Perhatikan 7 Hal Ini Sebelum Pasang Iklan Lowongan Kerja
Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Dunia kerja yang terus berkembang dari waktu ke waktu membuat kebutuhan akan tenaga kerja yang profesional dan kompeten semakin meningkat. Salah satu cara yang biasanya dilakukan oleh perusahaan adalah dengan memasang iklan lowongan kerja. Untuk bisa mendapatkan calon pekerja yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan tentu tidaklah gampang, sering kali pelamar yang melamar di perusahaan adalah orang yang tidak kompeten di bidangnya dan hanya asal memasukkan lamaran ke perusahaan yang membuka lowongan kerja. Untuk menghindari kesalahpahaman pencari kerja mengenai lowongan yang ada di perusahaan anda, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan agar dapat terhindar dari hal tersebut. Berikut adalah ulasannya.

Jelaskan deskripsi pekerjaan dengan benar

Boss Pintar - Aplikasi absensi Online TerbaikUntuk dapat menyaring calon karyawan yang berkompeten di bidangnya, tim HRD harus menjelaskan deskripsi mengenai posisi kerja yang dibuka oleh perusahaan dengan secara jelas. Apabila tim HRD tidak memberikan deskripsi mengenai posisi kerja secara jelas maka tim HRD nantinya akan kerepotan untuk menyaring kandidat yang telah mendaftar ke perusahaan. Hal ini terjadi karena banyaknya calon tidak sesuai dengan deskripsi pekerjaan yang mendaftar. Mungkin saja calon karyawan yang melamar juga tidak begitu memahami tentang pekerjaan yang dilamar, tetapi karena ingin mendapatkan pekerjaan sehingga membuat mereka tetap melamar di perusahaan anda.

Baca juga: Manfaat Memberikan Pengenalan Dan Pelatihan Untuk Karyawan Baru

Setiap iklan lowongan kerja yang akan dibuat oleh perusahaan ataupun tim HRD haruslah berisi dengan deskripsi pekerjaan atau job desc yang jelas. dengan membuat deskripsi yang jelas akan membantu para pencari kerja untuk mengerti dan memahami apakah kemampuannya sejalan dengan deskripsi yang diberikan oleh perusahaan. Ketika pencari kerja memahami bahwa kemampuannya tidak sejalan dengan job desc maka dia bisa mengurungkan niatnya untuk melamar di perusahaan anda, dan tim HRD pun jadi tidak perlu repot lagi untuk menyaring banyaknya lamaran yang tidak sesuai.

Beri kriteria yang diinginkan perusahaan

Agar perusahaan dapat menyaring calon pekerja yang sesuai dengan keinginan perusahaan maka cobalah untuk membuat kriteria yang spesifik. Mungkin terdengar sedikit sepele, tetapi jika perusahaan melakukannya bisa jadi perusahaan akan mendapatkan hasil yang baik ketika melakukan penyaringan calon pekerja. Dengan memberikan kriteria yang spesifik akan membuat pencari kerja tidak ragu untuk melamar ke posisi yang sedang dibuka oleh perusahaan anda. Tetapi jangan berikan kualifikasi atau kriteria yang terlalu tinggi saat akan memasang iklan lowongan kerja. Karena bisa saja ketika si pelamar berharap gaji yang sesuai dengan kualifikasi tetapi yang didapat tidak seperti yang diharapkan. Untuk itu coba berikan kriteria yang jelas dan tidak terlalu muluk-muluk, apabila perusahaan anda hanya mencari calon karyawan biasa, maka berikan kriteria yang biasa saja.

Baca juga: Beberapa Faktor Yang Dapat Mempengaruhi Besaran Gaji Karyawan

Cantumkan gaji

Menyantumkan kisaran gaji yang akan didapat oleh calon pekerja ketika bekerja diperusahaan anda merupakan hal yang dapat anda lakukan ketika memasang iklan lowongan kerja. Dengan menyantumkan gaji didalam iklan lowongan kerja akan membuat para pencari kerja menjadi lebih semangat untuk mendaftar di perusahaan anda. Tetapi pastikan anda tidak menyantumkan gaji yang muluk-muluk atau terlalu tinggi dari kenyataannya. Cantumkan kisaran gaji yang sesuai dengan kesanggupan perusahaan dan sesuai dengan job desc agar pelamar yang sesuai dengan kriteria akan muncul ketika perekrutan.

