Dalam menjalankan sebuah bisnis, ada 4 elemen penting dalam mencapai keberhasilan perusahaan. Ke 4 elemen ini akan memberikan dampak yang signifikan dalam pertumbuhan perusahaan. Mari kita bahas satu per satu keempat elemen ini.
1. Sumber Daya Manusia
Sebagai pilar utama dalam mencapai tujuan perusahaan, SDM berfungsi sebagai unsur yang mengelola berbagai macam sumber daya lainnya, seperti sumber daya alam, sumber daya teknologi, sumber daya informasi dan lainnya. Jika SDM dikelola dengan profesional dan baik maka unsur-unsur lain juga akan dapat dimaksimalkan fungsinya.
2. Sumber Daya Alam
Sumber daya alam yang berasal dari bumi berperan penting sebagai unsur pemasok bahan baku produksi perusahaan. Dalam bisnis industri, SDA yang berkualitas tinggi sangat diperlukan untuk menjaga kualitas produksi itu sendiri. Ada banyak sumber yang dapat dikelola dalam industri seperti kayu, biji karet, biji plastik, dan banyak lagi.
Baca Juga:
- 5 Cara Terbaik Agar Tidak Dimahari Bos
- Indikator-Indikator yang Digunakan Dalam Penilaian Kinerja Karyawan
- Proses Onboarding Staff Baru Yang Efektif
- Implementasi Strategi Manajemen Keuangan Praktis Untuk UMKM
- Kelebihan & Kekurangan Bisnis Dropship
3. Sumber Daya Teknologi
Semua hal yang terkait dengan mesin, tools, robot, atau software yang dikembangkan untuk memudahkan suatu pekerjaan. Yang termasuk sumber daya komputer atau software, dapat juga berbentuk software payroll atau penggajian.
4. Sumber Daya Informasi
Segala data yang disusun dan dikelola yang kemudian menjadi acuan dalam pengambilan keputusan serta strategi perusahaan. Contoh dari sumber daya informasi adalah laporan keuangan, laporan pelanggan, laporan penjualan, laporan data karyawan.
Untuk menjaga hubungan dari 4 elemen tersebut diperlukan penerapan software yang handal, seperti APS HRIS System. Dengan memberikan banyak fitur dan kecanggihan dalam mengelola data karyawan software ini akan memberikan efisiensi tingkat tinggi yang bisa perusahaan rasakan.
Dengan software payroll perusahaan anda akan meningkatkan efektifitas kerja tim SDM. Beberapa software HRD telah terintegrasi secara otomatis sehingga memungkinkan anda untuk mendapatkan data yang akurat dan meminimalisir rasio human error yang mungkin akan merugikan perusahaan dalam segi finansial.
Sistem payrol yang dijalankan secara sistematis akan memberikan data yang lengkap dan akurat, sehingga perusahaan dapat meminimalisir waktu pengerjaan yang mungkin akan menyita waktu pekerjaan tim HRD, jadi manfaatkan sekarang juga sistem APS HRD SYSTEM yang akan memudahkan pekerjaan anda.