- HRD

Regulasi Mempekerjakan Pekerja Wanita Pada Malam Hari

Perusahaan yang ingin mempekerjakan wanita pada wkatu shift malam secara umum telah diatur dalam regulasi ketenagakerjaan indonesia. Pemerintah dalam peraturan perundang-undangan telah memberlakukan secara khusus terhadap tenaga kerja wanita, seperti perlindungan terhadap keselamatan, kesehatan, dan kesusilaan tenaga kerja perempuan yang harus bekerja pada malam hari.

Ada 3 Syarat dan ketentuan yang harus perusahaan penuhi jika ingin mempekerjakan tenaga kerja wanita pada malam hari.

1. Waktu Kerja

Dalam Undang-Undang Ketenagakerjaan No.13 Tahun 2003 mengatur ketentuan waktu kerja shift malam bagi pekerja wanita, diantaranya sebagai berikut:

  1. Pekerja/buruh perempuan yang berumur kurang dari 18 tahun dilarang dipekerjakan antara pukul 23.00 sampai dengan pukul 07.00.
  2. Pengusaha dilarang mempekerjakan pekerja/buruh perempuan hamil yang menurut dokter berbahaya bagi kesehatan dan keselamatan kandungannya maupun dirinya apabila bekerja antara pukul 23.00 sampai dengan pukul 07.00
  3. Pengusaha yang mempekerjakan pekerja/buruh perempuan antara pukul 23.00 sampai dengan pukul 07.00 wajib:
    a. Memberikan makanan dan minuman bergizi; dan
    b. Menjaga kesusilaan dan keamanan selama di tempat kerja.

Adapun makanan bergizi yang diberikan saat istirahat setidaknya 1.400 kalori dan tidak dapat diganti dengan uang. Pengusaha juga diwajibkan menyediakan petugas keamanan khusus, kamar mandi yang layak dengan penerangan yang baik serta terpisah antara pekerja laki-laki dan perempuan.

Baca Juga:

2. Angkutan Antar-Jemput

Selain waktu kerja yang diatur, pengusaha juga diwajibkan menyediakan transportasi untuk antar dan jemput karyawan perempuan yang akan dipekerjakan pada shift malam. Regulasi ini telah tercantum dalam KEPMENAKER No.224 Tahun 2003 tentang kewajiban pengusaha yang mempekerjakan pekerja/buruh perempuan antara pukul 23.00 sampai dengan 07.00.

  1. Pengusaha wajib menyediakan angkutan antar jemput bagi pekerja/buruh perempuan yang berangkat dan pulang bekerja antara pukul 23.00 sampai pukul 05.00.
  2. Penjemputan dilakukan dari tempat penjemputan ke tempat kerja dan sebaliknya antara pukul 23.00 sampai dengan pukul 05.00.
  3. Pengusaha harus menetapkan tempat penjemputan dan pengantaran pada lokasi yang mudah dijangkau dan aman bagi pekerja/buruh perempuan.
  4. Kendaraan antar jemput harus dalam kondisi yang layak dan harus terdaftar di perusahaan.

3. Izin Dari Instansi Ketenagakerjaan

Bagi perusahaan yang ingin mempekerjakan pekerja perempuan pada shift malam maka harus mendapat perizinan dari dinas ketenagakerjaan terlebih dahulu. Hal ini telah diatur dalam PERMENAKER No.04 Tahun 1989, tentang Syarat-syarat Kerja Malam dan Tata Cara Mempekerjakan Pekerja Perempuan Pada Malam Hari. Perusahaan wajib mengajukan izin ke Dinas Ketenagakerjaan setempat dan memenuhi persyaratannya.

Perusahaan yang akan mengajukan izin ini maka harus memiliki salah satu alasan dibawah ini:

  1. Sifat pekerja atau jenis usaha memerlukan kerja terus menerus, atau
  2. Untuk mencapai target produksi, atau
  3. Untuk memperoleh mutu produksi yang lebih baik apabila dikerjakan oleh pekerja wanita.

Perusahaan wajib mengisi formulir pengajuan izin yang antara lain berisi:

  1. Nama dan jabatan wakil perusahaan
  2. Nama dan alamat perusahaan
  3. Jumlah pekerja (wanita dan pria)
  4. Aturan waktu kerja di perusahaan yang bersangkutan
  5. Alasan mempekerjakan pekerja wanita pada shift malam
  6. Jumlah pekera wanita yang akan dipekerjakan pada malah hari, secara rinci
  7. Jangka waktu kerja malam
  8. Tanda tangan bermaterai

Kemudian, Dinas Ketenagakerjaan akan memutuskan untuk memberikan izin kepada perusahaan yang bersangkutan. Tapi, Dinas Ketenagakerjaan menetapkan syarat-syarat yang harus dipenuhi pengusahaa, yaitu kesanggupan untuk menyediakan perlindungan atas keselamatan, kesehatan, serta kesusilaan pekerja wanita yang akan dipekerjakan pada shift malam sesuai dengan aturan ketenagakerjaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.