Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Perkembangan teknologi yang terus berjalan dengan sangat cepat membuat berbagai kebutuhan dan pekerjaan yang sebelumnya susah untuk dikerjakan menjadi lebih mudah karena dibantu dengan banyaknya pilihan teknologi yang dapat digunakan. Misalnya saja dahulu orang-orang selalu pergi ke mall untuk belanja keperluannya seperti pakaian dan perangkat elektronik. Namun sekarang, hampir kebanyakan orang beralih untuk belanja di online shop melalui perangkat smartphonenya.

Baca juga: Bagaimana Cara Memilih Software HRD Terbaik Untuk Perusahaan?

Perkembangan teknologi ini juga banyak sekali dimanfaatkan didalam dunia pekerjaan termasuk kedalam bagian administrasi yang berkaitan dengan karyawan. Banyak sekali perusahaan besar menggunakan software HRD untuk membantu Tim HRD menyelesaikan segala macam administrasi yang berkaitan dengan karyawan mulai dari absensi hingga penggajian. Banyaknya jenis software HRD terkadang membuat bingung pimpinan perusahaan dalam memilih software HRD untuk perusahaannya. Fitur-fitur beragam yang disajikan oleh berbagai software HRD tentu akan sangat memudahkan tim Human Resource dalam mengerjakan pekerjaannya.

Baca juga: 5 Tugas HRD Yang Membutuhkan Bantuan Sistem Aplikasi

Lalu bagaimana memilih software HRD yang tepat untuk perusahaan anda? Tentunya anda harus menganalisa terlebih dahulu apa yang diperlukan oleh perusahaan anda agar proses administrasi karyawan berjalan lancar. Dengan memilih software HRD yang sesuai dengan keperluan perusahaan maka anda tidak perlu menggunakan fitur-fitur kurang penting dan hanya akan membuat proses administrasi karyawan menjadi rumit. Sebenarnya apa komponen penting yang harus ada didalam setiap software HRD? Untuk mengetahuinya berikut adalah komponen penting yang harus ada didalam software HRD.

Memiliki fitur penggajian

Fitur utama yang paling sering digunakan didalam software HRD adalah penggajian. Tanpa penggajian, software tersebut tidak dapat dibilang sebagai software HRD. Pastikan software HRD yang anda pilih memiliki fitur perhitungan penggajian yang lengkap sehingga HRD yang ada didalam perusahaan anda dapat memanfaatkannya dengan lebih maksimal. Apalagi jika software HRD tersebut dilengkapi dengan payroll system atau penggajian otomatis tentu saja HRD akan sangat terbantu.

Baca juga: Apa Yang Terjadi Jika Perusahaan Salah Pilih Software Payroll?

Fitur perhitungan BPJS, PPH 21, cuti, sakit dan absen

Sesuai dengan aturan pemerintah. Setiap pekerja atau karyawan yang bekerja disebuah perusahaan atau tempat usaha wajib untuk didaftarkan kedalam BPJS Ketenagakerjaan. Untuk itu sebagai perusahaan yang mengikuti aturan pemerintah anda harus mendaftarkan BPSJ kepada setiap karyawan yang bekerja diperusahaan anda. Proses perhitungan bpjs terkadang sulit untuk dilakukan oleh HRD karena setiap karyawan memiliki upah atau gaji yang berbeda. Untuk itu dengan adanya software HRD, perhitungan BPJS akan menjadi lebih mudah karena rumus perhitungan dapat dijalankan hanya dengan sekali klik.

Sama seperti perhitungan BPJS, melakukan perhitungan PPH 21 sedikit membingungkan apalagi jika ada banyak karyawan yang bekerja diperusahaan anda. Dengan menggunakan software HRD, perhitungan Pajak PPH 21 akan lebih mudah apalagi jika proses perhitungan dapat dilakukan dengan otomatis.

Baca juga: Manfaat Menggunakan Software HRIS Dalam Perusahaan

Absensi adalah salah satu hal paling penting didalam proses penggajian karyawan. Untuk itu pastikan software HRD yang anda miliki dapat melakukan perhitungan absensi dengan baik dan akurat serta dapat dengan mudah terhubung kepada alat absensi seperti fingerprint, face detection maupun GPS tracking. Dengan begitu maka proses penggajian akan lebih mudah dilakukan karena absensi sudah tersusun dengan baik.

Fitur rekruitmen karyawan (ujian, psikotes)

Biasanya tugas seorang HRD adalah melakukan rekruitmen dan seleksi karyawan baru. Untuk itu, fitur ujian dan psikotes juga perlu dan wajib ada didalam software HRD. Dengan adanya fitur tersebut maka HRD dapat dengan mudah melakukan proses screening kepada setiap kandidat yang melamar pekerjaan diperusahan anda. HRD juga dapat melihat bagaimana kemampuan atau hard skill yang dimiliki dan juga dapat melihat tingkat IQ yang dimiliki oleh kandidat karyawan yang melamar diperusahaan anda. Dengan begitu anda bisa mendapatkan calon karyawan terbaik untuk dipekerjakan didalam perusahaan anda.

Baca juga: 5 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Aplikasi Penggajian

Itu tadi adalah komponen penting yang harus ada didalam Software HRD. Sebelum memilih software HRD, pastikan software HRD tersebut memiliki komponen diatas karena tanpa komponen diatas maka software HRD tidak akan dapat digunakan dengan maksimal. Seluruh fitur diatas dapat anda temukan didalam aplikasi penggajian APS HRD SYSTEM. Software HRD yang mempunya berbagai macam fitur lengkap yang dapat mempermudah pekerjaan HRD terutama dalam proses penggajian. Untuk mengetahui fitur lain yang ada didalam APS HRD SYSTEM, silahkan klik gambar dibawah!

APS HRD SYSTEM - SOFTWARE HR & PAYROLL TERBAIK


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.