Bekerja sebagai HRD atau Human Resource Development merupakan posisi yang memiliki peran yang sangat penting dalam manajemen di setiap perusahaan. Beberapa kegiatan yang menjadi tanggung jawab HRD ialah melakukan perekrutan calon karyawan, pelatihan dan pengembangan karyawan, administrasi personalia dan kompensasai. HRD juga berperan menjaga dan menularkan nilai-nilai dari perusahaan itu sendiri kepada setiap karyawan.
Bagi kamu yang tertarik untuk bekerja sebagai HRD, berikut 5 kemampuan dasar yang wajib kamu miliki.
Memiliki kemampuan untuk fokus dalam banyak hal
Posisi HRD merupakan divisi yang paling banyak berhubungan dengan divisa lainnya. Dengan begitu pekerja yang memiliki posisi tersebut tidak hanya memiliki satu pekerjaan saja. Misalnya melakukan proses penerimaan karyawan, menyiapkan test untuk calon karyawan, menyiapkan pelatihan untuk karyawan baru dan berbagai tugas lainya yang harus dilakukan dalam waktu bersamaan. Untuk itu memiliki kemampuan fokus dalam banyak hal atau multitasking merupakan salah satu syarat yang wajib anda miliki jika ingin bekerja di divisi HRD.
Baca juga : Hal yang tidak boleh dilakukan saat pertama kali bekerja
Dapat memecahkan setiap masalah
Divis HRD memiliki tugas dalam menciptakan suasana yang kondusif dan juga mampu mengelola sumber daya manusia yang bekerja di perusahaan tersebut. Oleh sebab itu sangat penting untuk karyawan HRD agar bisa mencari dan menjadi solusi terhadap setiap permasalahan-permasalahan yang terjadi di perusahaan dan menjadi penengah jika terjadi perselisihan.
Kemampuan berorganisasi
Untuk bisa bekerja sebagai HRD juga harus memiliki skill organisasi yang baik, hal tersebut di sebabkan karena merekalah yang nantinya mengatur waktu perusahaan, menyimpan dokumen penting perusahaan dan menyimpan data karyawan. Itu sebabnya karyawan HRD harus bisa bersikap tegas dan memiliki disiplin
Fokus dan juga berorientasi pada detail
Mengerjakan pekerjaan lebih dari satu pekerjaan dan pekerjaan yang berbeda, karyawan HRD di tuntut untuk bisa teliti serta mampu meminimalisir setiap kesalahan. Salah satu cara supaya lebih teliti dan fokus di pekerjaan ialah dengan membuat catatan untuk pekerjan, dan mengevaluasi pekerjaan yang telah dilakukan untuk kemudian dapat di perbaiki.
Bersikap bijaksana dan mampu menjaga rahasia
Sudah hal yang sangat lazim jika HRD di jadikan tempat yang paling tepat untuk curhat oleh karyawan. Wajar saja mingingat HRD adalah jemabatan antara karyawan dengan pimpinan dan para jabatan lainnya. Untuk sebab itu seorang HRD harus bersikap adil serta dapat menjaga kerahasian perusahan dan karyawan lainnya, bersikap bijaksana, mengambil keputusan dengan tidak memihak kemanapun. Karyawan HRD juga di wajibkan untuk bersikap profesional dengan tidak mencampur adukan hubungan kerja dan hubungan priadi.
Itu lah beberapa kemapuan yang wajib anda miliki jika ingin berkarir sebagai HRD, untuk mendapatkan keahlian tersebut kemauan untuk belajar dan terus berusaha merupakan pondasi awal untuk mencapainya. Teruslah berusaha dan niatkan dirimu untuk terus menggapai cita-cita.