Cara Menangani Mentalitas Karyawan Yang Menurun Di Tempat Kerja
Share untuk berbagi kebermanfaatan
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares

Seperti yang diketahui, setiap orang dewasa umumnya akan menghabiskan hampir separuh waktunya dalam sehari untuk bekerja. Entah itu menjawab telepon, bertemu dengan client ataupun mengerjakan pekerjaan kantor didepan komputer. Mengerjakan aktifitas yang berulang-ulang dan monoton tentu akan membuat jenuh dan berpengaruh terhadap mentalitas. Meskipun pekerjaan yang dijalani terlihat tidak teralalu berat bukan berarti tidak ada rasa jenuh dan depresi itu tidak ada. Apalagi jika pekerjaan yang dijalani tidak berhubungan langsung dengan orang banyak, pikiran-pikiran negatif, depresi akan lebih mudah merasuki karyawan.

Meskipun menjaga mentalitas karyawan merupakan hal yang sangat penting untuk memastikan efesiensi kerja tetap berjalan dengan baik, pada kenyataannya banyak perusahaan yang tidak memperhatikan mentalitas dari setiap karyawannya. Perlu anda perhatikan jika dengan memberi jaminan kesehatan dan tunjangan tidaklah cukup untuk dapat meningkatkan mentalitas karyawan. Untuk itu, pimpinan harus mampu memperhatikan faktor yang dapat menyebabkan menurunnya mentalitas karyawan yang dapat berimbas kepada turunnya tingkat produktivitas. Di rangkum dari hrinasia.com, berikut adalah tips yang dapat anda lakukan untuk menangani mentalitas karyawan yang menurun.

Baca juga: 5 Cara Menangani Konflik Di Tempat Kerja

Cari tahu penyebabnya

Untuk mengidentifikasi permasalahan mengenai mentalitas karyawan yang menurun sebenarnya terkadang akan sedikit sulit karena kita tidak bisa mengetahui secara jelas apa yang ada didalam hati atau benak karyawan yang mengalaminya. Tetapi sebagai seorang pimpinan anda dapat mengidentifikasi permasalahannya dengan mengamati tingkah laku dan gejalanya, misalnya seorang karyawan melakukan prilaku aneh seperti mudah marah, mood yang berubah-ubah, dan menurunnya produktivitas dalam bekerja. Jika anda melihat ada karyawan yang bertingkah seperti yang telah dijelaskan, maka anda perlu untuk mendekati dan melakukan tindakan lebih lanjut.

Mendiskusikan permasalahan pada karyawan

Ketika anda telah yakin dengan pengamatan yang telah dilakukan, maka langkah selanjutnya adalah berbicara langsung kepada karyawan mengenai permasalahan yang dirasakannya. Lakukanlah obrolan pribadi dengan karyawan, dengarkan apa yang jadi pokok permasalahannya. Dengan membuat karyawan bebicara tentang permasalahan yang dirasakannya maka akan membuat beban yang ada didalam diri menjadi keluar karena telah diceritakan. Jika masalah yang terjadi pada karyawan berhubungan dengan pekerjaan, anda dapat meminta dirinya memberi masukan tentang perbaikan lingkungan kerja yang diinginkan. Perhatikan juga apakah tekanan yang dirasakan bersumber dari atasan atau sesama rekan kerja agar anda dapat mengambil tindakan yang tepat mengenai permasalahan yang terjadi.

Baca juga: Manfaat Memberikan Pengenalan Dan Pelatihan Untuk Karyawan Baru

Berikan waktu untuk istirahat

Langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan memberi karyawan waktu untuk beristirahat dengan cara mengurangi beban kerja mereka, beban kerja yang terlalu tinggi dapat menyebabkan mentalitas yang sebelumnya sudah turun menjadi lebih turun karena tekanan kerja yang terus diberikan kepadak karyawan. Mungkin anda juga dapat memberikan waktu istirahat selama satu hari penuh kepada karyawan agar karyawan dapat sedikit menghilangkan beban yang ada didalam pikirannya.

Beri pelatihan kepada karyawan

Salah satu cara paling efektif untuk mengatasi mentalitas karyawan yang menurun adalah dengan melakukan training atau program pelatihan. Berbagai jenis program pelatihan dapat dilakukan untuk menumbuhkan kembali mentalitas karyawan yang sebelumnya menurun. Misalnya mengajak karyawan untuk seminar pelatihan kerja, mengajak seluruh karyawan untuk mengikuti outbound dengan tujuan untuk mempererat hubungan antar karyawan dan pelatihan lainnya.

Baca juga: 7 Hal Sederhana Ini Dapat Tingkatkan Kinerja Karyawan

Memperbaiki budaya perusahaan

Salah satu faktor yang bisa menyebabkan menurunnya mentalitas karyawan adalah budaya perusahaan yang buruk. Untuk itu, sebagai pimpinan tentunya anda harus bisa mengubah kebiasaan-kebiasaan buruk yang biasanya terjadi didalam perusahaan. Misalnya dengan memberi teguran kepada karyawan yang sering membuat permasalahan didalam perusahaan, menggangu rekan kerja dan menyebarkan gosip. Selain itu, menciptakan transparasi kepada karyawan juga dapat membuat tumbuhnya rasa kepercayaan karyawan terhadap perusahaan.

Sumber: hrinasia.com
Aplikasi Absensi Online Boss pintar


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>