Bagaimana Cara Membuat Ruangan Kantor Nyaman Bagi Karyawan
Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kantor adalah sebuah tempat yang akan menjadi rumah kedua bagi para karyawan, disinilah lebih dari separuh waktunya akan dihabiskan. Maka dari itu ruangan kantor harus dibuat senyaman mungkin, agar karyawan dapat  bekerja dengan baik dan produktif. Lalu yang akan menjadi pertanyaan adalah, “Bagaimana cara membuat ruangan kantor yang yaman bagi karyawan ?”

Setiap karyawan pasti memiliki sudut pandang sendiri bagaimana ruangan kantor yang nyaman bagi dirinya, oleh karena itu kita tidak bisa benar-benar mengakomodir semua keinginan karyawan. Namun biasanya, ada 7 hal umum yang dapat membuat karyawan nyaman untuk berlama-lama diruang kantor dan menambah produktivitasnya. Apa saja 7 hal yang harus ada diruang kantor tersebut ? Mari simak kelanjutan artikel ini.

Pasang pencahayaan yang cukup

Jika cahaya penerangan diruang kantor anda redup, ini akan membuat pandangan akan sedikit buram. Dampak dari hal ini adalah karyawan akan mudah ngantuk dan tidak fokus. Justru sebaliknya, jika pencahayaan diruang kantor cukup, akan membuat rasa kantuk berkurang dan meningkatkan mood pada waktu yang tepat. Agar hasil lebih baik lagi anda bisa mensetting cahaya yang cukup pada saat jam kerja dan sedikit redup saat jam istirahat.

Untuk masalah sumber cahaya memang lebih baik adalah cahaya alami yang terpancarkan oleh cahaya matahari, sehingga jika kantor anda memiliki banyak jendela atau tempat masuknya matahari, maka sebaiknya dioptimalkan. Telah banyak bukti jika cahaya matahari dapat meningkatkan fokus yang lebih baik dibandingkan cahaya lampu.

Dari hasil penelitian di Oxford University menunjukan bahwa paparan cahaya yang baik dalam bekerja adalah sebesar 1000 lux (satuan untuk keterangan cahaya). Paparan ini mampu membeuat manusia bekerja lebih maksimal tanpa harus over work.

Siapkan camilan sehat

Saat anda sedang menonton film, pastinya anda selalu mencari cemilan untuk menjadi teman nonton terbaik. Hal ini biasanya dilakukan agar anda dapat fokus menonton bukan ? Nah menambah tingkat fokus dengan memakan cemilan juga dapat diterapkan dalam bekerja.

Anda bisa menyediakan beberapa cemilan yang dapat dimakan karyawan sambil bekerja, namun ini artinya juga anda harus menghapus aturan dilarang makan saat bekerja. Dengan menyediakan makanan atau cemilan di dalam kantor, akan mampu untuk meningkatkan kreativitas dan produktivitas karyawan. Namun agar cemilan tidak memberikan dampak negatif seperti obesitas dan kolesterol, maka sebaiknya cemilan yang diberikan haruslah cemilan yang sehat seperti buah, salad sayur, ataupun makanan rendah kalori.

Baca juga : FOX FREE SMS, Aplikasi SMS Gratis Di Android

Sediakan udara bersih bagi karyawan

Bagaimana Cara Membuat Ruangan Kantor Nyaman Bagi Karyawan-4

Sirkulasi udara yang baik pada dasarnya akan memberikan udara yang segar dan menyehatkan bagi karyawan, sehingga tingkat cuti karena sakitpun dapat diminimalkan ( Baca juga : Software Payroll Indonesia untuk self service pengajuan absen dan cuti).

Selain dapat menghindari peyakit yang disebabkan oleh virus di udara, sirkulasi udara yang baik dan bersih juga akan mempengaruhi hasil kerja karyawan. Hal ini karena otak manusia memerlukan oksigen dalam setiap pemrosesannya. Udara yang bersih akan memberikan banyak oksigen dan selanjutnya akan dibawa oleh dara kebagian otak kita. Ketika otak mendapatkan stok oksigen yang baik, maka dapat menunjang setiap proses yang masuk. Ini memberikan dampak positif seperti tingkat fokus yang baik, mempermudah daya pikir manusia dll.

