Ingin Merekrut Karyawan Fresh Graduate? Mereka Harus Punya 4 Sifat Ini
Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Cara untuk merekrut karyawan yang berstatus fresh graduate atau baru saja lulus pasti berbeda dengan cara merekrut karyawan yang sudah berpengalaman. Seorang calon karyawan yang berstatus fresh graduate biasanya belum pernah menjadi seorang pekerja sehingga minim dengan pengalaman serta keahlian terkait dunia pekerjaan.

Tetapi perlu anda perhatikan, seorang calon karyawan yang berstatus fresh graduate masih mempunyai banyak potensi yang dapat diisi dengan berbagai macam keahlian yang nantinya akan berguna dan bermanfaat bagi perusahaan. Oleh karenanya, agar mendapatkan calon karyawan fresh gruadate yang menjanjikan dan memiliki potensi, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan untuk dapat menyeleksinya. Untuk itu mari kita simak sama-sama bagimana cara menyeleksi calon karyawan fresh graduate.

Baca juga: Perhatikan 7 Hal Ini Sebelum Pasang Iklan Lowongan Kerja

Memiliki ambisi yang besar

Untuk menyeleksi calon karyawan dari latar belakang fresh graduate yang pertama adalah anda harus yakin bahwa calon tersebut mempunyai semangat serta ambisi yang besar. Dengan semangat dan ambisi yang besar biasanya mereka akan lebih inovatif. Apabila calon karyawan fresh graduate memiliki sifat seperti ini, maka dia punya potensi didalam diri yang bisa anda dan perusahaan kembangkan untuk keuntungan perusahaan.

Seorang calon karyawan berstatus fresh graduate atau baru saja lulus haruslah mememiliki sifat inovatif dan memiliki ambisi yang besar. Dengan memiliki sifat yang inovatif serta abisi yang besar, maka dapat dipastikan jika nantinya mereka akan memberikan kontribusi yang besar kepada perusahaan anda apabila direkrut.

Baca juga: Dengan Aplikasi BOSS, Kini Absensi Karyawan Semakin Mudah

Sifat ambisi dan inovatif yang dimiliki karyawan fresh graduate akan sangat dibutuhkan oleh perusahaan ketika sudah bergabung menjadi karyawan. Mereka akan memberikan kontribusi yang sangat baik serta turut memberikan ide segar yang tidak dimiliki oleh karyawan yang lain.

Gampang beradaptasi dengan lingkungan kerja

Hal lain yang harus anda lihat ketika akan menyeleksi karyawan yang baru saja lulus dari pendidikan adalah melihat kemampuannya melakukan adaptasi lingkungan kerja. Sifat ini sangatlah penting mengingat latar belakang pekerjaan mereka yang bisa dibilang masih minim, untuk itu pilihlah karyawan fresh graduate yang memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan kerja secara cepat.

Pastikan sejak hari pertama bekerja karyawan fresh graduate sudah bisa membaur dengan tim divisi atu rekan kerja, percaya diri dengan keputusan kerja yang diambil, memberikan inisiatif serta mampu untuk menaggung beban kerja yang diberikan oleh perusahaan.

Baca juga: Manfaat Memberikan Pengenalan Dan Pelatihan Untuk Karyawan Baru

Punya jiwa kepemimpinan

Setiap perusahaan pasti berharap bisa mendapatkan seorang karyawan baru yang dapat bersedia dan mampu untuk duduk di bagian yang lebih tinggi untuk dapat memimpin serta membawa perusahaan ke arah yang lebih baik lagi. Untuk mendapatkannya, pastikan ketika menyeleksi calon karyawan yang belum mempunyai pengalaman atau fresh graduate pilihlah yang menurut anda mempunyai jiwa kepemimpinan yang baik.

Seorang karyawan yang mempunyai  jiwa pemimpin akan mampu untuk membawa perusahaan anda menjadi lebih maju lagi dengan cara mendorong perubahan dan menumbuhkan kefektifan dalam bekerja. Karyawan tersebut juga mampu untuk memberikan motivasi dan dorongan kepada sesama rekan kerja atau rekan satu divisi agar dapat bekerja dengan lebih baik lagi.

Baca juga: Inilah Penyebab Karyawan Millennials Kehilangan Motivasi Kerja

Mampu berkomunikasi dengan baik

Hal terakhir yang harus anda perhatikan saat menyeleksi calon karyawan fresh graduate adalah dengan melihat kemampuan mereka dalam melakukan komunikasi. Seorang calon karyawan yang baik adalah dia yang mampu untuk melakukan komunikasi yang baik dengan anda sebagai pimpinan, sesama rekan kerja, ataupun dengan client perusahaan.

Mengapa hal ini penting? Karena karyawan yang mampu untuk berkomunikasi dengan baik akan dapat menjelaskan ide serta gagasannya dengan jelas dan tidak berbelit-belit. Kepercayaan diri yang tinggi juga membuatnya dapat menjadi orang yang bisa diandalkan oleh perusahaan ketika menghadapi client. Oleh karena itu, pilihlah calon karyawan fresh graduate yang mempunyai kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik ketika menyeleksi calon pekerja di kantor anda.

Aplikasi Absensi Online Boss pintar


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.