manfaat software hris
Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

HRD atau Human Resource Departement adalah salah satu jabatan yang paling penting dalam perusahaan karena harus mengurusi segala keperluan yang berkaitan dengan sumber daya manusia mulai dari penggajian karyawan, menghitung absensi karyawan, mencari kandidat karyawan potensial untuk dapat bekerja di perusahaan, mengamati kinerja karyawan dan menjadi penengah antara karyawan dengan pimpinan perusahaan. Tentu saja semua tersebut tidak dapat dikerjakan dengan cepat tanpa adanya bantuan sistem aplikasi.

Banyak perusahaan berskala besar menyadari penting untuk menerapkan sistem yang dapat membantu HRD dalam menyelesaikan tugasnya, mulai dari mengumpulkan data, menyimpan hingga memproses seluruh data yang berkaitan dengan sumber daya manusia. Salah satu sistem yang dapat digunakan untuk membantu HRD adalah software HRIS.

Baca juga: Bagaimana Cara Menghitung THR Karyawan? Berikut Rumusnya!

Ada banyak jenis software HRIS yang dapat digunakan HRD untuk membantu segala tugasnya, mulai dari software HRIS yang bersifat offline karena mementingkan keamanan data dan software HRIS yang bersifat fleksibel dan dapat digunakan pada berbagai perangkat mulai dari Desktop hingga Smartphone. Dari kedua jenis software HRIS tersebut, HRD dapat menentukan mana yang paling cocok untuk digunakan, yang terpenting software HRIS yang akan digunakan harus memiliki fungsi utamanya seperti melakukan perhitungan gaji, menghitung pajak PPH 21 dan BPJS ketenagakerjaan, menghitung absensi karyawan serta mendata CV pelama kerja. Lalu apa saja keunggulan yang akan dirasakan jika menggunakan software HRIS dalam perusahaan?

Memudahkan proses perhitungan jagi karyawan

Fungsi utama dari software HRIS adalah untuk membantu divisi HR dalam bekerja. Tentu saja penggajian merupakan salaha satu tugas yang harus dikerjakan oleh HRD. Dengan adanya software HRIS, divisi human resource akan sangat terbantu dalam memproses penggajian karyawan berdasarkan absensi, lembur, PPH 21 dan BPJS Ketenagakerjaan.

Baca juga: 5 Tugas HRD Yang Membutuhkan Bantuan Sistem Aplikasi

Proses administrasi menjadi lebih efesien karena adanya otomisasi

Berbagai proses andministrasi akan lebih mudah dilakukan karena adanya otomisasi dalam software HRIS. Beberapa contohnya seperti proses administrasi data karyawan, tunjangan untuk karyawan, asuransi, dan hal lain yang berkaitan dengan administrasi akan menjadi lebih efesien dengan menggunakan software HRIS.

Mengurangi kesalahan dalam proses penggajian

Seperti manusia biasa, HRD juga dapat melakukan kesalahan, apalagi jika harus melakukan perhitungan gaji karyawan secara manual yang jumlahnya ratusan, tentu tidak akan mudah untuk melakukannya. Kesalahan kecil yang dilakukan HRD saat menghitung gaji karyawan akan berdampak fatal bagi perusahaan. Karyawan yang tidak menerima upah sesuai dengan kinerjanya akan merasa apa yang telah dikerjakannya tidak dihargai. Tentu akan membuat produktifitasnya menurun. Untuk itu software HRIS diciptakan agar mampu menjalankan, menghitung serta mengumpulkan data karyawan dengan lebih mudah.

Baca juga: 5 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Aplikasi Penggajian

Menghemat pengeluaran perusahaan

Salah satu manfaat menggunakan software HRIS adalah mampu untuk mengurangi pengeluaran perusahaan diberbagai bidang, baik dalam proses administrasi, penggajian maupun proses rekruitmen karyawan. Dalam proses administrasi dan penggajian, perusahaan dapat menghemat pengeluaran karena tidak perlu menggunakan kertas sebagai media dalam melakukan berbagai proses seperti biasanya. Tidak hanya itu, proses rekruitmen karyawan juga akan sangat terbantu dengan adanya software HRIS karena tim HRD tidak perlu menyimpan seluruh data calon karyawan dalam bentuk fisik karena seluruh proses rekruitmen telah terdata dalam software HRIS.

Dapat membuat HRD lebih fokus pada tujuannya

Dengan adanya software HRIS, berbagai data yang tersimpan didalam sistem akan mudah untuk dianalisa. HRD pun dapat lebih fokus pada tujuan utamanya, yaitu melihat perkembangan sumber daya manusia didalam perusahaan, melakukan perbaikan, dan mengurangi ketidakefektifan kerja karyawan. Semua itu dapat dengan mudah dilakukan jika telah menggunakan software HRIS.

Baca juga: Best Payroll & HR Software In Indonesia

5 hal diatas hanya beberapa keuntungan yang akan didapatkan perusahaan jika menggunakan software HRIS. Anda akan mendapatkan lebih banyak keuntungan jika menggunakan software HRIS pada perusahaan anda. Salah satu software hris terbaik di Indonesia adalah APS HRD System. APS HRD System merupakan software HRD/ program gaji/ program absensi, penggajian dan HR yang telah terintegrasi. APS merupakan singkatan dari Attendence and Payroll System. Hanya 3 (tiga) langkah mudah dalam melakukan proses perhitungan penggajian yaitu proses tarik data – proses absensi – proses penggajian. Didukung dengan berbagai fitur, anda dapat melakukan berbagai hal yang berkaitan dengan sumber daya manusia dengan mudah. Coba APS HRD System sekarang!

APS HRD SYSTEM - SOFTWARE HR & PAYROLL TERBAIK


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>