Cara Meningkatkan Kedisplinan Karyawan
Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Untuk menjamin keberhasilan dari sebuah usaha, dibutuhkan pelayanan dan kinerja yang baik agar keberhasilan tersebut tercapai. Oleh karena itu seorang pelaku usaha atau atasan harus dituntut untuk dapat produktif saat menjalankan usahanya. Tentu saja sang atasan juga harus dapat mendorong agar karyawannya dapat melakukan hal yang sama denganya.

Ketika kedisiplinan dari karyawan itu terjadi, maka sudah pasti usaha yang anda bangun akan menjadi lebih positif lagi kedepannya. Kedisplinan tersebut termasuk disiplin terhadap waktu, mampu menyelesaikan tugas dan tanggung jawab, mampu bekerja sama dengan tim dan hal-hal lainnya.

Tidak dapat dihindarkan lagi jika semua orang pasti pernah merasa bosan, terutama bagi para pekerja atau karyawan.  Seorang karyawan yang melakukan rutinitas yang sama secara berulang-ulang beserta tekanan yang didapat dari atasan tentu akan merasakan jenuh dan lelah dengan segala rutinitas yang dilakukannya. Tentu tidak ada yang ingin hal tersebut menimpa karyawan anda. Oleh karena itu anda harus mampu menganalisa gejala dari karyawan yang malas.

Lalu bagaimana caranya bagi seorang HR atau pemilik perusahaan untuk dapat meningkatkan kedisplinan terhadap karyawannya? Berikut ini adalah panduan yang dapat dilakukan untuk mengembalikan produktivitas dan kedisplinan pada karyawan.

Buatlah lingkungan kerja yang kondusif

Setiap karyawan berharap mempunyai lingkungan kerja yang nyaman, bersih serta kondusif. Pekerjaan pun akan lebih produktif ketika lingkungan kerjanya bersih dan kondusif. Selain itu karyawan dapat berekpresi dan memberikan ide baru yang tentu baik untuk usaha anda. Anda dapat menyediakan beberapa fasilitas tidak biasa ada dikantor seperti menyediakan fasilitas olahraga ringan dan memberikan jam istirahat yang cukup agar karyawan dapat menenangkan pikirannya sejenak.

Baca juga : Solusi Cara Mengatasi 7 Permasalahan Yang Sering Dihadapi Tim HR

Lakukan latihan secara berkala

Untuk meningkatkan disiplin dari seorang karyawan juga dapat dilakukan dengan cara memberikan pelatihan terhadap karyawan secara berkala. Pelatihan bagi karyawan ini berguna untuk menyegarkan pikiran mereka tentang pekerjaan dan tanggung jawab yang harus dilakukan selain itu juga berfungsi untuk menambah skill agar karyawan dapat bekerja dengan motivasi yang tinggi dan kinerja yang mumpuni.

Berikan sistem reward dan punishment

Dengan membuat banyak peraturan tentu dapat meningkatkan kedispinan karyawan. Tetapi ketika peraturan tersebut sudah terlalu ketat tentu dapat membuat karyawan menjadi stress, contohnya peraturan yang mengatur tentang keterlambatan karyawan, bagi karyawan yang terlambat 5 menit dari jam hadir yang ditentukan, karyawan akan mendapatkan SP1.

Akan menjadi lebih bijak jika anda menggunakan cara yang tidak terlalu mengekang karyawan anda seperti sistem reward dan punishment. Contohnya ketika seorang karyawan melakukan hal yang baik bagi perusahaan maka karyawan tersebut akan diberikan reward atau hadiah, sementara bagi karyawan yang melakukan pelanggaran peraturan maka karyawan tersebut akan mendapatkan hukuman atau punishment sesuai dengan yang telah disepakati bersama, misal, seorang karyawan yang terlambat 5 menit dari jam hadir akan dikenakan hukuman sanksi denda tidak mendapatkan jatah makan siang dari kantor. Hal ini bertujuan untuk memberikan motivasi kepada karyawan agar dapat lebih disiplin lagi.

Baca juga : Mengenal BIS Accounting System, Software Akuntansi Terbaik

Penerapan Teknologi

Penerapan teknologi kini memiliki dampak yang besar terhadap kedisiplinan karyawan, karena dengan adanya teknologi semua sudah diatur oleh system dan tidak ada kata kompromomi saat bicara tentang sebuah system digital. Contohnya anda dapat menggunakan aplikasi BOSS PINTAR sebagai mesin absensi karyawan anda. Aplikasi ini berbasis mobile dan memiliki keamanan yang cukup tinggi. Karena aplikasi menggunakan teknologi GPS, maka karyawan hanya akan dapat melakukan proses absensi ketika dia telah berada pada tempat yang telah di tentukan sementara. BOSS PINTAR juga dapatr digunakan untuk melacak keberadaan karyawaan anda, seperti yang telah kami jelas di artikel yang berjudul : Mudahnya Monitoring Pekerja Lapangan Dengan Aplikasi BOSS.

Anda juga dapat menggunakan Software HR Terbaik seperti APS HRD SYSTEM. Software ini mampu mempermuda kerja HR baik dalam proses penggajian, pemotongan , izin cuti dan hal-hal lainnya yang biasa di kerjakan oleh divisi HR.

APS HRD SYSTEM - SOFTWARE HR TERBAIK


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>