Boss Pintar - Aplikasi Absensi terbaik
Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Persoalan seputar kehadiran karyawan merupakan salah satu hal yang sangat berpengaruh terhadap produktivitas dari sebuah perusahaan. Selain itu persoalan kehadiran karyawan ini juga punya pengaruh yang besar terhadap masalah pengeluaran yang dihadapi oleh sebuah perusahaan. Supaya hal tersebut tidak  semakin besar dan membuat produktivitas perusahaan terganggu, ada baiknya pihak HR harus berupaya memanajemen hal tersebut, terutama bagi karyawan yang sudah terlalu sering dan kelewat batas. Lalu seperti apa cara untuk mengatasinya? Berikut beberapa tipsnya:

Hindari tekanan dan tingkatkan fasilitas kantor

Perlu diketahui budaya diperusahaan yang tidak sehat dapat mempengaruhi tingkat kehadiran absensi dari seorang karyawan. Sebuah perusahaan yang memberikan tekanan kerja yang sangat tinggi, lingkungan yang tidak kondusif untuk mengembangkan ide-ide baru membuat seorang karyawan menjadi tidak bersemangat untuk bekerja dan membuatnya sering melakukan absen tidak hadir.

Hal ini tentu harus diatasi oleh tim HR dengan cara meningkatkan fasilitas dan mengurangi beban kerja tinggi yang diberikan kepada masing-masing karyawan. Salah satu contohnya adalah dengan melakukan berbagai pelatihan kepada karyawan, dengan melakukan pelatihan-pelatihan kepada karyawan, hal itu akan berpengaruh untuk membuat kinerja dan kefektifan dari karyawan menjadi meningkat, sekaligus dapat membuat karyawan menjadi nyaman dan bersemangat saat bekerja.

Baca juga : Inilah Penyebab Karyawan Millennials Kehilangan Motivasi Kerja

Selain itu tim HR juga dapat memberikan fasilitas kepada karyawan agar karyawan tersebut dapat menyampaikan perihal kendalanya selama melakukan tugas dikantor. Dan kemudian HR dapat bersama-sama memberikan solusi dari masalah yang telah disampaikan oleh karyawan itu.

Berikan cuti bersama yang cukup

Tekanan kerja yang didapatkan karyawan seperti diatas merupakan salah satu faktor mengapa karyawan menjadi sering absen. Untuk dapat mengatasi hal tersebut anda dapat melakukan beberapa kebijakan seperti memberikan cuti bersama yang cukup kepada karyawan sehingga tingkat jenuh dan bosan yang dirasakan karyawan menjadi menurun. Maksud dari memberikan cuti bersama yang cukup ini adalah tim HR beserta pemilik perusahaan bisa bersama-sama merancang sebuah kebijakan untuk menambah libur bersama di waktu-waktu yang telah ditentukan, seperti long weekend atau hari diantara libur dua hari yang dapat disesuaikan dengan peraturan pemerintah yang mengatur cuti bersama.

Baca juga : 5 Hal Yang Harus Di Lakukan Saat Akan Cuti Liburan

Berikan fasilitas kesehatan yang baik

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa salah satu penyebab karyawan menjadi sering tidak hadir atau absen adalah karena tingkat tekanan kerja yang tinggi. Tekanan kerja yang tinggi dapat membuat karyawan menjadi stress sehingga dapat membuat karyawan tersebut menjadi sakit. Atau lingkungan kerja yang tidak bersih menyebabkan penyakit atau bakteri dapat dengan mudah menyerang sistem kekebalan tubuh karyawan, apalagi karyawan tersebut sedang dalam keadaan stress. Oleh karena itu tim HR harus membuat kebijakan memberikan program kesehatan yang baik agar hal tersebut tidak terjadi kepada karyawan. Contohnya seperti menyediakan penyaring udara di setiap pendingin ruangan yang ada dikantor, atau membuat program senam di saat weekend guna meningkatkan kekebalan tubuh serta meningkatkan keakraban antar karyawan.

Melakukan pengecekan kesehatan tiap bulannya juga merupakan hal yang bisa diberikan untuk benar-benar dapat menjaga kesehatan dan kesiapan kerja dari setiap karyawan yang ada dikantor. Dan jangan lupa juga untuk memberikan makanan yang bergizi serta bersih agar terhindar dari penyakit, namun hal ini dapat dilakukan jika perusahaan mempunyai kebijakan untuk memberikan makan siang gratis kepada setiap karyawan yang ada di kantor.

Baca juga : Mudahnya Monitoring Pekerja Lapangan Dengan Aplikasi BOSS

Amati absensi karyawan dengan tepat

Hal terakhir yang dapat dilakukan oleh tim HR adalah dengan menyelesaikan permasalahan absensi karyawan yang terlalu banyak. Tim HR dapat memilih untuk memperbolehkan seorang karyawan untuk absen atau tidak, walaupun sebenernya harus disadari bahwa hal tersebut tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Tim HR harus memiliki catatan absensi sebagai patokan untuk menentukan kebijakan terhadap karyawan yang absen.

Jika karyawan tersebut sudah mempunyai banyak absen, tentu pihak HR dapat melakukan haknya untuk menolak izin tidak hadir yang diberikan dari seorang karyawan ke HR dengan memberikan bukti kepada karyawan tersebut bahwa dirinya sudah terlalu banyak melakukan absen tidak hadir. Cara ini dapat dilakukan dengan cara manual seperti merincikan data absensi bulanan karyawan dengan kertas, atau tim HR juga dapat memanfaatkan aplikasi manajemen karyawan berbasis teknologi seperti BOSS PINTAR yang dapat membantu anda mempermudah memantau absensi karyawan diamana saja dan kapanpun hanya melalui smartphone anda. Dengan BOSS PINTAR anda dapat memantau keberadaan karyawan melalui sistem GPS yang ada di smartphone, selain itu karyawan dapat melakukan proses absensi kehadiran hanya dengan melalui smartphone android atau IOS miliknya,  karyawan hanya dapat melakukan absensi hadir saat berada di tempat yang sudah ditentukan oleh atasan.

Aplikasi Absensi Online Boss pintar


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.