Baca juga: Cara Mengetahui Calon Karyawan Yang Hanya Mementingkan Gaji

Beri informasi seputar fasilitas

Memberikan informasi tentang fasilitas yang akan didapatkan ketika bekerja didalam perusahaan akan menambah daya tarik bagi para pencari kerja untuk melamar di perusahaan anda. Anda dapat menambahkan fasilitas kedalam iklan lowongan kerja seperti fasilitas asuransi, tunjangan kerja, fasilitas kesehatan dan fasilitas lain yang dapat akan membuat semakin menambahnya daya tarik calon pekerja terhadap perusahaan anda.

Baca juga: Apa Manfaat Menyediakan Makan Siang Bagi Karyawan ?

Berikan identitas perusahaan dengan lengkap

Hal ini merupakan hal yang wajib dilakukan ketika akan membuat iklan lowongan kerja. Dengan memberikan identitas lengkap perusahaan saat membuat iklan lowongan kerja akan memudahkan calon pekerja untuk dapat menghubungi perusahaan anda untuk sekedar bertanya perihal posisi yang akan dilamarnya. Selain itu dengan memberikan identitas lengkap perusahaan ketika akan membuat iklan lowongan kerja dapat meningkatkan kepercayaan calon pekerja kepada perusahaan anda karena identitas yang diberikan oleh perusahaan adalah valid dan jelas keberadaannya.

Berikan tenggat waktu lamaran

Untuk menghindari pencari kerja yang terlambat mendaftar ke perusahaan dan untuk mengurangi kesibukan yang tidak perlu untuk dilakukan oleh divisi HRD. Perusahaan perlu untuk memberikan keterangan batas waktu pendaftaran posisi yang dilowongkan. Berilah informasi tentang tenggat waktu untuk mengirimkan lamaran ke perusahaan anda. Dengan memberikan informasi tersebut pekerja dan perusahaan  dan pencari kerja akan sama-sama diuntungkan karena tidak perlu untuk melakukan hal yang sia-sia misalnya perusahaan sudah mendapat karyawan tetapi karena tidak memberikan batas waktu lamaran sehingga perusahaan tetap harus sibuk untuk mengurusi pencari kerja yang terus melamar di perusahaan. Begitu juga sebaliknya, para pencari kerja tidak perlu untuk melamar ke perusahaan yang sebenarnya sudah mendapat karyawan baru, karena akan membuang-buang tenaga.

Baca juga: 3 Langkah Mudah Menemukan Bakat Terpendam Pelamar

Beri alamat kantor

Menyantumkan lokasi kantor yang akan menjadi tempat kerja bagi karyawan baru merupakan keharusan sebelum membuat iklan lowongan kerja. Hal ini penting karena dengan memberikan lokasi kantor di iklan lowongan kerja akan membuat para pencari kerja mengetahui dimana posisi dan alamat kantor, dapat melakukan estimasi jarak dari rumah ke kantor serta menghitung estimasi biaya yang harus dikeluarkan setiap harinya untuk menuju kekantor.

Dengan mendapatkan pekerja yang berkompeten dan sesuai seperti kriteria yang diinginkan, maka perusahaan akan mendapatkan keutungan karena karyawan tersebut mampu bekerja dengan baik dan disiplin. Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh perusahaan adalah untuk meningkatkan kedisiplinan adalah dengan melalui absensi kehadiran karyawan. Agar karyawan dapat lebih disiplin dalam absensi, perusahaan dapat menggunakan aplikasi absensi karyawan berbasis teknologi seperti BOSS PINTAR. Dengan menggunakan BOSS PINTAR, absensi karyawan akan lebih mudah untuk dilakukan karena aplikasi absensi berbasis android dan IOS. Selain dapat melakukan absensi melalui smartphone, anda juga dapat melakukan monitoring terhadap setiap karyawan anda dimanapun dan kapanpun.

Aplikasi Absensi Online Boss pintar


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.