Usaha kecil dan menengah atau yang biasa dikenal dengan UKM merupakan usaha yang banyak dilakukukan oleh orang-orang belakangan ini. Banyak sekali orang yang awalnya bekerja sebagai karyawan dikantor memilih untuk beralih profesi membuka usaha kecil. Tentu saja ada banyak peluang usaha yang dapat dilakukan mengingat di era teknologi seperti sekarang, sangat mudah mencari informasi dan peluang usaha.
Tidak hanya itu saja, perkembangan teknologiĀ yang semakin pesat juga sangat membantu UKM yang usahanya sedang berkembang. Salah satu contohnya adalah mudahnya melakukan pemasaran karena sudah banyak platform yang menyediakan tempat bagi UKM di Indonesia untuk menjual produknya. Tidak hanya itu saja, UKM yang berkembang tentu akan membutuhkan banyak tenaga kerja dan banyaknya tenaga kerja yang dipekerjakan UKM tentunya membutuhkan perhatian khusus agar segala proses yang berkaitan dengan pekerja dapat berjalan dengan baik.
Solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan sistem payroll atau yang biasa dengan HRIS. Human Resource Information System (HRIS) adalah sebuah teknologi yang akan memudahkan HRD dalam melakukan segala proses berkaitan dengan karyawan. Umumnya software payroll atau HRIS digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar karena akan memudahkan proses perhitungan gaji karyawan yang jumlahnya tidak sedikit. Meskipun begitu, bagi anda pemilik Usaha Kecil dan Mengah (UKM) juga dapat menggunakannya karena ada salah satu produk HRIS yang sangat cocok digunakan oleh UKM adalah APS HRD SYSTEM.
Sebenarnya apa saja fitur penting yang harus ada didalam aplikasi payroll yang nantinya digunakan oleh UKM? Untuk mengetahuinya, berikut adalah fitur atau ciri yang harus ada didalam software payroll UKM.
Mudah untuk digunakan
Software payroll yang mahal dan memiliki segudang fitur memang sangat menjanjikan namun bukan berarti hal tersebut akan cocok dengan usaha yang anda miliki. Karena biasanya software payroll yang memiliki segudang fitur akan sangat sulit untuk digunakan mengingat berbagai fitur kompleks didalamnya sangatlah rumit untuk dipelajari. Oleh karena itu pastikan anda memilih software payroll yang mudah untuk digunakan.
Fleksibel dan dapat mengikuti sesuai keinginan
Tidak banyak software payroll yang memiliki fitur sesuai dengan apa yang diinginkan oleh UKM, hal ini karena biasanya pembuat software hanya mengutamakan keperluan untuk perusahaan besar. Tentu saja hal ini akan menyulitkan UKM karena tidak dapat menemukan softare payroll yang sesuai dengan kebutuhannya. Untuk mengatasi hal tersebut, anda dapat mencari software payroll yang memiliki fitur fleksibel dan bisa diatur sesuai dengan kebutuhan yang anda inginkan. Dengan begitu, UKM yang anda miliki dapat berjalan dengan lancar.
Harga yang terjangkau
Sebagai UKM, tentunya anda harus bisa sebisa mungkin menghemat pengeluaran agar keuangan perusahaan tidak menipus. Untuk itu anda harus memilih software payroll yang memiliki harga murah agar pengeluaran perusahaan tidak membengkak. Selain itu juga pastikan anda memilih software payroll yang memiliki sistem pembayaran pertahun ketimbang perbulan. Hal ini agar anda tidak perlu pusing memikirkan tagihan setiap bulannya yang harus dikeluarkan untuk membayar software payroll.