Program Referral Karyawan Solusi Untuk SDM Berkualitas
- HRD

Program Referral Karyawan Solusi Untuk SDM Berkualitas

Kebutuhan sumber daya manusia akan selalu muncul pada perusahaan yang berkembang. Proses perekrutan akan dilakukan untuk memenuhi hal tersebut. Cara yang paling ampuh adalah program referral karyawan. Ini adalah metode perekrutan karyawan baru dengan media karyawan lama.

Program Referral Karyawan

Pada dasarnya program referral karyawan ini adalah sistem perekrutan, dengan menggunakan karyawan lama sebagai medianya. Rekomendasi yang diberikan karyawan lama pada perusahaan terkait tenaga kerja yang dikenalnya. Perusahaan memiliki daftar calon karyawan yang sesuai dengan kualifikasi.

Baca Juga:

Membangun Sistem Yang Baik

Proses rekomendasi diperlukan sistem yang baik agar dapat berjalan efektif. Selain itu, dengan software hrd terbaik data juga akan sangat membantu HR dalam menyimpan & menyortir data yang masuk.

Jangan Terlalu Menekan Bonus

Perusahaan akan memberikan insentif atau bonus pada karyawan yang bisa merekomendasikan tenaga baru untuk perusahaan. Jangan terlalu memberikan bonus, anda bisa memberikannya ketika rekomendasi tersebut berhasil direkrut. Hal ini mengurangi system abuse yang terjadi karena karyawan lama tersebut hanya mengejar bonus.

Mengedukasi Karyawan

Banyak penerapan progam ini berakhir buruk, karena tidak dipahami dengan benar. Hal ini harus disikapi dengan pemberian pengertian bagaimana sistem ini dapat berjalan sistematis, sehingga para karyawan dapat berpartisipasi. Melakukan breakdown pada prosedur ini secara rutin dapat membantu mengingat karyawan lama tentang bagaimana program ini berjalan, bagaimana memilih calon karyawan yang tepat, serta bonus yang akan didapatkan.

Software Yang Tepat

Saat program ini dijalankan, maka data yang masuk akan meningkat. Sebagai HR, harus mengelola data tersebut dan memproses serta menyimpan data sehingga rekomendasi bisa dimanfaatkan dengan maksimal. Software yang digunakan harus terintegrasi dengan sistem perekrutan.

Keuntungan Program

Secara langsung, bagian HR pasti sangat diuntungkan karena proses pencarian karyawan baru akan terlaksanakan dengan lebih cepat dan efektif. Ada beberapa keuntungan lain, misalnya:

  • Karyawan yang direkomendasikan memiliki loyalitas tinggi;
  • Kinerja hasil program referral lebih baik;
  • Menjangkau SDM pasif yang ada di pasar tenaga kerja;
  • Mempersingkat proses perekrutan karyawan baru;
  • Meningkatkan employee engagement karena program referral melibatkan partisipasi karyawan;

Baiknya kinerja karyawan hasil program ini tidak lepas dari pemahaman karyawan lama tentang budaya kerja yang diterapkan pada perusahaan. Maka, karyawan lama akan merekomendasikan calon yang memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan, jadi anda akam mendapatkan calon yang sudah cukup matang.

APS HRD SYSTEM - SOFTWARE HR TERBAIK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.