5 Cara Memanfaatkan Uang THR Dengan Baik dan Bijak
Share untuk berbagi kebermanfaatan
  • 6
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    6
    Shares

Mendekati Hari Raya Idul Fitri, semua pekerja atau karyawan termasuk anda pasti sudah mulai memikirkan bagaimana merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan gembira berkumpul bersama sanak keluarga dikampung atau dirumah. Selain itu pastinya anda juga menantikan pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) yang diberikan oleh setiap perusahaan paling lama 7 hari sebelum Hari Raya Idul Fitri. Tentu saja THR ini dapat anda gunakan untuk merayakan lebaran dengan meriah bersama keluarga, atau justru anda memikirkan ingin membeli barang yang diimpikan seperti smartphone, baju, sepatu dan barang lainnya. Namun tahukah anda jika pemikiran seperti itu akan membuat uang THR yang diberikan oleh perusahaan habis dalam waktu singkat tanpa ada manfaat yang jelas. Untuk itu anda harus mencari tahu bagaimana cara memanfaatkan uang THR agar dapat berguna dalam jangka waktu yang panjang. Dilansir melalui cermati.com berikut adalah 5 cara memanfaatkan uang THR dengan baik.

Baca juga: 6 Kegiatan Bermanfaat Saat Jam Makan Siang di Bulan Ramadhan

Prioritaskan uang THR untuk keperluan lebaran

Seperti namanya, THR atau Tunjangan Hari Raya adalah upah yang diberikan oleh perusahaan menjelang hari besar keagamaan. Tentu saja tujuan utama dari pemberian THR itu adalah untuk menutupi biaya dalam menyambut Hari Besar Keagamaan seperti membeli baju baru, tiket mudik, THR untuk sanak saudara di kampung halaman, kue dan makanan. Untuk itu anda dapat memanfaatkan uang THR untuk keperluan lebaran terlebih dahulu, namun perlu diingat bukan berarti uang THR tersebut langsung habis hanya untuk menyambut lebaran dengan semarak.

Baca juga: Di Pecat Saat Sebelum Hari Raya Apakah Karyawan Tidak Mendapat THR?

Uang THR untuk ditabung

Permasalahan yang sering terjadi saat akan menabung uang adalah karena anda tidak memiliki cukup uang untuk ditabung akibat banyaknya keperluan yang menggunakan uang. Uang THR bisa menjadi solusi dari permasalah tersebut, anda dapat memanfaatkan uang THR untuk ditabung agar dapat dimanfaatkan untuk keperluan yang lebih besar dan genting. Pisahkan sebagian atau minimal 10% uang THR yang diberikan oleh perusahaan, lalu masukkan uang tersebut kedalam rekening khusus untuk menabung yang anda miliki. Sangat penting untuk memiliki tabungan, karena jika terjadi sesuatu yang tidak direncanakan anda dapat menggunakan uang tabungan yang berasal dari THR yang sebelumnya sudah anda sisihkan.

Baca juga: Aturan Batas Waktu Pembayaran THR Sesuai Dengan Undang-Undang

Uang THR untuk bayar hutang

Jika anda memiliki hutang yang belum lunas, maka anda dapat memanfaatkan uang THR untuk melunasi hutang yang anda miliki. Menahan-nahan hutang hanya akan membuat berat diri anda. Hutang yang terus ditahan akan membuat anda semakin sulit menyimpan uang karena selalu habis untuk membayarkan hutang. Untuk itu selagi anda memiliki uang lebih maka tidak ada salahnya menyisihkannya untuk membayar hutang agar dapat cepat lunas dan anda pun menjadi lebih lega karena tidak ada beban yang mengganggu pikiran.

Uang THR untuk investasi

Agar dapat lebih bermanfaat dikemudian hari, anda harus memanfaatkan uang THR untuk pemakaian yang bersifat jangka panjang. Jangan gunakan uang THR untuk keperluan sehari-hari seperti pergi ke mall, makan atau nonton bioskop. Anda harus memanfaatkan uang THR sebaik mungkin. Salah satunya adalah dengan menjadikan uangĀ  THR sebagai modal investasi. Anda dapat memanfaatkan uang THR untuk membeli emas yang dapat dijual lebih mahal dikemudian hari atau menggunakannya untuk menyicil rumah. Dengan begitu uang THR akan menjadi lebih bermanfaat.

Baca juga: Bagaimana Cara Menghitung THR Karyawan? Berikut Rumusnya!

Uang THR untuk berbagi dengan yang membutuhkan

Saat mendapatkan uang, jangan lupa untuk memberikan sedikit dari uang tersebut kepada orang yang membutuhkan. Saat bulan ramadhan, memberikan zakat merupakan salah satu ibadah yang memberikan pahala besar bagi yang melaksanakan. Untuk itu anda dapat memanfaatkan uang THR dengan cara memberikan zakat kepada yang membutuhkan. Uang yang anda dapat tidak akan sia-sia karena anda membantu orang lain yang sangat membutuhkan, anda juga akan merasakan kebahagiaan karena mampu memberikan hal yang bermakna bagi orang lain.Aplikasi Absensi Online Boss pintar


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  • 6
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    6
    Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.