- HRD

Tingkatkan Retensi Karyawan Menggunakan Comp Strategy

Comp strategy dapat meningkatkan retensi karyawan, strategi ini memberikan kompensasi kepada karyawan untuk meningkatkan kenyamanannya dalam bekerjan. Retensi memiliki arti segala cara yang perusahaan lakukan untuk mempertahankan karyawan.

Pastinya sudah dipahami bahwa tujuan karyawan bekerja bukan hanya sekedar passion, tetapi juga karena motif upah atau gaji. Dengan menerapkan comp strategy akan membuat karyawan berpikir ulang untuk keluar dari perusahaan.

Memberikan Kompensasi Materiil Secara Langsung

Cara ini adalah yang paling sering digunakan oleh beberapa perusahaan. Pemberian kompensasi materiil berupa uang sangat ampuh dan efektif untuk meningkatkan retensi. Dengan memberikan kompensasi secara langsung akan memberikan manfaat kepada karyawan dan perusahaan secara langsung.

Memberikan Kompensasi Secara Tidak Langsung

Pemberian kompensasi secara tidak langsung bisa berupa rumah dinas atau kendaraan dinas. Manfaat yang akan dirasakan oleh karyawan akan berkepanjangan. Beberapa perusahaan besar dan ternama sudah menggunakan cara comp strategy ini untuk meningkatkan retensinya. Kompensasi ini akan bisa bertahan lama dan lebih unggul daripada pemberian kompensasi secara materiil.

Pemberian Kompensasi Non Fiskal

Kompensasi jenis ini tidak berwujub, dapat berupa lingkungan kerja yang baik dan juga pemberian pelatihan. Pelatihan yang diberikan memang tidak berwujud tetapi dampaknya sangat positif bagi karyawan. Lingkungan kerja yang baik juga termasuk didalam kompensasi ini.

Penerapan Comp Strategy

Setiap peruahaan akan memiliki cara menerapkan com strategy yang berbeda-beda. Ada yang menerapakan ke3 kompensasi tersebut, sedangkan ada juga yang menerapkan satu atau dua jenis kompensasi diatas. Hal ini berhubungan dengan ukuran perusahaan, yang biasanya semakin besar ukuran perusahaan maka semakin banyak kompensasi yang diberikan.

APS HRD SYSTEM - SOFTWARE HR TERBAIK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.