Cara Jitu Membuat Karyawan Betah Di Kantor
- HRD

Cara Jitu Membuat Karyawan Betah Di Kantor

Demi keberlangsung bisnis sebuah perusahaan peran karyawan sangatlah penting. Sebagai tim HR, anda berkewajiban untuk mempertahankan loyalitas karyawan agar mereka bisa bekerja dengan baik untuk jangka waktu yang lama.

Salah satu adalah dengan meningkatkan kenyamanan di kantor. Jika suasana yang tercipta nyaman, maka karyawan akan betah bekerja dan lebih produkti. Dikuti dari ekrut.com ada 5 cara membuat karyawan betah di kantor.

Menghias Ruangan Kantor

Cara Jitu Membuat Karyawan Betah Di Kantor - Menghias Ruangan Kantor

img:pexels.com/@seven11nash

 

Memperindah suasana kantor dengan bunga & tanaman, akan meningkatkan semangat di tempat kerja dan membuatnya kelihatan estetis. Sebuah penelitian menunjukan bahwa kantor yangmenghiasi ruangan dengan tanaman hias akan memiliki karyawan yang lebih bahagia dan produktif.

Mendekorasi ruangan dengan tanaman dapat meningkatkan produktivitas 15%. Keberadaan tanaman hijau akan mendorong kepuasan di tempat kerja, kualitas udara yang dirasakan, dan tingkat konsentrasi di kalangan pekerja juga akan meningkat.

Baca Juga:

Menyiapkan Makan Siang

Cara Jitu Membuat Karyawan Betah Di Kantor- Menyiapkan Makan Siang

img:pexels.com/@olly

 

Sudah banyak perusahaan yang menyediakan makan siang bagi karyawannya. Jika perusahaan anda belum menjalankannya, cobalah berinisiatif untuk membuat terobosan ini. Carilah ruangan kosong untuk makan siang agar terjadi interaksi antarkaryawan yang tidak seruangan. Interaksi tersebut akan meningkatkan performa kerja.

Memfasilitasi karyawan dengan makan siang beserta ruangannya dapat memberikan kesempatan kepada karyawan untuk mendapatkan bantuan atau umpan balik mengenai proyek yang sedang dikerjakan. Makan siang bersama juga akan memicu tukar pikiran mengenai pekerjaan masing-masing.

Memiliki Hewan Peliharaan

Cara Jitu Membuat Karyawan Betah Di Kantor- Memiliki Hewan Peliharaan

img:thenextweb.com

 

Banyak orang yang menyukai hewan peliharaan. Anda bisa berinisiatif menawarkan agar kantor memiliki hewan peliharaan untuk mengurangi stres pada karyawan.

Jika permintaan anda disetujui, anda juga harus memikirkan fasilitas dengan ruangan khusus area bebas hewan peliharaan di kantor untuk para karyawan yang mungkin memiliki alergi.

Menambah Fasilitas Kantor

Cara Jitu Membuat Karyawan Betah Di Kantor- Menambah Fasilitas Kantor

img:officesnapshots.com

 

Perusahaan memberikan berbagai fasilitas agar karyawan bisa merasakan suasan nyaman ketika bekerja. Misalnya, tempat tinggal, klinik kesehata, hingga tempat makan khusus karyawan.

Ada juga perusahaan yang memberikan fasilitas kebugaran hingga hiburan seperti game center. Dengan adanya fasilitas tersebut maka karyawan akan merasa lebih diperhatikan.

Gathering

Cara Jitu Membuat Karyawan Betah Di Kantor - Gathering

img:pexels.com/@roneferreira

 

Setelah lelah dengan pekerjaan di kantor yang menumpuk, saatnya tim HRD menyiapkan waktu untuk refreshing bersama. Atasan yang peduli dengan karyawannya akan meluangkan waktu yang berkualitas untuk sekedar berkumpul atau ngobrol ringan saat coffee break.

Ada waktunya anda dan rekan sekantor harus melakukan kegiatan seperti family gathering atau refreshing bersama. Ingat, jangan membahas soal pekerjaan saat sedang menikmati kegiatan tersebut.

Jika anda telah mengetahui apa saja yang harus anda buat untuk membuat suasana agat karyawan betah di kantor. Coba diskusikan cara diatas dengan tim HRD anda.

APS HRD SYSTEM - SOFTWARE HR TERBAIK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.