Cara Memberhentikan Karyawan Dengan Bijak Dan Benar
Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Melakukan pemecatan kepada karyawan bukanlah sebuah hal yang mudah untuk dilakukan, karena anda sebagai atasan harus siap dengan segala reaksi karyawan ketika kalimat pemecatan itu diucapkan. Bisa saja karyawan yang anda pecat akan menangis, stres, kaget atau menanyakan dimana letak kesalahannya. Hal tersebut akan semakin sulit jika harus melakukan pemberhentian kerja kepada karyawan yang telah anda kenal lama dan telah memberikan kontribusi kepada perusahaan. Bagaimana tidak, seorang pimpinan yang telah kenal lama dan menjalin hubungan baik dengan karyawannya harus melakukan hal yang tidak menyenangkan kepada karyawan tersebut yaitu pemutusan kontrak kerja atau pemecatan, tentu hal itu sangat sulit untuk dilakukan.

Tetapi membiarkan karyawan yang tidak kompeten dan tidak dapat bekerja dengan baik bukanlah hal yang tepat untuk dilakukan. Sebagai seorang pimpinan anda harus dapat bertindak dengan profesional dan tidak mementingkan rasa iba, karena profesionalitas didunia kerja merupakan hal yang paling penting. Lalu bagaimana caranya untuk melakukan pemecatan kepada karyawan yang baik dan bijak? Berikut adalah ulasan yang dikutip melalui careeraddict, mari kita simak.

Baca juga: 5 Hal Ini Dapat Mempengaruhi Kinerja Karyawan Anda

Lakukan persiapan

Sebelum anda melakukan pemecatan kepada salah satu karyawan, pastikan anda konsultasi kepada pihak yang memiliki informasi lebih banyak tentang karyawan seperti Human Resource Division (HRD) terlebih dahulu. Cari tahu apakah karyawan tersebut benar-benar tidak dapat melakukan tugas nya dengan baik, melakukan kesalahan kerja, atau tidak mengikuti aturan kerja yang telah disepakati bersama. Oleh karena itu anda harus bekerja sama dengan tim HR untuk mencari tahu dan mengawasi tingkah laku karyawan.

Kumpulkan bukti

Untuk mempersiapkan segala kondisi yang mungkin saja akan terjadi ketika anda telah berbicara pemecatan kepada karyawan, maka anda harus mengumpulkan segala bukti untuk memperkuat alasan mengapa anda memecat karyawan tersebut. Biasanya karyawan yang telah dipecat akan mempertanyakan apa kesalahan yang dilakukannya sehingga menyebabkan pemecatan terjadi. Seperti penjelasan yang ada diatas dimana anda dapat berkomunikasi kepada HRD untuk mencari tahu kesalah apa yang terjadi, atau anda dapat bertanya kepada sesama rekan kerja tentang bagaimana kinerja karyawan tersebut.

Baca juga: Cara Meningkatkan Kedisplinan Karyawan

Lakukan pertemuan

Setelah anda berhasil mengumpulkan bukti dan mempunyai bukti kuat yang dapat dijadikan alasan pemecatan, segeralah untuk melakukan pertemuan dengan karyawan tersebut, karena ini adalah berita buruk atau hal yang tidak mengenakan jika didengar oleh orang lain, maka lakukanlah pertemuan secara privat atau berdua saja. Jika diperlukan saksi, maka bawalah beberapa orang saja.

Sampaikan dengan singkat

Sampaikan kata-kata pemecatan dengan jelas dan singkat, jangan gunakan kalimat yang bertele-tele karena akan membuat karyawan menjadi bingung. Berikan penjelasan mengapa dirinya sampai harus dipecat, ceritakan kesalahan-kesalahannya yang terjadi ketika bekerja diperusahaan. Anda harus tetap profesional dengan tidak membawa hati atau rasa iba kedalam proses penyampaian kepada karyawan. Jangan terlalu sering menggunakan kata maaf, karena akan membuat diri anda seperti orang yang plinpan dan tidak bisa mengambil keputusan, tentu saja jika anda adalah seorang pimpinan yang bijak, pasti tidak ingin terlihat seperti itu.

Baca juga: Mengatasi Kinerja Karyawan Yang Menurun

Lakukan di saat yang tepat

Banyak orang mengatakan jika waktu yang tepat untuk memberitahu pememecatan karyawan adalah di awal pekan atau hari senin, alasannya karena jika pemecatan dilakukan di hari senin maka karyawan masih memiliki waktu 6 hari untuk mencari pekerjaan baru dan mempunyai waktu untuk membereskan pekerjaannya serta berpamitan dengan rekan kerja di kantor. Tetapi ada juga yang beranggapan jika waktu pemecatan yang tepat adalah di akhir pekan, alasannya agar karyawan dapat beristirahat dan menenangkan diri karena pemecatan.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Kantor Harus Punya Aplikasi Absensi

Tetapi intinya, waktu pemecatan yang paling tepat adalah melakukannya ketika anda memutuskan untuk memecat karyawan tersebut. Hal ini bermaksud agar tidak membebani pikiran anda, apalagi jika anda adalah pimpinan yang harus mengurusi segala hal yang ada dikantor, pastinya akan sangat berat jika harus menunda-nunda pemecatan.

Beri semangat

Meskipun anda telah memecatnya bukan berarti anda harus membenci dan tidak memberikan hal yang baik kepada karyawan tersebut. Berikan semangat dan motivasi kepada karyawan tersebut agar ia dapat berani untuk menjalani kehidupannya dan mencari pekerjaan lain dengan keinginan yang kuat. Salah satu contoh memberikan dukungan kepada karyawan yang telah dipecat adalah dengan memberikan surat rekomendasi kerja kepadanya. Beritahu kepada karyawan tersebut jika ini adalah kesempatan baginya untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan minat atau passion nya. Dengan keluar dari perusahaan anda berarti karyawan itu menambah pengalamannya selama bekerja.

Baca juga: Memilih Aplikasi Absensi Yang Tepat

Pemutusan kerja memang bukanlah hal yang menyenangkan bagi kedua belah pihak. Tetapi hal ini harus dilakukan oleh perusahaan agar produktivitas tetap berjalan dengan baik. Salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas perusahaan adalah dengan meningkatkan kedisiplinan karayawan. Contoh kedisiplinan yang bisa ditekankan oleh perusahaan adalah dengan menerapkan sistem abensi. Salah satu sistem absensi yang dapat digunakan oleh perusahaan adalah BOSS PINTAR. Dengan menggunakan sistem tracking berbasis GPS Global Positioning System, perusahaan dapat memantau semua karyawan sehingga dapat mengurangi tingkat kecurangan yang dilakukan oleh karyawan. BOSS PINTAR adalah aplikasi absensi gratis yang dapat digunakan oleh berbagai jenis perusahaan, ada banyak sekali fitur yang dapat dimanfaatkan perusahaan dalam pengelolaan sistem absensi, seperti absensi berdasarkan lokasi, selfie untuk validasi absensi, izin, dan memantau jadwal kerja karyawan. Dengan aplikasi absensi berbasis android, segala proses absensi dapat dilakukan dengan sangat mudah.

Sumber: Careeraddict

Aplikasi Absensi Online Boss pintar


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>