Talent Acquisition: Strategi Tepat Mendapatkan Karyawan Terbaik
- HRD

Talent Acquisition: Strategi Tepat Mendapatkan Karyawan Terbaik

Sudah sering kita mendengar istilah Rekrutmen dalam dunia Human Resources (HR). Namun apakah kamu pernah mendengar istilah Talent Acquisition masih   ?

Jika anda masih belum memahami apa itu Talent Acqusition, maka ini artikel yang tepat untuk kamu baca.

Banyak orang bahkan para HR sendiri menganggap Talent Acqusision dan rekrutmen merupakan hal yang sama dan hanya berbeda kata saja. Namun nyatanya ini adalah 2 hal yang berbeda.

Rekrutmen identik dengan proses penerimaan calon karyawan yang dilakukan secara langsung untuk menduduki posisi yang diperlukan. Sementara Talent Acqusision merupakan proses perencanaan atau pembuatan strategi jangka panjang untuk memdapatkan karyawan terbaik.

Secara garis besar bisa dikatakan jika rekrutmen adalah salu satu bagian kecil dari strategi yang ada didalam talent Acquisision. Jadi ketika kita berbicara talent acqusision, maka pasti didalamnya tentu akan membahas rekrutmen juga. Namun sebuah rekrutmen belum tentu bagian dari talent acqusition. Karena rekrutmen dapat dilaksanakan tanpa melalui proses talent acqusition.

Mengapa Talent Acquisition ?

Kali ini kami juga kan memberitahu menapa talent acquisition sangat penting bagi tim HR perusahaan anda :

1. Mendapatkan Kandidat Karyang Berkualitas

Dengan adanya Talent acquisition akan membantu perusahaan mendapatkan kandidat terbaik yang sangat berkualitas. Sehingga dalam proses rekrutmen kedepan, anda dapat menemukan pola yang  tepat dalam menyimpulkan seseorang dapat diterima atau tidak menjadi karyawan di perusahaan anda.

2. Regenerasi Kepemimpinan Perusahaan

Melalui Talent acquisition adalah cara yang tepat jika anda ingin mencari para karyawan yang kedepan akan menjadi pilar utama perusahaan anda, seperti para manajer dan pimpinan.  Hal ini tentunya sangat berbeda ketika tujuan anda merekrut karyawan hanya sekedar untuk mengisi kekosong posisi saja.

3. Efisiensi

Talent acquisition mampu mengefesiensikan biaya da waktu yang harus dikeluarkan dalam mendapatkan karyawan terbaik. Ini semua bisa terjadi karena anda tidak harus melakukan hal-hal yang berulang-ulang dan meminimalisir mendapatkan calon karyawan yang salah.

Lalu bagaimana cara membuat strategi talent acquisition yang baik ? Oke mari kita lanjut pembahasannya.

Baca juga : Cara Membuat Iklan Lowongan Kerja di Jobstreet

Membuat strategi talent acquisition yang baik dan benar.

Menjalankan strategi talent acquisition bukan hal yang mudah, perlu waktu dan komitment untuk melaksanakannya. Anda harus memahami bagaimana calon karyawan terbaik untuk mau mendaftar bahkan sebelum adanya proses pendaftaran. Menyiapkan sagala SOP, hingga menjaga hubungan pihak ketiga yang harus terus terjalin baik. 

Harus menyiapkan kegiatan akuisisi harian atau mingguan seperti melakukan riset, mencari sumber, membangun jaringan, meningkatkan citra perusahaan Anda dan membangun hubungan dengan para pelamar, agen atau perusahaan ketenagakerjaan, bahkan dengan para kandidat pasif.

Namun sebelum semua itu anda lakukan, ada hal dasar yang harus di pahami seorang HR. Hal tersebut adalah Visi misi hingga budaya perusahaan yang ingin dijalankan. Seorang HR juga harus mampu memahami dengan baik tentang posisi yang akan di cari kandidatnya. Memahami disini maksudnya and aharus paham bagaimana seharusnya karakter yang harus di miliki calon kandidat, Skill hingga wawasannya.

Dalam menjalankan Strategi talent acquisition, bukan dimulai dari proses pendaftaran dari rekrutmen. Anda harus mulai merencanakan apa saja hal yang harus dilakukan  jauh sebelum proses rekrutmen dimulai. Seperti membangun citra perusahaan, mulai mempublikasikan bagaimana budaya kerja, dll. Selain itu anda juga harus melakukan riset apakah perusahaan abda memiliki image yang baik di mata orang-ornag yang memiliki kriteria sebagai calon karyawan anda.

Mulai mencari calon kandidat potensial. Identifikasi platform media sosial, chatroom, dan forum-forum diskusi online dimana calon-calon kandidat sering berkumpul.

About MPSSOFT PT Mitra Pasifik Solusindo

Read All Posts By MPSSOFT PT Mitra Pasifik Solusindo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.