Ingin Jadi HR Yang Professional ? Lakukan 5 Cara Ini
Share untuk berbagi kebermanfaatan
  • 3
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    3
    Shares

Anggapan bahwa seorang yang bekerja di bidang HR hanya bertugas untuk bertanggung jawab dan mengerjakan hal berkaitan dengan penghitungan gaji karyawan, rekruitmen karyawan baru, pajak, asuransi dan hal lain yang berkaitan dengan fasilitas untuk karyawan. Mungkin asumsi tersebut ada benarnya, tetapi tugas dan tanggung jawab seorang HR tidak berhenti sampai disitu saja.

Sebagai tulang punggung dari perusahaan, HR yang professional dituntut untuk mampu menjadi penghubung antara karyawan dan manajer, bahkan dengan pimpinan atau pemilik perusahaan sekalipun. Di lain sisi, divisi HRD juga dituntut untuk mampu memastikan semua bagian divisi dan produktivitas perusahaan berjalan dengan lancar sesuai yang diinginkan perusahaan, serta mampu untuk mendukung hak-hak yang wajib dimiliki oleh karyawan.

Oleh karena itu dibutuhkan skill khusus untuk dapat menjadi seorang HR yang professional dan mampu diandalkan oleh perusahaan. Untuk menjadi seorang HR yang professional anda bisa menerapkan 5 hal ini.

Kenali semua bagian agar jadi seorang penasehat yang baik

Untuk menjadi seorang HR yang baik tidak bisa dilakukan hanya dengan duduk di balik meja sambil menunggu datang laporan dari karyawan saja, tetapi juga harus dapat lebih aktif melakukan pengawasan dan mengawasi masalah-masalah yang dihadapi oleh manajer, peduli terhadap karyawaan serta mampu menerima tantangan untuk dapat mengembangkan bisnis. Dengan bertindak seperti itu maka seluruh karyawan beserta manajer mampu terhubung untuk menjalankan seluruh fungsionalitas perusahaan dengan cara yang lebih baik.

Mampu bekerja secara terorganisir

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa untuk menjadi seorang HR yang professional anda harus bisa bertanggung jawab dalam menangani banyak hal. Oleh karena itu HR professional harus mampu bekerja secara terorganisir untuk menangani berbagai hal dan tanggung jawab. Untuk dapat melakukannya dibutuhkan aplikasi yang dapat membantu memudahkan pekerjaan seorang HR. Salah satu software HRD terbaik yang dapat membantu tim HRD adalah APS HRD SYSTEM.

Dengan menggunakan aplikasi HR anda akan terbantu dalam pencatatan data administrasi karyawan dengan lebih efektif, mulai dari penggajian, proses absensi, pajak dan BPJS, penghitungan lembur serta banyak hal lainnya seputar dengan administrasi karyawan. Tentu saja dengan hal tersebut, anda sebagai HR dapat menghemat waktu dan bisa lebih fokus menggunakan sisa waktu tersebut untuk hal lain yang lebih penting.

Ketahui tren yang terjadi di kantor

Banyak perubahan yang akan terjadi didalam dunia bisnis, hal ini karena bisnis merupakan industri yang dinamis. Untuk menjadi seorang HR professional anda harus mampu untuk selalu mencari tahu setiap perubahan yang terjadi pada perusahaan terutama perubahan yang dapat mempengaruhi nasib karyawan. Jika sebuah tren baru dirasa mampu untuk bisa meningkatkan produktivitas dan kinerja karyawan di kantor, maka tidak perlu takut untuk mencobanya. Tetapi tentu saja hal tersebut tidak boleh bertentangan dengan peraturan dan kebijakan kantor.

Dengan tetap selalu mengetahui tren bisnis terbaru, maka anda akan dilihat sebagai HR yang fleksibel dan punya pola pikir terbuka. Dengan begitu karyawan pun tidak akan segan untuk menyapa dan datang kepada anda jika ada masalah atau ide untuk disampaikan.

Luangkan waktu untuk meningkatkan karir

Meskipun anda sibuk menjadi seorang HR yang professional, sempatkanlah sedikit untuk memperhatikan peningkatan karir anda. Paling tidak sempatkan waktu satu jam perminggu untuk melakukan hal yang berguna untuk peningkatan karir. Contohnya seperti memeriksa CV atau resume agar tetap up to date, memeriksa akun sosial media professional seperti LinkedIn dan meminta rekomendasi oleh rekan atau teman yang mampu untuk mengoptimalkan dan membuat profil anda semakin baik, serta perbanyak jaringan saat sedang istirahat makan siang atau saat makan malam dengan orang yang kemungkinan dapat berguna sebagai pemberi pekerjaan yang lebih baik di lain hari. Anda juga bisa mempelajari beberapa teknologi yang bermanfaat untuk divisi HR seperti aplikasi HR hingga yang terkini adalah aplikasi absensi mobile yaitu Boss pintar.

Menjadi penengah konflik

Dalam banyak kejadian yang pernah terjadi, seorang HR professional sering berhadapan dengan situasi yang sifatnya cenderung abu-abu. Contohnya ketika terjadi sebuah konflik antar karyawan, anda bisa saja kesulitan untuk menganalisa apakah permasalaha tersebut merupakan sebuah diskriminasi atau pelecahan. Oleh karena itu penting bagi seorang HR untuk dapat mengambil keputusan yang tepat dalam bertindak serta mengetahui kapan harus meminta pertolongan manager. Secara langsung anda diwajibkan untuk dapat belajar cara bernegosiasi dalam mengatasi konflik yang terjadi agar kedua belah pihak merasa puas atas keputusan yang diambil oleh anda.

Baca juga : Mudahnya Monitoring Pekerja Lapangan Dengan Aplikasi BOSS

Kesimpulannya, menjadi seorang HR bukan hanya mengurusi persoalan absensi karyawan dan melakukan perhitungan gaji, tetapi dibutuhkan beberapa skil yang mumpuni agar dapat menjadi seorang HR professional yang mampu membuat perusahaan terus maju.

APS HRD SYSTEM - SOFTWARE HR TERBAIK


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  • 3
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    3
    Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.