Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Mungkin belum banyak yang mengetahui apa itu HR atau Human Resource didalam dunia kerja, kebanyakan orang lebih mengetahui kalimat HRD ketimbang HR. Keduanya terlihat sama, namun sebenarnya maksud dan artinya berbeda. Mungkin tidak banyak perusahaan yang memiliki HRD didalamnya, terutama perusahaan-perusahaan kecil dan menengah. Tetapi dapat dipastikan jika semua perusahaan pasti memiliki seorang HR didalamnya. Hal ini karena HR adalah salah satu pondasi yang wajib ada didalam sebuah perusahaan agar perusahaan tersebut dapat mencapai kesuksesannya. Sebenarnya apa yang membuat HR menjadi salah satu kunci dalam sebuah perusahaan? Untuk mengetahuinya, berikut adalah penjelasannya.

Baca juga: APS HRD SYSTEM Aplikasi Payroll Terbaik Di Indonesia

Menciptakan budaya kerja yang baik

Budaya kerja merupakan sebuah hal yang paling penting didalam berjalannya aktivitas diperusahaan. Hal ini karena budaya kerja dapat mempengaruhi bagaimana sistem kerja yang ada didalam perusahaan. Jika perusahaan tidak memiliki HR, maka bisa saja budaya kerja yang ada didalam perusahaan tidak berjalan baik, tentu saja hal tersebut akan membuat kinerja karyawan menurun. Saat itulah perusahaan membutuhkan HR untuk membuat budaya kerja yang awalnya tidak baik menjadi lebih baik dan berimbas terhadap kinerja karyawan yang meningkat.

Bisa membagi jenis pekerjaan dengan tepat

Selain bertugas untuk menciptakan budaya kerja yang baik, fungsi HR didalam perusahaan juga sebagai pembagi jenis pekerjaan dengan tepat. Hal ini sering dilupakan oleh pimpinan perusahaan, padahal hal sederhana ini sangatlah penting agar setiap karyawan tau apa yang harus dikerjakannya. Dengan memiliki HR, perusahaan dapat membagi posisi mana yang sebenarnya harus diisi oleh karyawan baru maupun karyawan lama.

Baca juga: Bagaimana Cara Memilih Software HRD Terbaik Untuk Perusahaan?

Memahami karyawan

Jika perusahaan anda adalah perusahaan kecil yang hanya memiliki karyawan tidak sampai 10 orang, anda tidak perlu menggunakan HR karena pengelolaan karyawan masih dapat ditangani sendiri. Namun jika anda memiliki karyawan yang berjumlah lebih dari 20 atau mungkin lebih, tentunya anda harus memiliki HR. Bukan hanya agar budaya kerja dapat berjalan dengan baik, tetapi fungsi HR juga untuk memahami bagaimana sifat dari masing-masing karyawan, tentu saja dengan mengetahui sifat karyawan perusahaan dapat melihat mana karyawan yang benar-benar serius dan mana yang hanya membuat masalah.

Aplikasi Absensi Online Boss pintar


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.