Cara Ampuh Mengatasi Absen Karyawan Yang Berlebihan
Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Karyawan merupakan ujung tombak dari perusahaan, jika mereka memiliki kinerja yang baik maka akan meningkatkan produktifitas perusahaan. Kehadiran karyawanpun sangat berperan penting dalam stabilitas berjalannya roda kehidupan organisasi perusahaan. Sering kali karena ketidak hadiran 1 karyawan mengakibatkan, banyaknya masalah yang merambat pada tugas karyawan lain. Namun terkadang kita tetap saja menemukan karyawan dengan absensi yang berlebihan. Untuk itu tim HR harus mampu memanajemen absensi karyawannya. Berikut ini kami berikan cara ampuh mengatasi absen karyawan yang berlebihan :

 

1. Memantau data absensi karyawan dengan teliti

Dengan memantau data absensi karyawan, anda akan dapat mencari solusi terbaik agar tidak terjadi absen yang berlebihan. Tim HR jangan sembarangan dalam menentukan boleh tidaknya karyawan untuk absen, anda harus mempertimbangkan kepentingan karyawan dan kepentingan perusahaan. Anda bisa lihat data absesnsi karyawan, untuk menjadi alat analisa penentuan diterima atau tidaknya izin absen karyawan.

Tim HR jangan “terlalu baik” memberikan izin kepada karyawan yang telah memiliki absen terlalu banyak. Lebih baik anda tolak jika izin absen karyawan tidak terlalu penting dan tidak mengakibatakan apa-apa untuk karyawan. Walaupun untuk menganalisa data absensi karyawan merupakan hal yang sangat “ribet”, apalagi jika perusahaan memiliki karyawan yang banyak. Anda bisa memanfaatkan Sofware HR atau sering juga di sebut HRIS, seperti software APS HRD System yang dapat merekap data absensi dan memberikan pringatan dini terhadap absen berlebihan. Dengan begitu anda dapat membuat keputusan yang baik terhadap izin absen dengan cepat.

Baca juga : Mesin Absensi Portable, Gratis 1 Tahun Uji Coba

2. Memperbaiki budaya kerja dan fasilitas kantor

Tidak bisa di pungkiri bahwa budaya kerja di sebuah perusahaan, dapat berpengaruh terhadap tingkat absensi karyawam. Jika budaya kerja perusahaan tidak baik, di mana karyawan selalu terbebani dengan tugas kerja yang terlalu berlebihan (Over Work). Di tambah kurangnya fasilitas kantor untuk menyamankan karyawan, akan membuat tingkat absen karyawan menjadi sangat tinggi. Bahkan tidak jarang karyawan mencari alasan “palsu”, demi di izinkan absen untuk menikmati hidupnya sendiri.

Maka dari itu sebagai tim HR, anda harus membuat budaya perusahaan yang nyaman bagi karyawan. Dengan tidak memberikan tugas yang berlebihan dan memperbaiki fasilitas kantor, akan membantu karyawan bekerja dengan nyaman. Jika keryawan terlihat tidak mamnpu mengerjakan tugas dengan baik, berilah pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kualitas karyawan anda.

Baca juga : Jenis-Jenis Training Yang Paling Dibutuhkan Karyawan

Jangan lupa untuk mengakomodir karyawan untuk dapat berkomunikasi kepada perusahaan, jika terjadi masalah dalam bekerja. Sehingga karyawan dan perusahaan dapat mengetahui solusi yang tepat untuk di jalankan.

3. Memberlakukan kebijakan cuti bersama

Seperti yang di jelaskan pada point 2, bahwa tekanan pekerjaan yang tinggi akan meningkatkan absen karyawan. Maka dari itu, pemberlakukan cuti bersama bagi karyawan perusahaan merupakan salah satu kebijakan yang tepat, untuk meredahkan penat karyawan. Jika anda melihat kondisi karyawan mulai penat dan butuh waktu istirahat, maka ini adalah waktu yang tepat untuk memutuskan cuti bersama selama 2 hari sebelum akhir pekan. Pemberian cuti bersama juga bisa di lakukan saat ada minggu-minggu dengan hari libur yang tanggung, misalnya pada kamis tanggal merah, maka anda bisa membuat jumat sebagai cuti bersama.

baca juga : Solusi Cara Mengatasi 7 Permasalahan Yang Sering Dihadapi Tim HR

4. Berikan program kesehatan terbaik

Sakit merupakan salah satu alasan yang paling sering diberikan karyawan saat mengajukan izin absen. Terlepas benar atau tidaknya sang karyawan sedang sakit, para HR harus memahami jika tekanan kerja yang sangat tinggi akan membuat tingkat stres karyawan meningkat. Ditambah lagi dengan kondisi tempat kerja yang tidak sehat akan memudahkan karyawan terserang penyakit dan akhirnya harus absen. Maka dari pastikan karyawan mendapatkan program kesehatan yang sangat baik, agar kondisi karyawan tetap fit.

Baca juga : Ternyata Ini 10 Cara Ampuh Integrasi Sosial Media dan HR

Program kesehatan bukan hanya sekedar asuransi kesehatan ataupun bpjs saja, banyak program kesehatan yang harus hr pertimbangkan. Program kesehatan tersebut dapat berupa fasilitas penyaringan udara dan pendingin udara yang baik, pemberian makan siang bagi karyawan dengan menu sehat dan bergizi, fasilitas gym dan alat alat olah raga gratis untuk mendorong karyawan tetap berolah raga, layanan medical check up tiap bulannya untuk memastikan kondisi karyawwan tetap baik dan lain-lain

 

Sekian artikel yang berjudul “Cara Ampuh Mengatasi Absen Karyawan Yang Berlebihan” ini kami tulis. Semoga dapat memberikan dampak yang baik buat perusahaan anda. Terimakasih


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>