6 Soft Skill Yang Paling Dicari Perusahan
- HRD

6 Soft Skill Yang Paling Dicari Perusahaan

Dalam era sekarang ini persaingan lapangan kerja semakin meningkat, sehingga hanya dengan mendapatkkan kealihan teknis saja tidak lah cukup untuk mempertahankan kerjaan dan mencari pekerjaan. Soft skill kini menjadi syarat yang wajib diikut sertakan dalam merekrut atau mencari kandidat. Dengan memiliki Soft skill ini tentunya bukan hanya membuat kandidat diterima kerja namun juga akan memberikan kontribusi yang nyata untuk perusahaan.

Univeristy College London telah melakukan sebuah penilitan tentang soft skill yang paling di butuhkan perusahaan pada diri pekerja untuk menunjang keberhasilan dalam perusahan itu sendiri.

Berikut 6 Soft skill yang paling di cari perusaan

1. Memiliki potensi bertumbuh

Bertumbuh yang dimaksud adalah berkembang menjadi pribadi yang mampu menghadapi tantangan baru dan bertumbuh bersama perusahaan. Agar terlihat memiliki potensi, loyalitas tentu menjadi nomor satu, dan punya sikap proaktif ketika memegang tanggung jawab baru. Memiliki ambisi merupakan hal yang sangat baik, apalagi jika ambisi anda sejalan dengan perkembangan perusahaan.

2. Kemampuan berkolaborasi

Kemampuan bekerja sama dengan efektif dapat menciptakan lingkungan kerja menjadi produktif dan pekerja akan merasa nyaman. Sebaliknya, jika konflik terjadi karena tidak mampu untuk berkolaborasi akan berpengaruh langsung terhadap kinerja.

Untuk menjadi individu yang kolaboratif, seseorang harus menjadi fleksibel berbagai lingkungan apapun serta memiliki kemampuan untuk merasakan perasaan lawan bicara. Untuk itu perlu kemampuan berpikir kritis dalam menghadapi kemungkinan terjadinya miskomunikasi ketika bekerja sama.

Baca juga : Tips memilih jasa pembuatan website yang aman

3. Kepemimpinan

Tentu tidak semua orang menjadi pemimpin di tempat kerja, akan tetapi kemampuan dalam memotivasi, menginspirasi serta memberikan pengaruhi secara positif bukan hanya untuk interaksi kepada orang lain, namun juga berguna saat Anda butuh memanajemen diri sendiri.

Selain itu, memiliki jiwa kepemimpinan juga berguna agar anda tetap gigih sehingga dapat menyemangati orang sekitar dan diri sendiri saat menghadapi masalah.

4. Adaptif

Dunia kerja memanga selalu dinamis sehingga membutuhkan individu yang mampu beradaptasi dengan cepat sesuai dengan kondisi ekonomi dan juga kebutuhan bisnis. Untuk dapat berhasil dalam lapangan kerja, maka anda harus belajar dan berkembang setiap kali dihadapkan dengan berbagai tuntutan. Fleksibel serta adaptif ketika memiliki tantangan baru merupakan bukti jika anda siap ditempatkan dalam segala lingkungan serta mampu mengemban tanggung jawab yang di berikan.

5. Kecocokan budaya

Kecocokan budaya kini telah menjadi penentu sukses atau tidaknya seorang kandidat. Bahkan jika kandidat mempunyai kemampuan teknis diatas rata-rata, namun tidak cocok dengan lingkungan disekitarnya, kemungkinan besar tidak akan bahagia. Tentu ini dapat mempengarui performa kerjanya dan buka tidak mungkin dia akan meminta resign. Mengukur kecocokan budaya memang tidaklah mudah, baik bagi para kandidat maupun bagi perusahaan. Namun, hal yang paling penting adalah jika nilai moral kandidat cukup sama, maka bisa dipastikan kepribadian pegawai tersebut diyakini akan pas untuk bekerja dalam perusahaan tersebut.

6. Paham prioritas

Dalam lingkungan bisnis yang cepat, maka kandidat dituntut untuk memprioritaskan tugas atau tanggung jawab mana yang lebih dulu harus di selesaikan. Mengambil keputusan yang efektif dengan efisien akan lebih mudah untuk menaikan jenjang karier.

Dalam manajemen waktu, di butuhkan dalam pemahaman pentingnya kerja tim, serta kemampuan mendelegasi menjadi kunci penentu.

About MPSSOFT PT Mitra Pasifik Solusindo

Read All Posts By MPSSOFT PT Mitra Pasifik Solusindo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.