Share untuk berbagi kebermanfaatan
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share

Dapat dikatakan jika proses rekruitmen karyawan merupakan sebuah aktifitas yang tidak mudah dilakukan. Pasalnya anda dituntut harus menemukan calon karyawan terbaik yang dan cocok dengan perusahaan anda. Seperti mencari jodoh, merekrut karyawan tidak dapat dilakukan secara sembarangan, hal ini karena jika anda salah memilih calon karyawan maka akan berpengaruh dikemudian hari. Misalnya salah memilih calon karyawan yang tidak sesuai dengan CV atau kepribadian.

Baca juga: Manfaat Tes Psikotes Saat Melakukan Rekruitmen Karyawan Baru

Untuk menghindari hal tersebut, biasanya HRD akan melakukan teknik screening saat akan melakukan rekruitmen karyawan baru. Biasanya screening akan dilakukan kepada calon karyawan yang telah masuk kedalam tahapan selanjutnya. Dengan screening biasanya HRD akan mengetahui bagaimana skill, kepribadian, riwayat kerja dan karakter yang dimiliki oleh calon karyawan.

Bagaimana metode yang baik saat akan melakukan screening calon karyawan?

Agar proses screening yang akan anda lakukan dapat berjalan dengan lebih efektif maka anda harus menetapkan metode screening yang tepat dengan kondisi perusahaan anda. Dengan metode screening yang tepat, tentunya akan dapat memudahkan HRD dalam mencari kandidat karyawan terbaik untuk bekerja didalam perusahaan.

Ada beberapa metode screening yang dapat anda lakukan dalam mencari kandidat karyawan terbaik, berikut adalah 2 contohnya:

Metode screening tradisional

Metode screening tradisional adalah metode screening atau verifikasi kebenaran data calon karyawan melalui Curiculum Vitae atau Daftar Riwayat Hidup. Metode ini adalah metode umum yang selalu dilakukan oleh HR saat memilih kandidat karyawan terbaik untuk bekerja di dalam perusahaan. Saat anda akan melakukan screening dengan metode tradisional, pastikan anda membaca data calon karyawan secara teliti, mulai dari riwayat hidup, pendidikan, pengalaman kerja atau magang hingga prestasi diluar dunia pekerjaan.

Jika calon karyawan menyertakan portfolio, periksa dengan seksama dan pastikan jika portfolio tersebut adalah asli milik calon karyawan tersebut dan bukan hasil jiplak atau mencontek karya orang lain. Untuk mengetahui hal tersebut anda dapat memanfaatkan internet sebagai informasi.

Baca juga: Cara Efektif Rekruitmen Karyawan Menggunakan Employer Branding

Metode screening modern

Diera digital seperti sekarang ini, penggunaan internet yang berkembang pesat tentu mempengaruhi cara hidup setiap orang, baik dalam cara kerja maupun dalam cara melakukan komunikasi sosial dengan rekan atau keluarganya. Dapat dipastikan jika hampir semua orang menggunakan sosial media didalam kehidupannya. Hal ini juga yang dapat dimanfaatkan oleh HR dalam melakukan screening calon karyawan.

Metode screening modern adalah metode screening atau verifikasi data dengan menggunakan sosial media, metode ini sangat populer beberapa tahun belakangan hal ini tidak lain karena pesatnya penggunaan dari sosial media. Beberapa pakar Human Resource beranggapan jika metode screening seperti ini adalah metode yang paling tepat untuk mengetahui bagaimana karakter dan kepribadian asli dari calon karyawan. Anda dapat dengan mudah mengetahui bagaimana karakter calon karyawan anda melalui sosial media. Selain itu, anda juga dapat melihat bagaimana kebiasaan yang sering dilakukan oleh calon karyawan tersebut di sosial media. Misalnya calon karyawan yang cinta dengan keluarganya dan tidak menggabungkan politik dengan kehidupan pribadinya cenderung akan sering membagikan momen berharga bersama keluarganya, sebaliknya jika calon karyawan yang tidak menjaga kehidupan pribadinya cenderung suka membagikan berita bohong dan suka membagikan politik yang sebenarnya tidak berdampak langsung kepada kehidupannya. Oleh karena itu biasanya HR dapat langsung menilai seorang calon karyawan melalui apa yang dibagikan oleh calon karyawan pada sosial medianya.

Itu tadi adalah informasi singkat mengenai pentingnya screening dalam proses rekruitmen karyawan, anda dapat mencoba melakukan screening kepada calon karyawan yang akan bekerja diperusahaan anda. Tentu saja dengan melakukan screening, anda akan mendapatkan karyawan yang berkompeten dan memiliki karakter yang sesuai dengan keinginan perusahaan.

APS HRD SYSTEM - SOFTWARE HR & PAYROLL TERBAIK


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.