Salah satu tugas hrd adalah membuat perencanaan dan serta merancang aktivitas yang sistematis pada organisasinya untuk mendapatkan hasil maksimal dari aktivitas bisnis yang dijalankan. Proses ini melibatkan pengembangan skill karyawan melalui pengembangan organisasi serta pelatihan khusus. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kinerja karyawan. Tiga bidang utama sumber daya manusia mencakup manajemen sdm, peningkatan kualitas dan pengembangan karir. Dalam artikel ini akan kami basah fungsi utama HRD dalam memajukan perusahaan.
Adapun Fungsi Utama HRD Dalam Memajukan Perusahaan
1. Pengembangan & Pelatihan
Pengembangan dan pelatihan bertujuan meningkatkan keterampilan dan merubah atau memperbaiki sikap karyawan. Sementara itu, pelatihan memberikan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan tertentu kepada karyawan, kegiatan pengembangan ini berfokus pada persiapan karyawan untuk bertanggung jawab pada pekerjaannya dengan meningkatkan kemampuan seorang karyawan agar melakukan tugas pekerjaan dengan cara yang lebih baik. Kegiatan pengembangan dan pelatihan ini dimulai sejak karyawan bergabung dengan perusahaan. Setelah karyawan tersebut mahir, selanjutnya tugas HRD berfokus pada pengembangan melalui metode seperti pembinaan dan konseling.
Baca Juga:
2. Pengembangan Organisasi
Pengembangan organisasi adalah proses meningkatkan efektivitas perusahaan bersama dengan kesejahteraan anggotanya dengan terencana dan terstruktur. Dengan perubahan kecil dan besar yang diimplementasikan untuk mencapai pengembangan organisasi. Perubahan besar dimaksudkan untuk meningkatkan efektivitas keseluruhan organisasi, perubahan kecil ditujukan untuk individu dari kelompok kecil. Perubahan mendasar merupakan program yang melibatkan karyawan untuk mencapai ekspektasi kerja, pelaporan, prosedur dan sistem yang diharapkan untuk meningkatkan efektivitas perusahaan. Menurut kami HRD yang profesional adalah seorang yang bertindak sebagai agen perubahan di dalam perusahaan. Seorang HRD sering berkonsultasi dan memberikan nasihat kepada manajer yang mengimplementasi strategi yang diterapkan bahkan kadang terlibat secara langsung dalam menerapkan strategi tersebut.
3. Pengembangan Karir
Ini merupakan proses yang berkelanjutan dimana seorang karyawan ingin mengembangkan karirnya dalam perusahaan yang memiliki problematika yang relatif unik. Pengembangan karir terdiri dari dua proses yang berbeda. Perencanaan karir dan manajemen karir. Perencanaan karir melibatkan kegiatan yang harus dilakukan oleh karyawan, seringkali dengan bantuan konselor dan lainnya, untuk menilai kemampuan dan keterampilan dalam rangka menyusun rencana karir yang realistis. Sedangkan manajemen karir melibatkan beberapa tahap yang dibutuhkan untuk menjalankan rencananya. Manajemen karir umumnya berfokus pada tahap yang organisasi tetapkan.
Gunakan Software Untuk Mempermudah
Dengan menggunakan software HRD terbaik anda bisa menerapkan program pengembangan karyawan dan perusahaan lebih mudah dan efektif. APS HRD System memiliki fitur yang lengkap yang bisa anda terapkan diperusahaan anda. Software HRD terbaik ini akan memberikan hasil yang bisa anda gunakan untuk mengukur efektivitas dari program pengembangan yang anda terapkan. Gunakan sekarang juga.