebab kesalahan tersebut dan anda juga telah mengetahui solusi yang terbaik untuk meminimalisir kerugian. Maka dari itu yang harus anda lakukan berikutnya adalah membuat skema pencegahan, agar keselahan yang sama tidak terulang lagi dimasa depan.

Untuk proses pencegahan biasanya lebih mudah dibandingkan untuk memperbaiki kerugian dari kesalahan anda. Contohnya jika anda bekerja dipergudangan dan anda memecahkan barang karena salah menempatkannya, solusi yang bisa diterapkan untuk mencegah terulang kembalinya kesalahan tersebut adalah dengan menata barang, dimana barang yang mudah pecah tidak disusun saling menimpa di rak stok barang. Anda juga bisa mengubah manajemen pergudangan dengan menggunakan software stok barang agar proses manajemen gudang bisa lebih baik.
Baca juga : Download BIS Accounting System Gratis | Software Akuntansi Terbaik

Mencari hikmah yang dapat di ambil ?

Saat ini anda telah memahami betul masalah dari kesalahan yang terjadi, memohon maaf hingga memastikan hal yang sama tidak terulang lagi juga telah anda lakukan. Maka inilah waktunya untuk anda kembali kebelakang untuk mengingat semua hal yang telah anda lakukan, dan mencoba mengambil hikmah dari kejadian ini. Cari hal-hal positif yang didapatkan dari kesalahan tersebut.

Contohnya saja ketika kesalahan itu terjadi dan anda baru mengatahui jika ada teman kerja anda yang memiliki kemampuan dan skill luar biasa untuk membantu menangani masalah anda. Padahal pada kesehariannya teman tersebut tampak biasa saja dan terlihat tidak memiliki skill yang mengagumkan saat bekerja.
Baca juga : Jasa Pembuatan Website MLM

Kesalahan memang bukanlah hal yang membanggakan, namun bisa juga dapat memberikan anda pelajaran yang berharga. Hal terpenting yang harus anda lakukan saat berbuat kesalahan adalah tetap tenang dan berusaha mencari solusinya. Anda jangan pernah merasa gagal jika saat ini telah melakukan kesalahan, karena kesalahan saat ini akan menjadi benteng untuk terhindar dari kesalahan yang sama di masa akan datang.


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>