Inilah 3 Hal Fatal Jika Salah Menghitung Absensi Karyawan
Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Absensi karyawan merupakan hal penting untuk melihat bagaimana komitmen karyawan terhadap pekerjaan dan juga terhadap tanggung jawabnya dalam pekerjaan. Biasanya tim HR menggunakan aplikasi absensi untuk mengukur tingkat kedisiplinan dan komitmen karyawan dalam pekerjaan. Mungkin HR dapat menggunakan sistem kejujuran dan kepercayaan dalam menjalin hubungan pekerjaan, tetapi tentu saja jika perusahaan mempunyai banyak karyawan yang harus dilihat dan diawasi, akan susah menerapkan sistem kejujuran dan kepercayaan itu. Solusi dari masalah diatas adalah dengan memilih aplikasi absensi yang efektif dan tepat sasaran.

Akan ada beberapa masalah yang akan muncul jika HR salah dalam menghitung absensi, terlebih jika perusahaan memiliki banyak karyawan. Berikut adalah dampak dari salahnya menghitung absensi karyawan.

 

Ketidakseimbangan perlakuan terhadap karyawan

Salahnya perusahaan memilih aplikasi absensi dapat berpengaruh terhadap besarnya potensi kecurangan yang mungkin saja dilakukan oleh karyawan. Oleh karena itu perusahaan harus dapat meminimalisir hal tersebut dengan menggunakan aplikasi absensi yang memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Hal yang akan terjadi jika HR salah menghitung absensi kantor adalah ketidakseimbangan antar karyawan. Contohnya ketika seorang karyawan yang sudah memenuhi jatah lembur tetapi tidak diberikan sebuah penghargaan tertentu, hal ini tentu saja membuat kesan jika HR tidak adil saat membuat kebijakan.

Baca juga : Cara Ampuh Mengatasi Absen Karyawan Yang Berlebihan

 

Tidak dapat mengevaluasi Produktivitas Perusahaan

Jika aplikasi absensi yang digunakan oleh sebuah perusahaan tidak dapat memberikan informasi data kehadiran karyawan dengan baik, tentu saja hal ini dapat membuat dampak ketidakcocokan dengan besarnya produktivitas yang diinginkan. Padahal karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut sudah bekerja sesuai dengan jam kerja yang ditetapkan, tetapi tingkat produksi masih tidak sesuai dengan target.

Mungkin saja hal ini bukan dikarenakan kesalahan karyawan, tetapi aplikasi absensi yang tidak dapat memberikan informasi yang sesuailah masalahnya.

Baca juga : Metode Penilaian Produktivitas Kerja Karyawan Paling Akurat

 

Menurunnya Integritas perusahaan

Tentu saja perusahaan harus memanfaatkan keuangan mereka dengan sebaik mungkin, oleh karena itu biasanya perusahaan membeli aplikasi absensi dengan harga yang murah. Tetapi hal tersebut jangan sampai membuat perusahaan merugi akibat penggunaan aplikasi absensi yang murah, penghematan keuangan yang dilakukan dengan cara membeli aplikasi absensi yang murah tersebut malah akan membuat keuangan perusahaan membengkak karena ketidakefesienan dari aplikasi absensi murah tersebut.

Contohnya, sebuah perusahaan menggunakan mesin absensi fingerprint untuk melakukan absensi di dalam instansinya. Saat perusahaan tersebut memiliki 5 cabang, maka perusahaan tersebut harus membeli 5 mesin absensi fingerprint. Tentu saja hal ini akan membuat anggaran perusahaan membengkak, untuk mengakali hal tersebut biasanya perusahaan akan memutuskan untuk menggunakan absensi manual pada kantor cabang mereka. Tanpa adanya pencatatan absensi kehadiran karyawan secara “real time” malah akan membuat keefektifan karyawan menjadi rendah.

Hal ini berdampak kepada penilaian karyawan terhadap apresiasi perusahaan yang diberikan, seperti penghargaan terhadap kehadiran karyawan. Ketika perusahaan memutuskan untuk tidak memberikan perhatian lebih kepada aplikasi karyawan yang efektif, karyawan tentu saja akan menyepelekan pekerjaannya.

Baca juga : Inilah Berbagai Macam Jenis Mesin Absensi Yang Perlu Anda Ketahui

Besar atau kecilnya integritas sebuah perusahaan dapat diukur melalui perlakuan yang diberikan kepada karyawan, seperti pemberian fasilitas, hak untuk karyawan dan tentu saja penggajian yang sesuai dengan produktivitas karyawan. Pemberian bayaran untuk karyawan ini yang membuat HR harus memastikan keefektifan dan kesesuaian karyawan dalam jam kerja dan “job description”.

Di era millenial ini sudah mulai banyak instansi-instansi yang menggunakan sistem absensi online untuk memfasilitasi para pekerjanya yang tidak dituntut untuk hadir ke kantor. Sistem absensi online dilihat lebih efesian dan mudah dibandingkan sistem absensi lainnya. Selain itu sistem absensi online dengan menggunakan aplikasi berbabasis moblie BOSS PINTAR juga mampu mengurangi tingkat kecurangan dan aplikasi ini juga dapat digunakan sebagai sistem pelacak untuk para pekerja lapangan.

Aplikasi Absensi Online Boss pintar


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>