HRD adalah salah satu posisi yang sangat penting didalam perusahaan, hal ini karena HRD merupakan posisis yang berkaitan erat dengan pengelolaan sumber daya manusia yang ada didalam perusahaan. Oleh karena itu HRD biasanya memiliki wewenang yang cenderung tinggi jika dibandingkan dengan jabatan lain yang ada didalam perusahaan.
Saat proses seleksi calon karyawan, biasanya HRD akan melakukan sejumlah prosedur baku untuk menguji dan melihat apakan calon karyawan yang diseleksi memiliki keahlian dan cocok untuk bekerja didalam perusahaan. Hal-hal yang dilihat untuk diseleksi mulai dari keahlian yang dimiliki, karakteristik calon karyawan, sifat dan hal lainnya. Lalu apa saja sebenarnya kemampuan dasar yang wajib dimiliki oleh setiap HRD didalam perusahaan? Untuk mengetahuinya, berikut adalah penjelasannya.
Mengorganisir
Manajemen HRD memerlukan tindakan dalam pendekatan, data yang tertata rapi serta kemampuan dalam mengelola waktu yang baik dan efesien. Hal itu adalah rangkaian dasar yang ada didalam fungsi HRD. Jika anda adalah pimpinan atau staf HR maka anda akan berhadapan dengan perkembangan karir orang banyak.
Bekerja dengan multitasking
Untuk menjadi HRD, anda harus dapat menangani banyak tugas, misalnya anda dihadapi dengan karyawan yang menceritakan tentang masalah yang terjadi, sementara itu anda harus membereskan masalah karyawan lain, lalu anda juga harus memikirkan bagaimana strategi perekrutan karyawan baru untuk perusahaan. Tentunya untuk dapat melakukan hal itu anda harus dapat mengerjakannya secara multitasking agar dapat selesai tepat waktu.
Menjadi penengah
Tugas utama HRD adalah menjadi penengah antara karyawan dengan perusahaan. Anda harus dapat memahami setiap permasalahan yang terjadi pada karyawan, melindungi setiap karyawan untuk mendapatkan hak-hak yang seharusnya didapat sewaktu bekerja serta menjadi penyambung antara karyawan dengan perusahaan. Tentu saja tugas ini tidaklah mudah namun harus bisa dilakukan oleh setiap HRD.
Sumber: star4hire.com