Share untuk berbagi kebermanfaatan
  • 3
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    3
    Shares

Setiap karyawan yang bekerja dikantor tentu saja memiliki sifat dan karakter yang berbeda-beda, ada banyak karakter yang bisa ditemui didalam kantor, mulai dari karyawan yang senang bekerja keras, karyawan yang pendiam atau tidak banyak bicara hingga karyawan yang sulit untuk bisa diatur. Tentu saja hal ini adalah sebuah tantangan tersendiri bagi seorang HRD dalam bekerja karena tidak mudah mengatur dan membuat senang seluruh karyawan yang memiliki sifatnya masing-masing. Lalu bagaimana caranya mengatasi sifat karyawan yang berbeda tersebut terutama menangani sifat karyawan yang sangat sulit untuk diatur, untuk mengetahuinya, berikut adalah tips yang dapat anda lakukan.

Atur budaya dan kebiasaan saat bekerja

Budaya kerja merupakan hal yang sangat berpengaruh terhadap kinerja karyawan didalam kantor. Budaya perusahaan biasanya berbeda-beda disetiap perusahaannya. Ada perusahaan yang menerapkan budaya keras, ada perusahaan yang memiliki sistem tidak terlalu ketat dan ada juga budaya kerja yang buruk karena tidak adanya campur tangan dari HRD untuk memperbaiki budaya kerja.

Agar karyawan anda dapat bekerja sesuai dengan aturan yang ada didalam perusahaan, aturlah budaya kerja yang ada didalam perusahaan anda. Misalnya menerapkan aturan kerja yang sedikit ketat atau sedikit longgar tergantung kebutuhan, dan hal-hal kecil lainnya yang berkaitan dengan karyawan. Misalnya memberikan jatah makanan kepada setiap karyawan, membuat permainan kecil didalam perusahaan dan hal lain yang dapat membuat karyawan sulit diatur menjadi lebih mudah diatur.

Jadikan diri anda sebagai teladan karyawan

Jika anda mampu menjadikan diri anda sebagai contoh yang baik bagi perusahaan, tentu saja karyawan lain juga akan mengikuti jejak anda. Sebaliknya, jika anda memiliki sifat yang buruk misalnya selalu sering marah, tidak disiplin, emosional dan tidak dapat menjadi teladan bagi bawahan anda, tentu saja mereka pun akan meremehka anda dan memberikan sifat sulit diatur.

Terapkan sistem reward dan punisment kepada karyawan

Salah satu cara paling efektif untuk menangani karyawan yang sulit diatur adalah dengan menerapkan aturan reward dan punishment. Dengan menciptakan aturan seperti ini tentu bukan berarti anda adalah seorang pimpinan yang kejam tkarena memaksa karyawan untuk mengikuti aturan yang telah dibuat, namun agar karyawan mengerti jika kerja kerasnya akan terbayarkan oleh bonus yang akan diberikan. Sebaliknya, jika karyawan tersebut bermasalah maka tentu saja akan ada hukuman yang menimpa dirinya.

Aplikasi Absensi Online Boss pintar


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  • 3
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    3
    Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.