Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat istimewa bagi seluruh umat Muslim yang ada didunia. Pada bulan Ramadhan umat muslim diseluruh dunia akan berpuasa dan berlomba-lomba meningkatkan ibadahnya. Tentu saja sebagai seorang pimpinan yang baik anda juga harus mendukung setiap karyawan yang sedang berpuasa dengan memberikan kebijakan-kebijakan yang dapat membuat karyawan menjadi nyaman meskipun harus berpuasa menahan lapar dan dahaga. Dengan begitu performa dan produktivitas karyawan akan tetap terjaga atau bahkan jauh lebih meningkat dibanding biasanya. Lalu bagaimana cara menciptakan lingkungan kerja yang ramah bagi karyawan yang berpuasa? Di sarikan dari Qerja.com yang dikutip dari Gulf News. Berikut adalah tips menciptakan lingkungan kerja ramaah bagi karyawan berpuasa.

Baca juga: Ketentuan Jam Kerja Karyawan Saat Bulan Ramadhan

Memberikan ruang gerak yang lebih kepada karyawan

Karyawan yang menjalankan ibadah puasa akan lebih cepat lelah ketimbang dari biasanya. Namun hal ini bukan berarti karyawan tersebut tidak dapat bergerak dengan leluasa. Dengan menggerakkan tubuh, karyawan dapat menjadi lebih segar karena banyak oksigen yang masuk kedalam tubuh dan mengalirkan darah ke seluruh penjuru tubuh. Karyawan dapat melakukan sedikit peregangan tubuh agar tidak mudah lelah. Tanpa harus berpindah tempat, karyawan dapat melakukan gerakan-gerakan kecil yang sangat bermanfaat.

Sebagai pimpinan, tentunya anda harus mendukung karyawan yang ingin beribadah dengan baik, untuk itu berikan sedikit ruang gerak kepada karyawan agar dapat menjalankan ibadahnya dengan baik. Selain akan dianggap sebagai pimpinan yang baik, kinerja karyawan juga akan lebih meningkat meskipun sedang berpuasa.

Baca juga: 6 Kegiatan Bermanfaat Saat Jam Makan Siang di Bulan Ramadhan

Memberikan ruang istirahat

Tantangan yang sering dihadapi oleh karyawan yang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan adalah sulit untuk fokus dan mengembangkan ide kreativitas. Selain itu rasa kantuk juga menjadi momok besar bagi setiap karyawan yang berpuasa karena pada bulan Ramadhan jam tidur mereka berubah disebabkan oleh santap sahur. Sebagai perusahaan yang menjunjung tinggi kenyamanan karyawan, anda dapat menyediakan sebuah ruangan istirahat yang berisi dengan tempat tidur, bantal atau hal lain yang dapat membuat karyawan nyaman. Dengan menyediakan tempat istirahat, karyawan yang berpuasa dapat mengistirahatkan tubuhnya sebentar pada saat jam makan siang. Tentu dengan begitu, karyawan dapat lebih bersemangat lagi karena setelah bangun tidur tubuhnya menjadi lebih segar.

Ubah dekorasi kantor

Untuk mengindari rasa bosan, anda dapat mengubah dekorasi kantor sesuai dengan tema yang ada. Anda dapat mengubah dekorasi kantor menjadi suasana bulan ramadhan dimana ada banyak hiasan ketupat berwarna hijau. Atau anda juga dapat mengubah warna dinding ruangan kantor menjadi lebih berwarna sesuai dengan keinginan karyawan. Tentu saja dengan begitu karyawan yang kesulitan mendapatkan inspirasi akan dengan mudah menemukannya karena memiliki ruangan dengan suasana baru.

Baca juga: Aturan Batas Waktu Pembayaran THR Sesuai Dengan Undang-Undang

Pastikan ruangan kerja karyawan mendapat asupan sinar matahari yang cukup

Sebisa mungkin pastikan setiap ruangan kerja karyawan mendapat asupan sinar matahari yang mencukupi. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan dinding kaca atau bahan yang tembus pandang agar sinar matahari dapat masuk kedalam ruangan. Sinar matahari dapat membuat tubuh menjadi tetap segar, apalagi bagi karyawan yang sedang berpuasa tentu akan membuat tubuhnya menjadi lebih bersemangat. Tapi perlu anda ingat, jangan sampai sinar matahari yang masuk malah membuat ruangan menjadi panas. Anda harus mengatur suhu yang ada agar karyawan tetap nyaman saat bekerja.

Itu tadi adalah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan ramah bagi karyawan berpuasa. Anda dapat menerapkan beberapa contoh diatas kedalam kantor anda. Dengan begitu karyawan pun akan merasa senang karena apa yang diinginkannya dapat tercapai.

Sumber: Qerja.com

Aplikasi Absensi Online Boss pintar


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>