Begini Cara Jitu Menciptakan Tim Yang Solid Dalam Bekerja
Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Untuk dapat menyelesaikan tujuan pekerjaan dengan lebih mudah dan cepat tentunya dibutuhkan rekan kerja yang bukan hanya sekedar rekan namun sebagai tim yang solid terutama saat diberikan proyek oleh perusahaan. Namun untuk mendapatkan tim kerja yang solid bukanlah persoalan yang mudah. Apalagi dengan karakter manusia yang berbeda-beda, pastinya dibutuhkan kesabaran dan kerja sama yang lebih kuat. Untuk membangun tim yang solid dalam bekerja, berikut adalah tipsnya.

Baca juga: 3 Cara Jitu Membuat Karyawan Menjadi Lebih Kreatif

Saling percaya

Tidak mudah memang untuk dapat saling percaya pada seseorang terutama jika mengenai hal pekerjaan, namun agar bisa mendapatkan tim kerja yang solid, seluruh anggota tim harus dapat saling percaya satu sama lain agar lebih mudah menyelesaian pekerjaan yang telah direncanakan. Kepercayaan terhadap setiap anggota tim pada setiap bidang kerja yang berbeda sangat penting demi mencapai tujuan.

Punya visi dan misi yang sama

Perusahaan akan dapat berjalan dengan baik jika seluruh aspek manusianya mulai dari atas hingga yang paling bawah memiliki visi dan misi yang sama. Begitu juga dengan tim kerja, untuk dapat membentuk tim kerja yang solid anda harus memilih rekan kerja yang memiliki cara pandang maupun visi dan misi yang sama.

Baca juga: Tips Menciptakan Lingkungan Kerja Ramah Untuk Karyawan Berpuasa

Dapat berkomunikasi dengan baik

Jika setiap rekan kerja dalam satu tim telah memiliki visi dan misi yang sama, maka anda harus pastikan jika setiap anggota tim kerja bisa berkomunikasi dengan baik. Tanpa komunikasi yang baik tentu saja akan membuat salah persepsi karena tidak mengerti maksud dari pembicaraan yang terjadi didalam tim. Komunikasi yang jujur dan tulus akan memperlancar kerja sama yang dijalin.

Saling menghargai

Tanpa sikap saling menghargai, sebuah tim tidak akan menjadi solid. Untuk itu sangat penting setiap orang didalam tim saling menghargai pendapat dan opini dari rekan lainnya. Untuk itu pastikan tim anda memiliki rasa saling menghargai.

Memberikan reward

Sebagai pimpinan didalam tim anda dapat memberikan penghargaan kepada karyawan yang telah melakukan pekerjaannya dengan sangat baik. Hal ini berguna agar anggota anda merasa jika pekerjaannya dihargai. Tidak hanya itu, rekan tim lain juga akan berusaha dan berlomba-lomba untuk memberikan kontribusi terbaiknya.

Baca juga: Manfaat Tes Psikotes Saat Melakukan Rekruitmen Karyawan Baru

Paham dengan tanggung jawab masing-masing

Tim akan solid jika setiap orang didalamnya mengerti dengan tanggung jawabnya masing-masing. Jika sebuah tim tidak mengerti dengan tanggung jawabnya, maka tim tersebut tidak akan menjadi solid. Tujuan tim kerja tidak akan dapat tercapai jika salah satu anggota tim tidka menegrti atau malas dalam menjalankan peran dan tanggung jawabnya.

Tanpa kerja sama tim yang baik, akan sangat sulit untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan sebelumnya. Oleh karena itu tidak mudah dalam membangun tim yang solid, dibutuhkan komitmen dan kesadaran yang tinggi oleh masing-masing anggota.

APS HRD SYSTEM - SOFTWARE HR & PAYROLL TERBAIK


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.