Share untuk berbagi kebermanfaatan
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share

Karyawan adalah salah satu inti dari perusahaan. Bayangkan saja apa yang terjadi jika dalam perusahaan tidak ada karyawan, tentu saja segala proses produksi tidak akan berjalan dengan baik atau bahkan menjadi mati. Untuk itu karyawan dapat dianggap sebagai aset penting yang dapat memberikan pengaruh positif pada perusahaan. Namun, karyawan bukanlah seperti aset berbentuk fisik pada umumnya. Ada perbedaan dalam pengukuran karyawan yaitu loyalitas. Loyalitas dapat dilihat sebagai tanda betah atau tidaknya karyawan tersebut bekerja di perusahaan anda. Karyawan yang memiliki loyalitas tinggi tentu akan bertahan lama di perusahaan, sebaliknya karyawan yang tidak punya loyalitas dapat dipastikan akan meninggal kan perusahaan anda dan berpindah-pindah kerja.

Baca juga: 14 Cara Terbaik Memotivasi Karyawan Agar Semangat Bekerja

Namun, di era millennial seperti ini tidak mudah untuk menemukan karyawan yang punya loyalitas tinggi terhadap perusahaan. Banyak karyawan terutama yang masih muda tidak terlalu betah untuk melakukan pekerjaan pada satu perusahaan saja unjung-ujungnya mereka akan keluar dan mencari perusahaan lain untuk bekerja. Untuk itu anda harus mencari cara bagaimana menumbuhkan loyalitas pada karyawan. Tentu jika setiap karyawan memiliki loyalitas yang tinggi akan berdampak terhadap pertumbuhan produktifitas perusahaan. Berikut adalah tips meningkatkan dan menjaga loyalitas karyawan.

Ajak karyawan untuk terlibat dalam pengambilan keputusan

Untuk meningkatkan loyalitas karyawan pada perusahaan cobalah untuk melibatkan setiap karyawan dalam pengambilan keputusan yang ada didalam perusahaan. Dengan begitu, karyawan akan merasa lebih dihargai dan merasa menjadi bagian penting dalam perusahaan. Tentu hal tersebut akan meningkatkan loyalitas karyawan karena termotivasi untuk memajukan perusahaan. Biarkan juka karyawan untuk memberikan ide dan masukkan mengenai kebijakan yang ada didalam perusahaan.

Baca juga: 4 Manfaat Paid Vacation Bagi Karyawan Yang Harus Diketahui

Membuat acara untuk saling berbagi ilmu

Adakanlah sebuah acara yang bertujuan untuk berbagi ilmu antar sesama karyawan. Ada banyak keuntungan dengan mengadakan acara seperti itu. Karyawan dapat saling bertukar pengalaman, ilmu, masalah serta solusi yang pernah dilakukannya. Dengan begitu akan meningkatkan kerjasama antar karyawan jauh lebih baik. Selain itu tentu akan menjadi ladang ilmu bagi masing-masing karyawan karena mendapat pengetahuan dari karyawan lain.

Beri apresiasi

Setiap karyawan tentu akan senang jika diberikan apresiasi yang sesuai dengan kemampuan dan kontribusi yang diberikannya pada perusahaan. Untuk itu pastikan anda selalu memperhatikan setiap karyawan dengan jeli. Pastikan anda memberikan apresiasi kepada karyawan yang memiliki kontribusi tinggi pada perkembangan perusahaan. Memberikan apresiasi tidak melulu dalam bentuk uang atau intensif saja, tetapi bisa dengan memberikan liburan atau bisa juga dengan pengakuan seperti gelar karyawan terbaik bulanan. Semua bentuk apresiasi yang diberikan kepada karyawan akan membuat karyawan tersebut menjadi lebih terpaju dalam memberikan kontribusi baik pada perusahaan.

Baca juga: Bagaimana Tempat Kerja Yang Ideal Bagi Generasi Millenial ?

Memberikan pelatihan

Salah satu cara meningkatkan loyalitas karyawan adalah dengan memberikan pelatihan. Memberi pelatihan hampir mirip dengan acara berbagi ilmu, bedanya jika pada acara berbagi ilmu hanya diisi oleh antar karyawan sementara pelatihan diisi oleh trainer yang berasal dari luar. Tentunya diharapkan dengan memberikan pelatihan kepada setiap karyawan akan meingkatkan skill atau kemampuan karyawan dalam menjalani pekerjaannya.

Membuat acara diluar kantor

Dari empat cara diatas, bisa dibilang cara ini akan lebih efektif guna meningkatkan loyalitas karyawan. Banyak perusahaan yang tidak menyadari jika memberi acara diluar kantor seperti family gathering dapat meningkatkan dan menjaga loyalitas karyawan. Family gathering atau outing office adalah sebuah kegiatan dimana seluruh karyawan melakukan liburan bersama dengan keluarganya. Dalam family gathering juga biasanya diisi dengan games atau lomba ringan. Dengan begitu tentu akan menciptakan rasa kekeluargaan antar karyawan. Walau biaya yang dikeluarkan tergolong besar, tidak ada salahnya untuk menmbuat acara diluar kantor minimal satu kali dalam setahun.

Aplikasi Absensi Online Boss pintar


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>