Inilah Cara Menjaga Agar Karyawan Terbaik Tidak Resign
Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

MENJAGA  KARYAWAN TERBAIK UNTUK TIDAK RESIGN

Karyawan merupakan aset terpenting bagi sebuah perusahaan, mereka yang menjaga bisnis anda tetap berjalan. Tidak mungkin ada perusahaan yang membesar tanpa memiliki karyawan, anda tidak memiliki 10 tangan dan 100 skill sekaligus untuk menangani semua aktivitas perusahaan. Karyawan juga dapat di bagi atas 3 kelompok yaitu : karyawan terbaik dengan produktfitas tinggi, karyawan biasa yang memiliki produktifitas sesuai dengan target dan karyawan yang kurang produktif.

Karyawan terbaik merupakan aset paling perharga bagi perusahaan. Sudah sepantasnya anda  menjaganya agar tetap loyal pada perusahaan. Jangan sampai mereka memutuskan untuk resign dari perusahaan, hanya karena masalah kecil yang dibiarkan.

Terkadang ada saja hal yang membuat karyawan terbaik ingin resign dari perusahaan. Mulai dari  rasa tidak di hargai, gaji yang tidak sesuai dengan kerja keras mereka, ketidak adilan dalam promosi jabatan, lingkungan kerja, hingga tawaran kerja di perusahaan lain.

Maka dari itu, anda harus memahami kondisi seluruh karyawan yang ada, terutama karyawan terbaik yang perusahaan miliki. Waspadai jika anda melihat karyawan yang seperti tidak betah bekerja di perusahaan anda. Untuk itu, dibawah ini kami akan memberikan anda cara jitu agar karyawan terbaik mengurungkan diri untuk resign di perusahaan anda. Simak tips berikut ini.

Berikan sikap transparan dan saling terbuka untuk Karyawan

Seharusnya tidak ada rahasia yang memisahkan antara karyawan dan pimpinan dalam perusahaan. Apalagi jika sudah menyangkut karyawan itu sendiri, seperti kenaikan jabatan, gaji dll. Seorang pimpinan harus transparan terhadap karyawannya. Selain itu, komunikasi yang baik dan terbuka juga sangat penting agar karyawan selalu merasa nyaman bekerja dengan anda.

Jika ada kekurangan dari karyawan, maka bicarakanlah dengan cara yang baik-baik. Tunjukan bahwa anda sangat menghargai meraka sebagai karyawan. Dengan bersikap transparan dan terbuka, karyawan akan percaya terhadap kepemimpinan dan keputusan anda. Selain itu, keterbukaan juga membuat karyawan menganggap anda dapat menjadi solusi dari masalah mereka.

Sikap transparan juga dapat di lakukan dengan menerapkan teknologi. Contohnya dalam sistem pemberian gaji, reward dan bonus. Anda dapat menggunakan software payroll indonesia seperti APS HRD System. Software ini dapat digunakan dengan 3 langkah mudah dan urusan pemberian gaji, BPJS, pajak, bonus, absensi dan lainnya dapat dilakukan dengan sangat cepat dan transparan.

Tunjukan bahwa perusahaan ini milik bersama

Rasa kepercayaan menjadi salah satu yang dapat membuat karyawan dengan senang hati bekerja di perusahaan anda. Tunjukan bahwa perusaahan ini merupakan milik mereka juga dan anda mempercayai karyawan untuk sama-sama membangun perusahaan ini. Dengan begitu karyawan akan lebih bersemangat bekerja, karena merasa bahwa bisnis ini adalah bisnis mereka juga. Karyawan tidak di posisikan sebagai pekerja, tetapi tim yang sama-sama ingin mengwujudkan visi misi perusahaan.

Anda juga dapat memberitahu kondisi perusahaan, baik kondisi keuangan hingga pencapain kepada karyawan. Dengan begitu karyawan semakin merasa bahwa perusahaan ini juga milik mereka.

Akomodir pendapat mereka

Berikan “space” untuk karyawan mendapatkan kesempatan memutuskan kebijakan perusahaan. Jika keputusan yang mereka buat tidak merugikan perusahaan, apa salahnya anda jalankan keputusan tersebut. Dengan begitu karyawan akan merasakan sebuah kepercayaan yang sangat luar biasa bagi dirinya yang di berikan oleh pimpinan.

Bertindak tegas pada karyawan yang melanggar aturan

Bertindak dengan hati nurani memang dapat membuat karyawan bahagia. namun anda juga harus mampu melihat kondisinya. Selalu memberikan kelonggaran aturan bagi karyawan yang kurang baik, akan membuat kecemburan dan rasa tidak adil bagi karywan terbaik. Jika ada karyawan yang melanggar aturan atupun bersikap kurang baik, sebaiknya anda harus menerapkan aturan dengan tegas. Agar ketegasan anda tidak dipandang negatif, anda bisa memberi karyawan pelanggar aturan tersebut peringatan. Jika tetap melanggar juga, barulah pemecatan menjadi solusi terbaik.

Intropeksi diri anda sendiri

Terkadang jika terjadi masalah di perusahaan, jangan selalu menyalahkan karyawan anda dahulu. Cobalah untuk intropeksi diri sendiri, tanya pada lubuk hati anda sendiri. Apakah selama ini anda sudah memimpin perusahaan dengan baik, apa jangan-jangan masalah terjadi karena anda sendiri ? Dengan intropeksi diri sendiri, anda akan mampu mengetahui kesalahan apa yang anda lakukan dan mengakibatkan karyawan terbaik memutuskan untuk resign alias mengundurkan diri.

Memberikan reward lebih untuk karyawan terbaik

Reward memang masih menjadi salah satu daya tarik bagi karyawan. Pastikan anda telah menyediakan reward bagi mereka yang mendapatkan predikat karyawan terbaik. Mereka tidak memandang reward dari harga ataupun nilainya, karyawan terbaik akan menggap bahwa reward tersebut, menunjukan bahwa anda menghargai usaha mereka. Dan akhirnya pemberian reward akan menambah motivasi seluruh pekerja untuk bekerja lebih baik lagi. Selain reward, anda juga dapat memberi insentif-insentif lainnya untuk karyawan terbaik yang anda miliki.

 

Jika anda ingin mencari tahu sofware penggajian terbaik, software accounting terbaik dan lainnya yang di ciptakan oleh PT Mitra Pasifik Solusindo silahkan kunjungi www.mpssoft.co.id


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>