Cara Mengetahui Calon Karyawan Yang Hanya Mementingkan Gaji
Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Pada dasarnya tujuan dari orang bekerja adalah untuk mencari uang dan untuk memenuhi kebutuhan hidup dirinya maupun keluarganya. Tetapi selain itu juga ada yang bekerja karena passion atau minat bekerja pada bidang tertentu. Ada banyak kejadian dimana para calon karyawan yang melamar ke perusahaan tertentu hanya untuk mengincar gaji serta fasilitas yang diberikan perusahaan tersebut saja. Apalagi jika perusahaan tersebut adalah perusahaan yang terkenal sebagai perusahaan yang memberikan gaji cukup besar serta memberikan fasilitas penuh kepada setiap karyawaannya.

Agar dapat menghindari kemungkinan calon karyawan yang hanya mementingkan gaji serta fasilitas saja, anda harus melakukan tahapan seleksi karyawan yang benar serta mengikuti beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengetahui apakah calon karyawan tesebut merupakan jenis pekerja yang hanya ingin bekerja karena gaji yang tinggi serta fasilitas yang diberikan atau karyawan yang bener-benar mau untuk bekerja dengan baik di perusahaan anda. Untuk itu mari simak sama-sama.

Baca juga: 3 Langkah Mudah Menemukan Bakat Terpendam Pelamar

Cari tahu tujuannya masuk ke perusahaan anda

Cara yang paling tepat untuk mengetahui apakah calon karyawan tersebut hanya mementingkan gaji adalah dengan melakukan pembicaraan seputar pengalaman kerja, cocok atau tidaknya dengan posisi yang nantinya akan diduduki dalam perusahaan serta tujuan atau passion calon karyawan tersebut dengan pekerjaan yang akan diterimanya. Dengan menanyakan beberapa hal seperti diatas akan memberikan anda sedikit gambaran tentang bagaimana minat dan tujuan dari calon karyawan.

Calon karyawan yang lebih mementingkan gaji tinggi serta fasilitas yang diberikan oleh kantor akan lebih cenderung fokus pada apa yang nantinya akan mereka terima dari perusahaan anda. Biasanya calon karyawan yang mempunyai tipe seperti ini akan kesulitan ketika ditanyai untuk menjelaskan tentang minatnya terhadap perusahaan dan jabatan yang di pilih karena motivasi atau niatnya untuk bisa bergabung ke perusahaan anda hanyalah karena gaji yang besar saja.

Baca juga: Ingin Jadi HR Yang Professional ? Lakukan 5 Cara Ini

Cari tahu riwayat pekerjaannya

Sebenarnya seorang pekerja atau karyawan yang sering berpindah-pindah tempat kerja adalah hal yang wajar, karena bisa saja karyawan tersebut ingin menemukan pengalaman baru, suasana baru ataupun karena faktor lainnya. Teliti dengan tepat apa alasan mengapa calon karyawan tersebut kerap berpindah tempat kerja. Apabila perpindahannya karena masalah fasilitas dan gaji maka anda harus sedikit waspada. Tanyakan apa alasan dan ekspektasi untuk bekerja di perusahaan anda.

Baca juga: Pertanyaan Yang Cocok Untuk Calon Karyawan Millennial Ketika Wawancara

Agar dapat mengetahui seberapa besar komitmen para calon pekerja untuk dapat bekerja di perusahaan anda, anda bisa memberikan beberapa pertanyaan seperti “Apa yang akan anda lakukan 5 tahun mendatang?”, atau bisa juga dengan “Apa ekspektasi anda untuk bekerja di perusahaan kami?”.

Pada saat wawancara calon karyawan tersebut hanya fokus kepada gaji saja

Ketika seorang calon karyawan menanyai seputar gaji serta fasilitas yang akan ia dapat saat menjadi karyawan di perusahaan anda adalah hal wajar karena sebenarnya itu adalah hak mereka untuk mengetahuinya. Tetapi jika pertanyaan seputar gaji dan fasilitas yang akan didapatkan oleh si calon karyawan nantinya tetap terus menerus muncul di saat sesi awal wawancara kerja mungkin bisa jadi sebuah parameter apakah calon karyawan tersebut merupakan kandidat yang hanya mengincar fasilitas dan gaji yang tinggi dari perusahaan. Umumnya seorang calon karyawan yang mempunyai minat atau passion kepada pekerjaan yang dilamarnya akan mencoba untuk menanyakan seputar pekerjaan yang akan dikerjakan dan hal lain berkaitan dengan pekerjaan.

Baca juga: Kriteria Software Penggajian Karyawan Terbaik

Contohnya menanyakan seputar tanggung jawab yang nantinya akan dikerjakan jika sudah bekerja di perusahaan anda, menanyakan jenjang karir di perusahaan anda, atau menanyakan jatah cuti yang bisa ia dapatkan ketika bekerja di perusahaan anda. Jika pertanyaan yang diajukan oleh calon karyawan kebanyakan berkaitan dengan gaji ataupun fasilitas maka dapat dipastikan jika calon karyawan tersebut lebih mementingkan gaji ketimbang tanggung jawab untuk bekerja di perusahaan anda.

APS HRD SYSTEM - SOFTWARE HR TERBAIK


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>