Penerapan Manajemen Pengawasan Yang Baik Pada Perusahaan
- HRD

Penerapan Manajemen Pengawasan Yang Baik Pada Perusahaan

Semua perusahaan kecil dan besar memerlukan penerapan manajemen pengawasan yang dikelola dengan baik pada karyawaan dengan tujuan untuk menciptakan lingkungan kerja (ekosistem kerja) yang produktif dan positif. Program-program untuk menumbuhkan sikap profesionalisme untuk semua karyawan harus segera perusahaan anda lakukan untuk memastikan semua pekerjaan yang anda tugaskan kepada karyawan anda berjalan dan berhasil diselesaikan dengan baik oleh mereka.

Alasan Kenapa Perusahaan Harus Menerapkan Manajemen Pengawasan

Penerapan Manajemen Pengawasan Yang Baik Pada Perusahaan - 1

img:thriveglobal.com

Setiap karyawan yang bekerja dengan anda pastinya memiliki sifat-sifat manusiawi yang mungkin akan berpotensi untuk melakukan sebuah perbuatan curang (kecurangan) dalam bekerja. Hasrat dan dorongan melakukan kecurangan kerja biasa disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

1. Menilai & Merasa Peraturan Kantor Tidak Adil Baginya

Regulasi dan peraturan yang telah dibuat dan disusun dengan berbagai pertimbangan dan memperhatikan kepentingan perusahaan dan serta karyawan, hal ini telah disepakati bersama namun seringkali tetap dilanggar oleh sebagian karyawan. Pasti ada saja karyawan yang merasa peraturan tersebut hanya menguntungkan perusahaan saja.

2. Tidak Puas Atas Hak Yang Didapat

Saat kesepakatan awal antara karyawan dan perusahaan mengenai hal-hal yang harus ditunaikan oleh karyawan dan perusahaan sudah jelas, tetapi seiring waktu ada saja karyawan yang merasa hak yang didapatnya tidak sebanding dengan kewajiban yang telah dibebankan kepadanya. Ini sering terjadi pada karyawan yang sering bergosip di lingkungan kantor. Banyak topik yang akan dijadikan bahan pembicaraan, termasuk perihal pemberian hak mereka. Membandingkan dengan hak yang didapat teman sekantor juga akan memicu timbulnya ketidakpuasan akan hak yang didapat dari perusahaan.

3. Dibebankan Tugas Melebihi Kemampuan

Seringkali, para karyawan merasa dilema dikarenakan diberikan tugas melebihi kemampuannya. Biasanya perusahaan akan memberikan tugas tambahan kepada karyawaan yang dianggap cakap dan kompeten untuk diberikan tugas lebih. Tetapi ada karyawan yang saat diberikan tugas tambahan merasa terbebani dan mereka menjadi tak nyaman yang akan menimbulkan dorongan untuk melakukan kecurangan kerja.

4. Tidak Nyaman Pada Lingkungan Kerja

Semangan dan antusias karyawan akan timbul disaat lingkungan kerja yang nyaman dan positif. Namun sebaliknya, jika lingkungan kerja dirasa karyawan tidak nyaman, ini akan berdampak pada ketidak efektifan mereka dalam bekerja, mereka akan setengah hati mengerjakan tugas mereka, dan mereka akan membuang-buang waktu produktif dengan aktivitas yang tidak ada kaitannya dengan pekerjaan mereka.

5. Merasa Jenuh & Bosan Dengan Pekerjaan

Rasa jenuh, bosan dan penat dengan rutinitas pasti muncul pada setiap orang, ini adalah hal yang wajar. Perusahaan harus mampu memberikan kesempatan untuk karyawan agar dapat melepas kebosanan yang mereka rasakan.

Baca Juga:

Penerapan Manajemen Pengawasan Yang Baik Adalah Solusinya

Penerapan Manajemen Pengawasan Yang Baik Pada Perusahaan - 2

img:pexels.com/@burst

Jadi, bagaimana perusahaan mengantisipasi permasalah diatas? Salah satu jawabannya adalah dengan penerapan manajemen pengawasan yang baik dan profesional pada perusahaan anda. Kami akan memberikan cara yang efektif yang bisa anda terapkan dalam perusahaan anda.

Optimalkan Fungsi HRD

Departemen HRD dan stafnya bertugas untuk mensinergikan antara karyawan dan perusahaan yang sepatutnya mengawasi proses kerja karyawan. Mengawasi kedisiplinan, kerapian, dan kepatuhan karyawan terhadap semua peraturan perusahaan apakah telah mereka jalankan dan terapkan. Seperti halnya, peraturan kerja yang sebelumnya telah disepakati harus dijalankan oleh karyawan. Jadi, jika ada karyawan yang melanggar peraturan-peraturan tersebut seorang HRD harus menegur dan memberikan punishment secara objektif dan adil.

Mengangkat Manajer HRD Yang Profesional

Setelah fungsi HRD berjalan optimal, maka step selanjutnya adalah memantau kualitas kinerja karyawan. Tugas ini lebih tepatnya diemban oleh seorang manajer HRD yang profesional. Sebelum mengangkat manajer HRD yang tepat, seorang kandidat harus memiliki kualifikasi yang sesuai dengan kriteria berikut ini: profesional, terpercaya, handal, dan memiliki pengalaman yang cukup supaya mampu memahami serta mengarahkan pekerjaan karyawaan yang kurang sesuai menuju performa yang maksimal, serta harus mampu memberikan laporan yang akurat pada stakeholders tentang kualitas kinerja dan hasil kerja karyawan.

Memasang CCTV Di Areal Kantor

Saat diawasi biasanya karyawan akan bekerja lebih giat dan optimal. Maka saat mereka sadar akan diawasi saat bekerja mereka akan berusahaan untuk terlihat produktif, menggunakan semua waktunya secara maksimal. Dengan memasang CCTV di sekitar ruangan kantor akan membuat mereka merasa terus diawasi. Ini merupakan solusi terbaik untuk memaksimalkan pekerjaan karyawan

sumber:kanasecure.com

Gunakan Software Payroll Terbaik Indonesia

Menggunakan Software Payroll Terbaik akan mempermudah anda dalam meningkatkan kinerja karyawan. APS HRD System memiliki fitur-fitur yang akan mempermudah kerja tim HRD anda. Fitur absensi, perhitungan gai, fitur assesment, BPJS, PPh21, retensi karyawan dan lainnya. Dalam satu sistem anda sudah mendapatkan benefit yang sangat besar untuk meningkatkan performa karyawan anda. Gunakan gratis sekarang.

APS HRD SYSTEM - SOFTWARE HR & PAYROLL TERBAIK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.