Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Karyawan diperusahaan manapun pasti memiliki skillnya masing-masing, sehingga tiap karyawan tidak dapat diberikan tugas yang sama. Untuk dapat memberikan hasil maksimal, maka karyawan harus diberikan tugas yang sesuai dengan kemampuannya. Disinilah peran HR sangat menentukan dalam memberikan job description yang jelas dan sesuai dengan kemampuan dari karyawan. Namun pada kenyataanya, masih banyak karyawan mengeluh karena tidak mendapatkan tugas yang sesuai dengan kemampuan dan mengakibatkan performanya tidak maksimal. Maka dari itu, penting bagi divisi HR untuk membuat tugas yang jelas bagi karyawan. Ada banyak lagi manfaat dari job description yang didapatkan perusahaan, diantaranya adalah sebagai berikut ini :

Meningkatkan Rasa Tanggung Jawab Karyawan

Telah terjadi masalah teknis dalam internal organisasi perusahaan, namun anda tidak menemukan karyawan yang merasa bersalah dan tanggung jawab terhadap masalah tersebut. Hal ini bukan berarti karena karyawan berusaha menyembunyikan kesalahannya. Namun, memang karena mereka tidak tahu bahwa kesalahan tersebut merupakan tanggung jawab mereka. Jika job description dibuat jelas maka setiap ada masalah dalam pekerjaan, HRD langsung tau siapa yang melakukan kesalahan. Dan karyawapun pasti akan memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi agar tidak lagi mengulangi kesalahan yang sama. Baca juga : Mesin Absensi Portable Berbasis Android.

Sebagai Motivasi Karyawan

Ketika karyawan telah memiliki job description yang jelas, maka performa dari karyawan tersebut langsung dapat dilihat oleh perusahaan. Maka dari itu karyawanpun tidak ingin dirinya terlihat tidak baik dimata perusahaan, sehingga akan berusaha mengerjakan pekerjaan dengan baik. Ini dapat menjadi motivasi terbaik agar karyawan dapat memberikan kontribusi yang maksimal untuk perusahaan. Hal yang terpenting setelah karyawan termotivasi adalah feedback dan penghargaan dari perusahaan saat karyawan telah bekerja dengan baik.

Evaluasi Karyawan Jauh Lebih Mudah

Dengan evaluasi, perusahaan dapat mengetahui bagaimana perkembangan dari kemampuan karyawan untuk bekerja. Di zaman sekarang ini, evaluasi tidak hanya dapat dilakukan dalam periode setahun sekali, tetapi bisa kapan saja tergantung kebutuhan perusahaan. Banyak sekali yang harus dinilai pada proses evaluasi, mulai dari kecepatan mengerjakan tugas, ketepatan, kualitas hasil pekerjaan dll. Maka dari itu tanpa adanya deskripsi pekerjaan yang baik, maka HRpun tidak mampu menilai pencapaian dari hasil kerja karyawannya. Baca juga : Cara Ampuh Mengatasi Absen Karyawan Yang Berlebihan.

Dapat Mengalokasikan Karyawan Pada Posisi Yang Tepat

Dengan job description juga mampu membantu HR untuk meletakan karyawan pada posisi yang tepat. Anda bisa melihat jika karyawan tidak mampu menjalankan tugas pekerjaanya, berarti ada ketidak cocokan dengan posisinya yang sekarang. Sebagai bagian dari tim HR, anda dapat langsung mendengarkan karyawan tersebut tentang masalah yang di alami dalam mengerjakan tugas selama ini. Dengan begitu anda dapat memahami dimana sebenarnya bakat mereka, dan posisi apa yang dapat memanfaatkan kemampuan karyawan untuk mendukung kinerja perusahaan. Jika karyawan bekerja sesuai dengan bakatnya, maka sesusah apapun pekerjaan yang dilakukan, akan tetap dinikmati. Hal ini pula yang membuat karyawan mau bekorban lebih untuk perusahaan.

Training untuk Pengembangan Karyawan

Pada job description dapat terlihat dengan jelas tentang tugas yang akan dikerjakan oleh karyawan nantinya. Untuk meningkatkan kemampuan karyawan, tim HR dapat membuat training yang sesuai dan diperlukan dari job description tersebut. Dengan begitu anda dapat menghindari dari pembuatan training yang kurang tepat dan tidak mampu mendorong meningkatkan kemampuan karyawan dalam melaksanakan tugasnya. Selain itu hal ini juga bisa menjadi salah satu cara penghematan keuangan perusahaan dalam efisiensi biaya pengeluaran untuk training karyawan.

Baca juga : Tingkatkan Keterlibatan Karyawan Dengan Aktivitas Dan Permainan Menyenangkan ini

Untuk membuat job description tidaklah perlu menghabiskan banyak waktu. Anda dapat berdiskusi dan meminta bantuan sesama anggota di HRD untuk membuat job description yang tepat bagi karyawan. Selain itu tidak ada salahnya untuk bertukar pikiran dengan karyawan tersebut, karena yang paling tahu akan kemampuan dalam bekerja adalah karyawan itu sendiri. Dengan adanya job description maka akan tercipta sebuah kultur perusahaan yang teratur dan nyaman untuk siapapun yang ada di perusahaan. Karyawan akan mampu mengoptimalkan potensinya dan tau batasan dari pekerjaanya, bagi tim HR sendiri akan sangat mudah untuk membuat evaluasi kinerja karyawan dan bagi perusahaan pasti ini sangat menguntungkan.

Agar job description dapat dibuat dan di evaluasi dengan cara lebih baik, Anda dapat menggunakan software HR seperti APS Hrd System untuk memanajemennya. Software HR ini juga telah dilengkapi dengan kemampuan untuk sistem payroll outomatis, penilaian kinerja karyawan outomatis dan terintegrasi dengan mesin absensi. Untuk mengetahui fitur-fitur lengkapnya anda bisa membaca diartikel sebelumnya yang berjudul “Software Hr Terbaik“.


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>