Manfaat Memberikan Pengenalan Dan Pelatihan Untuk Karyawan Baru
Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Boss Pintar - Aplikasi absensi Online TerbaikPerekrutan karyawan baru merupakan hal umum yang sering terjadi didalam sebuah perusahaan. Proses perekrutan yang panjang dan melelahkan tentu tidak akan dibiarkan sia-sia begitu saja. Meski telah berhasil mendapatkan karyawan baru yang punya kemampuan baik, hal tersebut tetap tidak akan berguna jika mereka tidak mengerti dengan pola kerja yang ada diperusahaan anda. Untuk itu perlu adanya orientasi atau pengenalan terhadap lingkungan kerja agar karyawan yang baru saja direkekrut itu dapat memahami pola kerja yang ada didalam perusahaan.

Selain memberikan pengenalan terhadap lingkungan kerja, pelatihan terhadap karyawan baru juga baik untuk dilakukan sebagai bentuk adaptasi kepada karyawan baru didalam perusahaan. Memberikan pelatihan kepada karyawan baru seputar hal teknis terkait pekerjaan akan membantu mereka dalam mengerjakan setiap pekerjaan yang diberikan perusahaan.

Ketika karyawan baru mengerti dengan pekerjaan dan ruang lingkup yang ada didalam perusahaan maka karyawan tersebut tidak akan gugup dan canggung di tempat kerja yang baru.

Lalu apa saja manfaat yang akan didapatkan dari pengenalan dan pelatihan kepada karyawan yang baru saja direkrut kedalam perusahaan anda? Berikut adalah ulasannya.

Dapat mengenal lingkungan perusahaan

Mengenalkan perusahaan kepada karyawan akan membuat karyawan tersebut mengetahui apa yang menjadi visi dan misi perusahaan di tempat ia bekerja. Dengan mengetahui visi dan misi dari perusahaan tempat dia bekerja maka karyawan tersebut dapat bekerja sejalan dengan visi dan misi yang ada didalam perusahaan sehingga akan membuat perusahaan menjadi lebih berkembang. Selain itu dengan mengetahui lingkungan tempat dia bekerja maka karyawan tidak akan merasa canggung dengan orang-orang baru yang ada ditempat kerja.

Baca juga: 7 Hal Sederhana Ini Dapat Tingkatkan Kinerja Karyawan

Mengetahui tentang pekerjaannya

Hal ini sangat penting bagi karyawan baru untuk mengetahui pola kerja dan job decs yang akan dikerjakannya selama bekerja di dalam perusahaan anda. Dengan mengetahui apa saja yang akan dikerjakan selama bekerja tentu tidak akan membuat karyawan tersebut menjadi bingung dengan tugas yang diberikan oleh perusahaan. Karyawan pun akan menjadi lebih percaya diri ketika akan melakukan pekerjaannya karena sebelumnya sudah paham dengan apa saja yang akan dilakukan didalam kantor.

Mengenal rekan sekantor

Dengan memperkenalkan orang-orang yang ada dikantor maka akan menghilangkan sikap kaku dan canggung yang ada didalam diri karyawan baru. Tidak hanya menghilangkan rasa canggung yang ada pada karyawan baru, mengenal rekan-rekan baru juga dapat membuat karyawan bekerja dengan lebih bersemangat karena punya rekan yang bisa diajak untuk bekomunikasi dengan baik. Ketika komunikasi antar rekan kerja sudah terbangun bukan tidak mungkin mereka akan bersama-sama menciptakan sebuah inovasi yang bermanfaat untuk perusahaan.

Baca juga: Cara Tepat Menjadi Seorang Pimpinan Di Era Millennial

Lebih kompeten dalam bekerja

Sebuah perusahaan yang memberikan pelatihan seputar pekerjaan yang akan dijalani oleh karyawan baru akan sangat berpengaruh kepada kompetensi kerja karyawan. Karyawan yang sudah menerima pelatihan dari perusahaan akan lebih tanggap dan efektif dalam melakukan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan perusahaan. Hal ini karena karyawan tersebut telah mengetahui bagaimana menyelesaikan pekerjaan dengan baik sesuai seperti yang di intruksikan saat pelatihan.

Meningkatkan optimisme

Hal yang dirasakan ketika sudah mendapatkan pelatihan serta pengenalan terhadap perusahaan adalah meningkatnya rasa percaya diri dan jiwa optimis. Karyawan yang optimis tentu akan selalu bersemangat dalam menjalani pekerjaannya di dalam perusahaan. Ketika karyawan dapat menjalani pekerjaan dengan baik dan tepat waktu tentu perusahaan lah yang akan diuntungkan. Selain itu hal ini juga akan mengurangi kesenjangan diantara karyawan baru dengan karyawan lama di perusahaan anda. Pastikan agar karyawan baru dapat berbaur dengan karyawan lama secara alami dan baik.

Baca juga: Inilah Penyebab Karyawan Millennials Kehilangan Motivasi Kerja

Mengenal teknologi yang digunakan perusahaan

Bekerja di dalam perusahaan yang baru pastilah berbeda dibanding dari pekerjaan sebelumnya. Untuk itu perlu juga memberikan pelatihan seputar teknologi yang digunakan oleh perusahaan dalam melakukan pekerjaan. Pastikan karyawan tersebut mampu untuk dapat mengoprasionalkan teknologi yg digunakan oleh perusahaan.

Setelah memberikan pelatihan dan perkenalan kepada lingkungan kerja, tidak lupa juga untuk menanamkan sikap disiplin kepada setiap karyawan baik itu karyawan baru atau karyawan lama. Selain menanamkan sikap disiplin tidak lupa juga anda harus menggunakan teknologi yang dapat menumbuhkan sikap disiplin, salah satu contohnya adalah aplikasi absensi smartphone bernama BOSS PINTAR. Dengan aplikasi tersebut anda dapat mengurangi kecurangan yang dilakukan oleh karyawan ketika melakukan absensi hadir. Selain itu anda dapat dengan mudah memantau karyawan via smartphone sehingga karyawan tetap dapat untuk selalu disiplin.

Aplikasi Absensi Online Boss pintar


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.