- HRD

Klaim PPn Jarak Tempuh Kendaraan Pribadi

Jika ada karyawan yang menggunakan kendaraan pribadi untuk bekerja ternyata mereka bisa mengklaim kembali jarak tempuh dari perusahaan atau mendapatkan potongan pajak dalam jumlah yang sama dari gaji pekerjaan mereka.

Sebelum membahasnya lebih dalam, anda harus mengetahui apa itu PPN. PPN adalah pajak yang dikenakan atas setiap pertambahan nilai dari barang ataupun jasa dalam peredaran dari produsen ke konsumen. Pajak pertambahan nilai termasuk pajak tidak langsung, maksudnya pajak tersebut disetor oleh pedagang yang bukan penanggung pajak atau, penanggung pajak (konsumen) tidak menyetorkan langsung pajak yang ia tanggung.

Di Indonesia tarif tunggal PPN adalah sebesar 10%. Dasar hukum tersebut telah termaktup dalam UU No.8 Tahun 1983 berikut perubahaannya pada UU No.11 tahun 1994, UU No.18 Tahun 2000, dan UU No.42 Tahun 2009.

pada umumnya, setiap barang dan jasa merupakan barang kena pajak, sehingga dikenakan PPN, kecuali barang dan jasa yang ditetapkan dalam pasal 4a UU No.8 Tahun 1983 tentang PPN barang dan jasa dan pajak penjualan atas barang mewah sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir pada UU No.18 Tahun 2000.

Baca Juga:

Tips Mudah Mengklaim PPN Jarak Tempuh Kendaraan Pribadi

Berikut ini cara mudah mengklaim PPN pada perusahaan anda.

1. Cari Tahu Apakah Bisnis Telah Memenuhi Syarat

Bisnis yang terdaftar PPN dapat mengklaim pajaknya pada bagian bahan bakar dari bisnis trip. Pemerintah telah menerbitkam laporan pada 2018 bahwa sekitar 180000 penerima mengklaim PPN bahan bakar mobil pada tahun 2016 hingga 2017.

2. Tentukan Bagian Bahan Bakar Klaim Jarak Tempuh

Untuk mengkalkulasi biaya yang dapat diklaim, anda harus menghitung bagian bahan bakar dari  klaim jarak tempuh terlebih dahulu.

3. Hitung PPN Jarak Tempuh

Setelah mengetahui jenis bahan bakar, selanjutnya menentukan jumlah PPN yang bisa diklaim atas jarak tempuh perjalanan bisnis. Rate PPN bahan bakar saat ini adalah 20%. Porsi bahan bakar dibagi 6 karena sudah temasuk PPN 20%.

4. Siapa Yang Dapat Mengklaim?

Semua perusahaan atau jenis bisnis yang terdaftar PPN bisa mengklain dengan menyediakan bisnis dengan mempekerjakan pengemudi. Untuk staf kontrak atau freelancer tidak dapat mengklaim jarak tempuh karena mereka dipekerjakan oleh entitas yang berbeda.

sumber: jojonomic.com/blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.