Cara Efektif & Efisien Melakukan Survey Kepuasan Karyawan
- HRD

Cara Efektif & Efisien Melakukan Survey Kepuasan Karyawan

Mengukur nilai kepuasan karyawan adalah sesuatu hal yang cukup sederhana. Jika karyawan tersebut merasa puas dengan pekerjaan mereka, berarti mereka berada dijalur yang positif. Kepuasan karyawan dapat diukur dengan menggunakan survei kepuasan karyawan. Biasanya didalam survei membahas topik-topik seperti persepsi manajemen, kerja sama tim, fleksibiltas kerja, kompensasi, sumber daya, budaya kerja, beban kerja, dan lainnya.

Semua variable tersebut penting bagi perusahaan  yang ingin meningkatkan kebahagian karyawan dan meningkatkan omset, namun kepuasan karyawan hanya bagian kecil dari solusi keseluruhan. Bahkan, untuk beberapa perusahaan tidak perlu melakukan survey kepuasan karena karyawan tersebut puas bekerja di perusahaan tersebut.

Mengukur Kepuasan Karyawan

Cara Efektif & Efisien Melakukan Survey Kepuasan Karyawan - 1

img:freepik/katemangostar

Keterlibatan karyawan dan kepuasan karyawan merupakan konsep yang sama diperusahaan dan banyak yang menggunakan istilah ini secara bergantian. Hal ini meliputi atas keprihatinan dasar dan kebutuhan karyawan yang berhubungan pada perusahaan.

Sebagai langkah awal yang baik, survei kepuasan yang dilakukan perusahaan selalu mengukur dan mempertahankan  unsur-unsur yang dapat didefinisikan dalam keterlibatan karyawan pada persuhaannya. Seorang karyawan yang berbakat dan termotivasi selalu mengharapkan lebih dari perusahaan. Bagi karyawan ini variabel kepuasannya akan mencakup seperangkat kriteria yang berbeda. Mereka selalu ingin terlibat dan diberdayakan, maka mereka tertantang dan termotivasi dalam perusahaan diman mereka bekerja.

Dalam hal ini mereka ingin pekerjaan mereka bermakna dan mereka ingin mengembangkan kemampuan dan profesionalitas sehingga mereka tumbuh dalam memajukan karir mereka. Masalah yang sering terjadi dalam mengukur kepuasan karyawan adalah tidak fokusnya terhadap hal-hal yang penting untuk meningkatkan kinerja karyawan tersebut. Jika anda hanya mencoba untuk meningkatkan kinerja dengan cara yang tidak tepat, ini berisiko untuk kehilangan karyawan berbakat anda.

Anda akan mendapatkan hampir 8 dari 10 karyawan yang puas dengan pekerjaan mereka atas manfaat, kompensasi, dan work balance merupakan faktor yang penting dalam mengukur kepuasan kerja mereka. Bagi perusahaan untuk memenangkan persaingan membutuhkan bakat baru dan mempertahannya, pihak manajemen harus tahu apa yang mereka inginkan, apa yang membuat mereka bahagia, dan hal apa yang membuat mereka nyaman berada di kantor. Survei ini akan menjadi alat yang bisa memberikan kompensasi yang adir, bermanfaat, berharga, serta mampu menyeimbangkan kehidupan dan pekerjaan bagi karyawan.

Baca Juga:

Faktor Kepuasan Karyawan

Cara Efektif & Efisien Melakukan Survey Kepuasan Karyawan - 2

img:freepik

Beberapa faktor kerpuasan bersifat konsisten dan universal. Pihak karyawan dan hrd melakukan dokumentasi atas kompensasi dan manfaat dari kepuasan karyawan bagi perusahaan. Namun, pihak manajemen memiliki faktor yang cukup penting yaitu seperti berhubungan langsung dengan supervisor, pengakuan atas pencapaian kerja, komunikasi yang terjalin antar sesama karyawan.

Faktor tersebut berkaitan langsung pada pengembangan kondisi budaya kerja. Seringkali karyawan menilai standar itu lebih tinggi dari ekspektasi mereka. Jika dirancang dan dikelola dengan profesional, survei ini akan memberikan feedback yang berharga dan menjadi alam mengukur efektifitas kerja karyawan. Perusahaan dapat menggunakan data survei tersebut untuk merancang sebuah strategi meningkatkan retensi karyawan dan strategi meningkatkan produktivitas, dan menjadi benchmark dalam program perbaikan lanjutan.

Perusahaan dapat mengadaptasi metodologi campuran survei offline dan survei online. Kedua cara ini penting saat dilakukan karena akan memberikan data yang bermanfaat dan mudak untuk dikelola. Anda akan mendapatkan respon dari karyawan pada perusahaan dan akan meningkatkan kredibilitas perusahaan di mata karyawan. Respon yang anda terima bisa positf dan negatif, serta sangat penting untuk mengumumkan hasil tersebut pada seluruh karyawan anda. Ini juga akan menggambarkan bahwa perusahaan responsive terhadap karyawannya.

Pihak manajemen hrd perlu memastikan strategi yang dibuat setelah data dari survei diterima berjalan dengan baik dan efektif. Karena ini akan berdampak langsung pada performa perusahaan. Dan anda juga bisa melakukan survei ini secara periodik, seperti survei yang dilakukan tahunan.

Kesimpulan

Banyak cara yang bisa anda terapkan dalam mengukur kepuasan karyawan, bisa dengan melakukan survei, atau mengamati mereka secara lansung. Dengan memanfaatkan teknologi pastinya akan membuat pekerjaan ini lebih mudah dan cepat. Software HRD Terbaik memiliki fitur yang bisa mendata aktifitas karyawan, serta memiliki fitur lainnya yang akan memudahkan pekerjaan hrd. APS HRD System telah terbukti akan meningkatkan kinerja seorang HR karena memiliki system yang canggih dan telah disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Download gratis sekarang.

APS HRD SYSTEM - SOFTWARE HR TERBAIK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.