Tingkatkan Keterlibatan Karyawan Dengan Aktivitas Dan Permainan Menyenangkan ini
Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Di zaman sekarang, tidak ada lagi istilah bahwa tempat bekerja itu tidak menyenangkan bagi karyawan. Jika Anda bertanya kepada karyawan di perusahaan sukses tentang aktivitas budaya kerja dan keterlibatan karyawan, Anda akan sering mendengar “kami sangat senang bekerja di sini, kami disini seperti bermain sambil bekerja namun tanpa harus meninggalkan produktivitas, Kami percaya dapat bekerja keras dan berpesta lebih keras”. Jadi bagaimana agar perusahaan anda bisa membuat pekerjaan karyawan menjadi tidak membosankan dan lebih menarik ?

Menghilangkan kebosanan di tempat kerja

Percaya atau tidak, untuk mendapatkan yang terbaik dari karyawan, Anda perlu memahami kebutuhan mereka dan membuat ide untuk membuat mereka tetap terlibat (engaging). Berikanlah semangat! Jika Anda ingin memotivasi tim Anda untuk menjadi lebih fresh, Anda harus mendorong kegiatan yang menyenangkan selain dari pekerjaan. Kegiatan atau aktivitas tersebut dapat berupa permainan sederhana untuk memulai sebuah pertemuan atau pergi ke tempat rekreasi seharian penuh. Sekarang rencanakan sesuatu untuk karyawan anda agar mereka tetap bahagia dan termotivasi. Berikut adalah beberapa kiat menyenangkan untuk meningkatkan keterlibatan karyawan :

Aktivitas Dan Permainan Menyenangkan Untuk Meningkatkan Keterlibatan Karyawan :

1. Hiasi tempat kerja Anda

Software Akuntansi TerbaikKantor yang berantakan, pastinya tidak pernah menyenangkan untuk bekerja. Karyawan Anda menghabiskan separuh waktu hidupnya di tempat kerja, sehingga mereka tidak boleh membenci pekerjaan. Pastikan Anda menyediakan ruang kerja yang atraktif dan menarik. Anda juga harus mengizinkan karyawan Anda menghias meja mereka, Ini akan membuuat dorongan semangat yang hebat. Anda juga bisa pergi ke kantor dekorasi mencari konsultan dalam proses pembuatan dekorasi ruang kantor yang indah.

2. Adakan sebuah pesta setiap tim mencapaian tujuan

Jika Anda ingin tim Anda bahagia dan produktif, pergilah bersama tim anda untuk mengadakan pesta kecil-kecilan ketika berhasil mencapai target pekerjaan. Ini membawa motivasi dan semangat pada karyawan Anda untuk melakukan sesuatu yang berbeda. Kegiatan seperti itu membuat karyawan Anda menyadari bahwa mereka  telah berhasil membuat kemajuan dan menjadi sumber yang berharga. Memberi penghargaan sederhana seperti dengan sebuah pesta kecil-kecilan sangat penting bagi produktivitas karyawan.

3. Organisasi yang menyenangkan

Tingkatkan Keterlibatan Karyawan Dengan Aktivitas Dan Permainan Menyenangkan ini

Untuk menambah kesenangan bekerja, tunjuklah satu orang untuk menjadi perwakilan dari masing-masing tim. Setiap perwakilan harus berdiskusi dengan tim mereka dan menyampaikan pemikiran mereka dalam pertemuan komite untuk menggunakan gagasan itu satu per satu. Ini akan meningkatkan keterlibatan karyawan dan Anda juga bisa memenuhi keinginan mereka, sehingga sistem organisasi perusahaan menjadi menyenangkan bagi karyawan.

4. Rayakan ulang tahun karyawan:

Cara terbaik untuk membuat karyawan Anda bahagia adalah merayakan ulang tahun mereka. Beri mereka kejutan pada hari ulang tahun mereka. Buatlah acara potong kue, menyajikan makanan ringan, hiasi meja, mintalah tim untuk memberi beberapa tugas lucu untuk menjahilinya. Anda juga bisa memberi mereka beberapa kesempatan seperti mengadakan permainan seperti dalam pesta ulang tahun dan memberikan hadiah.

5. Rayakan ulang tahun kerja karyawan:

Tidak hanya ulang tahun kelahiran karyawan, anda juga dapat menandai ulang tahun kerja setiap karyawan. Berikan tunjangan ataupun bonus karyawan Anda untuk setiap karyawan telah menelesaikan 1 tahun masa kerja. Anda bisa memberi mereka hadiah atau kartu hadiah dengan sedikit pesta penghargaan. Pendekatan semacam ini juga membuat karyawan Anda lebih mencintai perusahaan.

6. Buat ruang khusus bermain

Tingkatkan Keterlibatan Karyawan Dengan Aktivitas Dan Permainan Menyenangkan ini

Biarkan karyawan Anda beristirahat secara teratur. Berikan mereka kesempatan untuk pergi dari meja kerjanya untuk beristirahat. Untuk itu, buatlah ruangan breakout dimana karyawan bisa duduk dan rileks. Anda bisa menyediakan ruangan seperti itu dengan beragam permainan seperti sepak bola, tenis meja, set catur, dan teka-teki gambar yang bisa berfungsi sebagai penghilang stres bagi karyawan Anda.

