Aplikasi Absensi Online Boss pintar
Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Ada banyak cara untuk melihat kedisiplinan karyawan, mulai dari caranya bekerja hingga melihat dari tingkat kehadiran atau absensi selama bekerja diperusahaan. Absensi adalah salah satu acuan yang sangat tepat digunakan untuk melakukan penilaian ketaatan karyawan terhadap peraturan perusahaan. Dengan absensi perusahaan dapat melihat karyawan mana yang benar-benar semangat dalam bekerja dan mana yang tidak, contohnya dengan melihat waktu hadir setiap karyawan di kantor.

Baca juga: Boss Pintar Software Absensi Karyawan Gratis

Ada banyak metode absensi yang digunakan oleh perusahaan, mulai dari absensi manual, absensi menggunakan mesin ceklok, dan menggunakan model absensi menggunakan fingerprint. Metode absensi menggunakan fingerprint adalah salah satu metode absensi yang paling sering digunakan oleh perusahaan baik di Indonesia dan di seluruh dunia. Namun absensi karyawan menggunakan metode fingerprint memiliki satu kelemahan yang besar yaitu tidak dapat dipasang disembarang tempat. Biasanya mesin absensi fingerprint akan diletakkan didalam kantor dan digunakan ketika karyawan datang dan pulang kerja.

Penggunaan absensi menggunakan fingerprint menjadi masalah bagi karyawan yang bekerja dilapangan atau tidak dikantor misalnya seperti sales promotion girl SPG yang bekerja disalah satu produk elektronik. Tentu saja perusahaan brand yang menggunakan jasa SPG tersebut tidak dapat memasang alat fingerprint dilokasi SPG ditempatkan. Alhasil biasanya perusahaan akan mencatatat kehadiran karyawan tersebut menggunakan sistem absensi secara manual. Tentu saja dengan menggunakan sistem absensi manual akan sangat mudah di manipulasi. Sehingga data absensi karyawan yang didapat oleh perusahaan mungkin saja sudah dimanipulasi oleh karyawan tersebut. Selain itu, data absensi tidak bisa didapatkan secara realtime.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Kantor Harus Punya Aplikasi Absensi

Untuk mengatasi hal tersebut, perusahaan dapat menggunakan teknologi yang dapat dipakai untuk melakukan absensi kehadiran karyawan tanpa dimanapun dan kapanpun, yaitu dengan menggunakan absensi online. Aplikasi absensi online adalah sebuah teknologi yang dapat memungkinkan karyawan melakukan absensi tanpa harus menggunakan mesin berbentuk fisik seperti mesin fingerprint. Karyawan hanya perlu memberikan informasi lokasi, waktu, dan tempat berada lalu kemudian dikirim secara realtime. Selain itu, agar karyawan tidak dapat melakukan kecurangan saat melakukan absensi, karyawan juga diharuskan untuk mengirimkan foto dirinya saat berada dilokasi kerja. Dengan begitu data yang masuk akan dapat langsung diolah dan kemudian dijadikan data absensi oleh HRD. Lalu apa saja keuntungan menggunakan sistem absensi online? Berikut ulasannya.

Absensi online dapat mengurangi biaya penggunaan mesin fingerprint

Coba bayangkan jika sebuah perusahaan harus menyediakan mesin fingerprint di tiap-tiap tempat SPG nya bekerja, tentu akan sangat memakan biaya. Misalnya sebuah perusahaan mempekerjakan 50 SPG, tentu jika masih menggunakan absensi fingerpint, perusahaan harus menyediakan mesin fingerprint di setiap tempat. Bayangkan ada berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan perusahaan hanya untuk menyediakan mesin fingerprint yang digunakan untuk melakukan absensi karyawannya. Absensi online tentu akan sangat membantu permasalahan ini. Absensi online hanya membutuhkan smartphone milik karyawan sebagai tempat untuk pencatatan absensi, tentu saja hal ini sangat mudah jika dibandingkan menggunakan mesin fingerprint.

Baca juga: Mudahnya Monitoring Pekerja Lapangan Dengan Aplikasi BOSS

Absensi online dapat mengurangi potensi kecurangan yang dilakukan karyawan

Data yang didapat melalui absensi online akan diolah secara langsung atau realtime sehingga hasilnya akan sama seperti informasi yang dihasilkan melalui mesin abseni kantor. Tentu saja hal ini akan sangat mengurangi kemungkinan terjadinya kecurangan yang dilakukan oleh karyawan terhadap data absensinya. Selain itu dengan menggunakan absensi online akan mengurangi potensi kecurangan titip absen. Ini terjadi karena setiap karyawan memiliki identitas atau akunnya sendiri sehingga tidak mungkin untuk dipakai oleh orang lain.

Absensi online dapat mempermudah analisa kinerja karyawan

Data realtime yang didapat melalui absensi online akan memberikan manfaat bagi perusahaan untuk melakukan evaluasi dan mengajalisa kinerja karyawan. Dengan menggunakan absensi online, data kedatangan karyawan akan langsung tersimpan didalam database kantor, sehingga kantor tidak perlu melakukan rekap absensi karyawan yang tidak bekerja dikantor. Data kehadiran ini dapat dijadikan salah satu poin penilaian karyawan.

Baca juga: Dengan Aplikasi BOSS, Kini Absensi Karyawan Semakin Mudah

Absensi online akan meningkatkan kinerja karyawan

Tentu akan melelahkan dan sulit untuk dilakukan jika karyawan lapangan harus datang kekantor setiap hari hanya untuk melakukan absensi kehadiran, selain itu waktu karyawan juga akan terbuang banyak karena harus datang kekantor terlebih dahulu sebelum menuju tempat kerja. Sebaliknya, jika menggunakan absensi online maka waktu yang digunakan untuk melakukan absensi di kantor dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja mereka dilapangan. Dengan absensi online tentu tidak akan ada waktu yang terbuang sia-sia.

Penggunaan absensi online pada perusahaan tentu akan sangat membantu perusahaan dalam hal yang berkaitan dengan absensi karyawan. Apalagi biaya yang diperlukan tergolong sedikit dan tidak memerlukan biaya perawatan. Untuk itu tidak ada salahnya jika perusahaan menggunakan sistem absensi online sebagai pengganti mesin fingerprint. Bagi perusahaan yang tertarik untuk menggunakan absensi online maka anda dapat menggunakan BOSS PINTAR aplikasi absensi online gratis yang sangat berguna bagi perusahaan dan memiliki banyak fitur menarik didalamnya. Dengan menggunakan BOSS PINTAR anda dapat melacak keberadaan karyawan lapangan dengan mudah melalui smartphone maupun melalui dashboard yang telah disediakan oleh BOSS PINTAR di halaman web resmi. Tertarik mencobanya? Silahkan klik gambar dibawah!

Boss pintar


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>