- HRD

Pelajari Tanda-Tanda Yang Tepat Untuk Memecat Karyawan

Sebagian atasan kesulitan saat dihadapkan pada pertanyaan kapan memecat karyawan bisa dilakukan. Seorang bos atau atasan harus bisa bersikap tegas dan menentukan kapan waktu yang tepat untuk memecat karyawan. Jika anda belum mengetahui tanda-tanda yang tepat kapan harus memecat karyawan, dalam artikel ini kami akan membantu anda atau memberi pedoman agar anda mengetahui cara dan waktu yang tepat untuk memecat.

1. Sering Absen

Jika anda telah mendapati karyawan anda tingkat absensi yang cukup tinggi tanpa alasan yang bisa diterima, maka karyawan tersebut tidak layak lagi untuk dipertahankan. Karena pada umumnya karyawan yang sering absen akan menurunkan produktivitas perusahaan. Akan banyak pekerjaan yang akan terabaikan secara otomatis akan merugikan perusahaan.

Saat anda mendapati karyawan seperti ini sebaiknya untuk segera memecatnya. Koordinasikan dengan tim HRD anda untuk melayangkan surat peringatan pertama hingga ketiga. Jika peringatan tersebut sudah tidak membuahkan hasil, maka waktunya memecat karyawan tersebut dengan tegas dan baik.

Baca Juga:

2. Bersikap Tidak Sopan

Dilingkungan kerja adakalanya karyawan tidak berlaku sopan terhadap atasannya. Biasanya ketidak sopanan tersebut bersifat verbal dan non-verbal. Maka jika anda telah memberikan peringatan dan tidak memberikan efek jera maka sikap yang paling tegas adalah mengeluarkannya dari perusahaan.

Banyak kasus yang ditemukan seperti pelecehan seksual atau rasis, hal ini akan mengganggu budaya kerja yang telah anda ciptakan.

3. Kinerja Menurun

Sebagai salah satu parameter yang paling mudah ditinjau adalah bagaimana kinerja seorang karyawan. Cara gampangnya adalah membandingkan kinerjanya pada periode sebelumnya dengan periode saat ini, jika terjadi penurunan yang drastis maka sudah dapat anda pertimbangkan untuk mengeluarkannya.

Sebagai pemimpin yang baik, anda harus segera menegur karyawan tersebut dan menginformasikan kesalahannya. Bila setelah diberikan teguran tetapi teidak ada perubahan signifikan, maka segera lakukan pemecatan kepadanya. Mempertahankan karyawan yang berdedikasi tinggi kepada perusahaan jauh lebih baik.

4. Kondisi Perusahaan Memburuk

Tidak setiap tahun perusahaan akan mengalami kondisi terbainya, dan ada kalanya akan mengalami kemunduran. Kondisi seperti ini merupakan tanda-tanda bahwa mungkin sudah waktunya untuk memangkas karyawan yang tidak berkontribusi banyak terhadap perusahaan. Cara ini sangat baik karena akan menghemat biaya operasional.

Walapun cara ini bukanlah kondisi yang ideal tetapi dengan cara ini anda dapat menyeleksi karyawan-karyawan yang memiliki integritas yang tinggi terhadap perusahaan anda. Tetapi sebelum memutuskan untuk memecatnya sebaiknya anda memperhitungkan pesangon yang mungkin anda harus keluarkan.

Sebagai atasan yang menjalankan dan mengembangkan bisnis anda harus cermat, jangan sampai salah langkah dalam menilat serta menilai para karyawan. Bagaimanapun karyawan adalah aset tersebut perusahaan yang harus tetap dijaga.

APS HRD SYSTEM - SOFTWARE HR TERBAIK

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.