Tempat seperti itu akan membuat semangat baru untuk bekerja. Satu ronde permainan sudah cukup untuk menghadirkan senyum di wajah mereka. Seseorang bisa bermain game saat istirahat dan bahkan setelah jam kerja. Ketika seseorang mengalami hari yang penuh tekanan, sangat menyenangkan memiliki permainan yang bisa menghilangkan semua stres dan ketegangan.

Baca juga :

 

7. Lakukan pertunjukan bakat

Setiap karyawan pasti memiliki beberapa bakat tersembunyi. Bagaimana jika Anda memberi mereka kesempatan untuk mempublikasikannya. Anda dapat mengatur pertunjukan bakat di perusahaan Anda. Beri karyawan Anda kesempatan untuk mempresentasikan bakat mereka. Pertunjukan bakat mungkin saja berkisar dari pekerjaan hingga hobi. Bakat meraka bisa sjaa berhubungan dengan pekerjaan atau hanya untuk sekedar hiburan seperti bernyanyi. Anda juga bisa mengadakan mini konser ataupun pentas seni dlll, variasi seperti itu memberikan setiap orang kesempatan untuk menampilkan bakat dan hobi mereka. Melakukan talent show juga menghasilkan team building dan kolaborasi yang baik untuk sebuah tim.

8. Merencanakan liburan bersama tim

Tingkatkan Keterlibatan Karyawan Dengan Aktivitas Dan Permainan Menyenangkan ini

Pergilah liburan di waktu tanggal merah ataupun sekedar jalan-jalan ke mall bersama tim anda, ini  merupakan rencana yang baik untuk membawa perubahan dalma tim anda. Ini adalah cara yang hebat untuk bersenang-senang dan membangun hubungan dengan orang-orang yang  ada dalam tim setiap hari. Bersosialisasi dan berkolaborasi dengan kolega Anda membawa kenyamanan untuk bekerja, Anda bisa berkomunikasi lebih baik, membangun kepercayaan dan bersenang-senang di tempat kerja.

9. Saksikan sesi Tanya Jawab setiap minggu

Hampir setiap hari bekerja, karyawan Anda menemukan banyak pertanyaan yang berkaitan dengan tugas mereka. Buatlah setiap minggunya sesi tanya jawab yang menyenangkan untuk mereka, mereka bebas saling bertanya tentang pekerjaan ataupun sekedar pertanyaan konyol yang menggundang tawa. Pada sesi ini anda juga bisa memadukan permainan yang harus di mainkan karyawan jika ada pertanyaan yang tidak mampu di jawab. Ini akan membuat karyawan Anda rileks dan lebih nyaman dengan pimpinan tim. Sesi ini juga meningkatkan kemampuan berkomunikasi dalm tim.

Baca juga :

 

10. Melaksanakan kompetisi olahraga indoor dan outdoor

Untuk mendongkrak semangat bagi karyawan yang suka berolahraga, anda bisa mengadakan kompetisi olahraga untuk internal karyawan. Kompetisi olahraga juga membawa semangat tim dan membangun pemain tim yang lebih baik. Karyawan Anda juga mendapatkan latihan dan motivasi untuk bekerja.

11. Pergilah makan siang atau makan malam bersama tim

Tingkatkan Keterlibatan Karyawan Dengan Aktivitas Dan Permainan Menyenangkan ini

Anda harus merencanakan makan siang atau makan malam bersama tim minimal satu kali sebulan. Peristiwa semacam itu tidak hanya memotivasi karyawan tapi juga menarik mereka untuk bekerja lebih giat lagu. Ini adalah cara yang bagus untuk menyelesaikan masalah besar dan kecil di tim Anda. Pada acara seperti itu, karyawan dapat berinteraksi secara terbuka dengan pimpinan tim.

12. Buatlah papan buletin humor atau kotak pertanyaan

Bawa humor ke tempat kerja Anda dengan menempatkan papan buletin humor. Letakan beberapa kartun dan lelucon yang mewakili konflik yang terjadi di tim Anda, ini akan menyelesaikan konflik dengan cara yang lebih menyenangkan, menghapus kenegatifan dan membawa kesenangan. lalu berilaj penghargaan kepada seorang karyawan yang memiliki ide humor yang bagus di tempat kerja Anda.

Anda juga bisa membuat kotak pertanyaan di dekat buletin. Tiap hari mintalah seorang karyawan untuk membuat pertanyaan lucu kepada orang lain dan karyawan yang mendapatkan surat pertanyaan dalam kotaknya wajib membalas dan memajangnya. Ini akan menjadi sesuatu canda yang menyenangkan.

Beginilah cara perusahaan Anda bisa mulai menyuntik kesenangan dalam pekerjaan sehari-hari. Agar pekerjaan Anda lebih menyenangkan, Anda bisa melakukan brainstorming gagasan dari para pekerja anda.

Sumber : Wisestep


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>