- HRD

Cara Menganalisa Beban Kerja (Workload Analysis)

Salah satu yang sering diabaikan oleh perusahaan baru adalah ketidakpahaman mengenai jobdesk yang harus diberikan kepada karyawan. Sering sekali, manajer perusahaan merasa jobdesk yang diberiken ke karyawan terlalu sedikit sehingga menekan mereka untuk bekerja lebih keras. Hal ini memberikan tekanan lebih kepada karyawan. Maka perusahaan harus dapat menganalisa workload yang tepat.  Berikut ini beberapa cara menganalisis beban kerja karyawan.

1. Pendekatan Organisasi

Dari pendekatan organisasi diharapkan dapat memahami semua tugas dan fungsi dari satuan kerja dan berbagai hal lainnya yang terkait. Selain itu, pendekatan organisasi  bisa membuat karyawan mengerti akan sistem koordinasi yang dibutuhkan di setiap unit kerja. Jadi, setiap karyawan mengetahui tugasnya masing-masing.

Baca Juga:

2. Pendekatan Analisis Jabatan

Pendekatan analisis jabatan akan memberikan pemahaman mengenai jumlah, penempatan, hingga, penerimaan karyawan pada waktu yang telah ditentukan. Hal ini bisa digunakan sebagai dasar untuk promosi, reward, dan mutasi.

3. Pendekatan Administratif

Untuk pendekatan administratif diharapkan akan memberikan kebijakan organisasi dan berbagai hal lainnya yang terkait dengan administrasi pegawai.

Dari tiga pendekatan tersebut akan memberikan prespektif yang lebih luas, selanjutnya bisa dilakukan perhitungan beban kerja. Perhitungan beban kerja dengan landasan praktis empiris didasarkan pada pengalaman masa lalu dan penilaian yang bersifat objektif. Terdapat 2 sifat beban kerja yakni abstrak dan konkret.

Jika dilihat dari aturan pemerintah, maka jam kerja efektif adalah 5 jam perhari. Pada waktu 5 jam ini, bisa diketahui volume kerja standar yang bisa diraih.

Analisa kebutuhan pegawai, selain mencermati beban kerja yang bisa ditanggung oleh seorang karyawan, juga diperlukan menilik masalah beban tugas target ditetapkan.

APS HRD SYSTEM - SOFTWARE HR TERBAIK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.