Bagaimana Pimpinan HR Google Mendapatkan Karyawan Terbaik ?
Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Google merupakan perusahaan besar yang telah di akui dunia, kesuksesan perusahaan ini tidak lepas dari kemampuan dan kualitas yang di miliki oleh karyawannya. Dalam 1 tahun kurang lebih 2 juta surat lamaran masuk ke kantor google dan berharap mendapatkan feedback positif dari Tim HR. Memang banyak sekali yang memimpikan bekerja di google, karena gengsi yang luar biasa dan gaji yang cukup besar. Tetapi faktanya, untuk masuk menjadi karyawan google bukanlah persoalan mudah. Google terkenal memiliki standar kriteria yang cukup tinggi untuk menjadi kandidat karyawannya.

Sulitnya masuk menjadi karyawan google memang di akui oleh tim HR google, hal ini kerena mereka memiliki tanggung jawab yang besar untuk benar-benar memilih calon karyawan terbaik baik bagi google. Jika tim HR tidak benar-benar selektif, maka akan berpengaruh terhadap kelangsungan bisnis google.

Lazslo Bock, Kepala HR Google melansir tentang bagaimana dirinya beserta tim HR mendapatkan karyawan terbaik untuk perusahaan. Ada beberapa trik yang selama ini menjadi andalanya hingga menjadikan google sebagai perusahaan yang memiliki karyawan berkualitas tinggi. Mari kita simak tips yang diberikan berikut ini.

Tentukan kriteria dengan standar yang tinggi

Lazslo Bock mengatakan bahwa proses untuk mendapatkan karyawan terbaik sudah di mulai sebelum proses rekrutment itu sendiri di jalankan. Sebaiknya tim HR dan divisi yang akan mendapatkan karyawan baru duduk bersama untuk membuat kireteria dan standar minimal yang di butuhkan untuk menjadi karyawan di divisi tersebut. Kiteria dan standar minimal yang di butuhkan harus mampu memenuhi kebutuhan dalam melaksanakan tugas dan pekerjaannya dengan baik.

Perusahaan harus konsisten untuk menyeleksi karyawan dengan tingkat kompetensi yang baik dan benar-benar memiliki passion pada pekerjaan yang sedang di lamarnya. Jangan pernah mencoba menerima karyawan dengan kriteria yang tidak sesuai apapun alasannya, karena hal tersebut sangat beresiko bagi perusahaan anda. Dalam menerapkan tips ini memang akan menhabiskan waktu yang lebih lama dalam menjalankan proses perekrutan. Namun berkat kesabaran tim HR menunggu karyawan terbaik tiba, Anda akan mendapatkan investasi sumber daya manusia yang baik bagi perusahaan. Sekali lagi di ingatkan, jangan perna ada kata kompromi untuk urusan kriteria calon pekerja yang dapat di diterima. Karena menggunakan tips ini sungguh memakan waktu, anda dapat mengunakan software payroll indonesia atau juga sering desebut Software HR yang mampu membantu segala aktivitas anda seperti APS HRS SYSTEM.

Gunakan beragam kanal dan sarana untuk mendapatkan kandidat karyawan terbaik

Masih banyak perusahaan yang terlalu mengandalkan jasa portal pencarian kerja untuk mendapatkan kandidat calon karyawan. Harus di akui memang dengan mencantumkan informasi di portal lowongan pekerja dapat mempermudah mendapatkan banyak kandidat pelamar. Namun walaupun tidak sepenuhnya salah, biasanya calon kandidat hanya mengirimkan lamaran secara generik dan secara massal kebanyak perusahaan. Dengan kata lain sang pelamar tidak benar-benar memilih perusahaan anda sebagai tempat iya bekerja nanti. Mereka hanya berharap salah satu dari ratusan lamaran yang di kirim dapat di terima.

Sebaiknya tim HR harus benar-benar “turun tangan” sendiri dalam melakukan perekrutan dengan menggunakan beragam kanal dan sarana yang ada. Anda bisa mencari secara langsung di lingkedin dan menghubungi langsung secara pribadi calon karyawan yang di ingikan. Anda juga dapat memanfaatkan jaringan perusahaan dan relasi anda untuk medapatkan rekomendasi karyawan yang cocok untuk perusahaan anda. Walaupun tampaknya lebih tradisional, namun cara ini terbukti lebih ampuh untuk mendapatkan karyawan yang memiliki kualitas sangat baik.

Baca juga : 5 Hal Yang Dilihat Perekrut Dari LinkedIn Anda

Sebar dan bagi tim dalam proses wawancara

Di google demi untuk memastikan perusahaan mendapatkan karyawan terbaik, Divisi HR sampai harus membuat tim khusus yang bertugas menelusuri lamaran yang diterima satu persatu. Proses ini memang menghabiskan banyak waktu, tetapi benar-benar dapat memastikan bahwa tidak ada satupun kesalahan kriteria yang dapat terjadi. Setelah proses analisa yang jelas, barulah mereka dipanggil untuk wawancara. Selain itu, divisi HR juga membagi tim wawancara pada tahapan sesi wawancara. Tidak lupa untuk setiap tim menuliskan ulasan persesinya untuk dapat di pertimbangkan menjadi karyawan di google.

Baca juga : Inilah Cara Menjaga Agar Karyawan Terbaik Tidak Resign

Nah itulah 3 tips berharga yang diberikan oleh pimpinan HR google dalam mencari karyawan terbaik. Semoga dengan adanya artikel ini anda juga mampu mendapatkan karyawan terbaik.


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>