Cara cerdas Menghadapi Karyawan Introvert
- HRD

Cara cerdas Menghadapi Karyawan Introvert

Sebagai HR manager, anda akan berhadapan dengan berbagai jenis karakter karyawan. Anda tidak akan pernah mendapatkan satu jenis karyawan saja. Pada umumnya, ada 2 tipe karakter karyawan yang anda akan hadapi ekstrover dan introvert. Perbedaan diantara 2 tipe karakter ini hanya ada dalam cara berkomunikasi.

Ekstrovert lebih mudah diajak dikomunikasi dibandingkan karyawan introvert yang lebih cenderung pendiam. Dibutuhkan cara-cara yang tidak biasa untuk menghadapi karyawan introvert.

Beri Perhatian Lebih Pada Karyawan Introvert

Biasanya mereka yang introvert jarang pernah bicara jika dianggap tidak perlu. Bahkan, hal tersebut penting untuk dibicarakan, tetap tidak mudah bagi karyawan introvert untuk mengemukakan pendapat.

ketika mereka sedang memberikan pendapat, komentar, atau mengemukakan satu hal, berilah perhatian lebih dibandingkan ke karyawan lainnya. Dengan begitu, mereka akan merasa nyaman dan merasa dihargai.

Coba cari tahu hal kecil apa tentang karyawan introvert tersebut. Hal ini mempermudah anda untuk lebih memahami kararkternya, sehingga anda lebih mudah dalam pendekatan terhadap mereka.

Baca Juga:

Beri Ruang Lebih

Butuh kesabaran dan pengetahuan mendalam untuk memahami karakter ini. Biasanya mereka membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan karyawan yang lain.

Berikan waktu untuk dapat memahami linkungan kerja yang seperti apa bagi mereka.

Cari Jalur Komunikasi

Karena seorang introvert jarang berbicara, sebagai manajer anda harus mencari jalur komunikasi lain yang membuat mereka tidak harus berinteraksi langsung dengan anda. Interaksi tidak langsung bisa meningkatkan produktivitas mereka karena tidak terganggu dengan kehadiran manajer.

Anda bisa menggunakan email atau platform chat untuk menjalin komunikasi nonverbal dengan introvert. Walaupun interaksi tanpa tatap muka menjadi kesukaan introver, kehadiran mereka tetap diperlukan dalam situasi tertentu seperti meeting atau konferensi lainnya.

Minta Opini Mereka

Karyawan introvert butuh waktu lebih lama untuk menganalisis permasalahan hingga memunculkan pendapat. Jadi jangan paksa mereka untuk segera mengambil tindakan atas permasalahan yang dihadapinya.

Anda bisa memberikan 1-2 jam untuk bisa menemukan solusi dari permasalahan yang sedang dihadapi. Hubungi mereka ketika tenggang waktu yang anda berikan habis.

Aplikasi Absensi Online Boss pintar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.