Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

LinkedIn adalah jejaring sosial yang sering digunakan oleh pencari kerja untuk membangun portfolio diri sendiri atau self branding agar dapat menarik perusahaan untuk merekrut dirinya sebagai karyawan di dalam perusahaan. Banyak perusahaan besar menggunakan media sosial LinkedIn sebagai alat rekruitmen calon karyawan profesional. Sebagai seorang HRD tentu anda juga harus dapat menemukan calon karyawan profesional, salah satu cara efektifnya adalah dengan menggunakan LinkedIn.

Dengan menggunakan LinkedIn, anda akan menemukan berbagai macam calon karyawan dengan keunggulan yang berbeda-beda. Anda juga dapat melakukan filtering dengan melihat kebiasaan yang dilakukan oleh calon karyawan didalam LinkedIn yang dimilikinya, dengan begitu anda akan menemukan calon karyawan yang benar-benar cocok untuk mengisi posisi kosong didalam perusahaan. Lalu bagiamana cara melakukan rekruitmen karyawan baru menggunakan LinkedIn? Simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga: Manfaat Tes Psikotes Saat Melakukan Rekruitmen Karyawan Baru

Bagaimana cara rekrutmen dengan LinkedIn ?  Mengapa harus melalui social media ini? LinkedIn merupakan jejaring sosial bagi profesional untuk mempromosikan brand dan juga memiliki potensi untuk menjadi media rekrutmen dalam mencari sumber daya manusia yang berkualitas.

Membuat halaman showcase perusahaan

Meskipun anda adalah perusahaan rintisan yang masih memiliki jumlah karyawan sedikit, anda harus memiliki showcase page agar para pencari kerja mengetahui informasi terbaru mengenai perusahaan anda. Dengan membuat halaman showcase, pencari kerja akan mengetahui apa bisnis yang anda jalankan, selain itu dengan membuat showcase page juga akan berguna untuk perusahaan bisa saling berkomunikasi dan mengupdate informasi terbaru kepada klien atau calon karyawan.

Baca juga: Beralih Ke Sistem Payroll? Ini Hal Yang Harus Dipersiapkan

Mengoptimisasi profile LinkedIn

Cara kedua yang dapat anda lakukan adalah dengan melakukan optimisasi pada profil LinkedIn perusahaan. Banyaknya orang yang mencari berdasarkan niche atau lokasi yang sama, sehingga dapat anda manfaatkan agar pencari kerja dapat dengan mudah mencari profil LinkedIn perusahaan. Anda dapat menggunakan keyword yang relevan sesuai dengan bisnis anda dan keyword yang banyak dicari oleh pencari kerja. Agar dapat mengoptimisasi keyword, anda harus melalukan research terlebih dahulu mengenai headline, job title dan summary profile pada perusahaan. Gunakanlah kata kunci yang berkaitan dengan industri, lokasi dna nama perusahaan.

Ubah pengaturan privasi LinkedIn

Setiap pembaharuan atau update yang terjadi didalam profile LinkedIn perusahaan akan terlihat oleh setiap jaringan yang saling terhubung dengan LinkedIn perusahaan tentu saja hal ini akan membuat banyak orang yang akan merasa terganggu dan memilih untuk memutuh hubungan dengan profile anda. Untuk itu anda dapat mengatur privasi didalam profile LinkedIn agar tidak membuat orang lain terganggu, beberapa hal yang harus anda ubah privasinya adalah Activity Broadcast, People Has Seen Your Profile, dan Koneksi Pada Profil. Dengan menyembunyikan beberapa hal tersebut, setiap orang yang terhubung dengan LinkedIn perusahaan anda tidak akan merasa terganggu dan membuat lebih banyak orang lagi bergabung dengan profile anda.

Baca juga: Cara Efektif Rekruitmen Karyawan Menggunakan Employer Branding

Memasang iklan lowongan pekerjaan

Tentu saja dengan memasang iklan lowongan pekerjaan artinya anda harus membayar sejumlah uang kepada pihak LinkedIn. Sebenarnya cara ini tidak harus dilakukan jika perusahaan anda tidak memiliki budget yang cukup untuk melakukan rekruitmen karyawan. Namun dengan memasang iklan lowongan kerja, akan lebih banyak orang yang melihat dan tertarik dengan perusahaan anda karena lebih banyak orang yang dapat menjangkau profile LinkedIn perusahaan anda.

Terus aktif menggunakan LinkedIn

Pastikan anda terus aktif dalam menggunakan Linkedin, lihat apa yang terjadi pada setiap jaringan anda. Jangan lupa juga untuk tetap update informasi terbaru berkaitan dengan perusahaan anda agar jaringan dapat melihat feed yang anda buat. Dengan begitu profile anda akan tetap dikunjungi oleh pencari kerja. Selain itu, anda dapat bergabung dalam satu atau dua grup dibandingkan gabung kedalam banyak grup. Karena jika anda bergabung dengan banyak grup akan sulit untuk menemukan diskusi yang berkualitas.

Baca juga: Manfaat Membuat Form Penilaian Kinerja Karyawan

Lihat analitik LinkedIn anda

LinkedIn memberikan fitur analitik yang dapat anda gunakan untuk melihat informasi yang sangat bermanfaat. Anda dapat melihat siapa saja yang membaca postingan anda, melihat bagaimana performa profil anda. Selain itu anda juga dapat melihat apa saja yang konten dan informasi yang sering dibaca oleh orang banyak serta demografik dari jaringan atau follower yang anda miliki.

APS HRD SYSTEM - SOFTWARE HR & PAYROLL TERBAIK


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>