Bagaimana Cara Memilih Software HRD Terbaik Untuk Perusahaan?
Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Software HRD terbaik mempunyai peran yang sangat penting dalam berjalannya setiap proses administrasi yang berkaitan dengan karyawan setiap bulannya. Dengan menggunakan software hrd terbaik, perusahaan akan mendapat keuntungan karena segala proses administrasi Human Resource berjalan dengan cepat dan lebih efektif karena menggunakan software hrd terbaik yang memiliki berbagai fitur bermanfaat bagi HRD. Menggunakan software hrd terbaik akan membuat divisi Human Resource yang ada diperusahaan tidak akan menghabiskan waktu yang lama hanya untuk menghitung gaji karyawan setiap bulan atau menghitung absensi karyawan.

Baca juga: Apa Yang Terjadi Jika Perusahaan Salah Pilih Software Payroll?

Setiap HRD tentu mengetahui jika perhitungan gaji karyawan yang dilakukan setiap bulannya tidaklah membutuhkan waktu yang sebentar. HRD harus menghitung seluruh komponen gaji karyawan dengan baik mulai dari menghitung jumlah kehadiran karyawan, menghitung PPH 21 karyawan, menghitung bonus karyawan dan yang terakhir menghitung BPJS Kesehatan serta BPJS Ketenagakerjaan. Tentu saja segala proses perhitungan tersebut tidak dapat dilakukan dengan cepat karena butuh ketelitian agar tidak terjadi salah hitung yang akan merugikan keduabelah pihak baik pihak perusahaan maupun pihak karyawan. Untuk mengatasi hal tersebut, perusahaan harus mencari software hrd terbaik yang agar segala proses perhitungan gaji karyawan dapat diselesaikan dengan lebih akurat dan efesien. Lalu bagaimana cara memilih software hrd terbaik untuk perusahaan? Berikut tipsnya.

Baca juga: Manfaat Menggunakan Software HRIS Dalam Perusahaan

Pastikan software hrd mudah untuk dipahami

Tentu akan sia-sia jika menggunakan software hrd terbaik yang memiliki beragam fitur yang berguna dalam proses penggajian namun sulit untuk dipahami oleh divisi Human Resource. Untuk itu, sebelum memilih software hrd terbaik anda harus mengetahui bagaimana proses penggunaanya terlebih dahulu, anda harus mengetahui apakah software hrd yang tersebut akan mudah dipahami oleh karyawan anda atau tidak.

Namun perlu anda garis bawahi kemudahan dalam penggunaanya bukan berarti harus mengorbankan berbagai fitur penting yang seharusnya ada didalam software hrd seperti perhitungan absensi, cuti, PPH 21, BPJS Ketenagakerjaan & Kesehatan dan penggajian. Pastikan software hrd yang anda gunakan bukan hanya mudah untuk digunakan namun juga memiliki fungsi yang dapat berjalan maksimal.

Baca juga: Download BIS Accounting System Gratis | Software Akuntansi Terbaik

Pilih software hrd yang memiliki proses akurat dan sudah teruji

Untuk mendapatkan software hrd terbaik, anda harus memastikan jika segala proses yang dilakukan didalam software hrd tersebut berjalan dengan baik dan akurat. Tentu akan sangat merepotkan jika harus menghitung ulang seluruh komponen penggajian secara manual untuk memastikan apakah perhitungan gaji karyawan sudah akurat atau tidak. Oleh karena itu pastikan software hrd yang anda pilih mampu melakukan proses perhitungan gaji karyawan dengan akurat dan efesien. Dengan begitu HRD tidak perlu mengecek satu persatu seluruh penggajian karyawan yang ada diperusahaan.

Baca juga: Beralih Ke Sistem Payroll? Ini Hal Yang Harus Dipersiapkan

Lihat fitur yang disediakan oleh software hrd

Salah satu ciri software hrd terbaik adalah berbagai fitur pendukung yang dimilikinya. Dengan ber bagai fitur pendukung yang dimiliki oleh sofware HRD, tentunya akan sangat membantu tim HR dalam melakukan perhitungan gaji karyawan. Misalnya saja seperti fitur otomatis SMS setiap karyawan ketika gaji sudah keluar, otomatis menghitung absensi karyawan dan fitur lainnya yang sangat bermanfaat. Anda tidak hanya harus memperhatikan fitur utama yang ada didalam software hrd namun juga harus memperhatikan fitur-fitur kecil yang ada didalam sofware hrd, karena meskipun fitur tersebut tidak dapat dikatakan sebagai fitur utama, namun tetap sangat berguna ketika tim HR melakukan proses penggajian.

Pilih software hrd yang fleksibel sesuai kebutuhan

Seperti yang diketahui bersama, pemerintah sering sekali mengganti aturan yang berkaitan dengan penggajian karyawan. Misalnya aturan perhitungan PPH 21 karyawan, perhitungan BPJS Ketenagakerjaan dan peraturan lain yang mengharuskan perusahaan menambah komponen penggajian atau menguranginya. Tentu saja hal tersebut tidak dapat diterapkan kedalam software hrd jika software hrd yang anda pilih tidak mampu mengikuti perkembangan yang berkaitan dengan aturan penggajian oleh pemerintah Indonesia.

Baca juga: Cara Terbaru Menghitung BPJS Kesehatan Untuk Karyawan

Selain itu, software HRD yang fleksibel dapat anda manfaatkan jika terjadi perubahan kebijakan yang ada didalam perusahaan anda, misalnya potongan uang makan setiap terlambat datang selama 5 menit, atau potong gaji satu hari setengah jika tidak hadir tanpa keterangan. Untuk itu pastikan anda memilih software hrd terbaik yang dapat bekerja secara fleksibel sesuai dengan kebijakan yang ada didalam perusahaan anda.

Itu tadi adalah 4 tips dalam memilih software hrd terbaik untuk perusahaan. Dengan melihat 4 poin diatas anda akan mendapatkan software hrd terbaik yang sangat berguna bagi perusahaan. APS HRD SYSTEM adalah software hrd terbaik sekaligus payroll terbaik yang dapat dengan mudah melakukan berbagai proses penggajian karyawan dengan tepat dan akurat. Selain itu, seluruh penjelasan diatas dapat anda temukan didalam software HRD APS HRD SYSTEM. Anda akan mendapatkan berbagai fitur menarik yang akan membantu HRD dalam menghitung penggajian karyawan. Tertarik untuk mencobanya? Silahkan klik gambar dibawah untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai APS HRD SYSTEM.

APS HRD SYSTEM - SOFTWARE HR & PAYROLL TERBAIK


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.