Meningkatkan kualitas udara sebanarnya cukup muda, seperti dengan membuka jendela dan membiarkan udara keluar masuk. Apabila ruang kantor anda tidak memiliki jendela atau tidak memungkinkan masuknya udara dari luar, maka anda bisa menggunakan air purifier sebagai solusinya. Air purifier sendiri berbeda dengan Air Conditioner (AC), jika AC berfungsi sebagai sebagai pendingin udara, maka air purifier berfungsi untuk menyaring atau memurnikan udara yang ada di dalam ruangan. Namun sekarang juga sudah tersedia AC yang memiliki teknologi air purifier.

Sediakan air minum yang cukup disetiap ruangan

Hampir sebagian besar tubuh manusia dipenuhi oleh air dan selain oksigen, semua orang juga tau bahwa air sangat penting bagi kehidupan manusia. Air memiliki banyak peran bagi tubuh manusia, seperti menjaga suhu badan hingga mejangga fungsi organ-organ tubuh manusia. Bahkan jika anda kekurangan air dalam tubuh alias dehidrasi, dampak jangka pendeknya tubuh anda akan lemas dan pingsan. Itu baru dampak janga pendeknya saja, untuk dampak jangka panjangnya jauh lebih parah lagi seperti ganguan pada ginjal dan organ lainnya.

Seperti yang sering kali disebutkan oleh salah satu iklan air mineral di indonesia, jika kekurangan air dapat menyebabkan kurangnya fokus saat bekerja dan produktifitaspun menurun. Kurang minum air juga akan menyebabkan daya tahan tubuh menurun dan muda terjangkit penyakit.

Maka dari itu, pastikan ketersediaan air siap minum diruangan kantor mencukupi kebutuhan karyawan. Pastikan letak air minum mudah di jangkau karyawan, hal ini membuat karyawan lebih sering mengambil air. Selain dengan menyediakan air siap minum, anda juga dapat mengurangi dehidrasi karyawan dengan menyediakan buah-buahan segar yang mengandung banyak air.

Baca juga : Absensi karyawan dengan teknologi GPS

Sediakan meja berdiri

APS HRD SYSTEM - Software HR terbaikMungkin anda sudah tau, bahwa duduk terlalu lama dapat memberikan dampak negatif pada kesehatan. Jika anda lihat di berbagai perusahaan terkenal, mereka tidak lagi mengharuskan karyawan duduk bekerja di mejanya masing-masing hingga pulang kerja. Perusahaan juga menyediakan meja tinggi tanpa kursi yang dapat digunakan karyawan untuk bekerja sambil berdiri.

Ini lagi menjadi tren bagi perusahaan startup teknologi dan perusahaan besar terkenal. Karena mereka sudah membuktikan bahwa bekerja sambil berdiri dapat meningkatkan produktifitas karyawan. Namun jangan karena meja berdiri bagus untuk meningkatkan produktivitas, maka anda menghilang meja dengan kursi. Meja berdiri hanya digunakan ketika karyawan telah lama duduk saja.

Baca juga : Metode Penilaian Produktivitas Kerja Karyawan Paling Akurat

Sediakan ruangan khusus untuk rehat

Jangan pernah memaksakan tubuh karyawan anda untuk terus bekerja, ini akan berdampak buruk dikemudian hari. Berikanlah mereka kesempatan untuk beristirahat sejenak untuk menyegarkan tubuh dan pikiran mereka kembali. Ketiks karyawan dapat beristirahat dengan sempurna, maka tubuhnya akan kembali pada performa terbaiknya dan karyawan akan produktif kembali.

Bentuk anda memberikan kesempatan pada karyawan untuk beristirahat bukan hanya dalam bentuk waktu saja, tetapi juga dengan memberikan ruang khusus yang dapat digunakan utnuk beristirahat. Untuk membuat ruang khusus istirahat tidaklsh perlu dengan cara yang mahal, anda bisa memberikan ruang dengan sebuah sofa empuk atau kasur yang dapat digunakan siapa saja. Intinya pastikan ruangan benar-benar nyaman untuk beristirahat.

Baca juga : Aplikasi Absensi Online Berbasis Android & IOS

Hadirkan tanaman hijau di dalam kantor

Bagaimana Cara Membuat Ruangan Kantor Nyaman Bagi Karyawan

Apakah anda pernah merasakan ketika bangun tidur langsung melihat pemandangan alam yang hijau ? Pasti rasanya akan lebih segar dibandingkan saat anda bangun lansung melihat hiruk pikuknya kemacetan jalan raya. Hal ini sebenanrnya diakibatkan dari efek psikologi yang ditangkap oleh mata kita.

Sejalan dengan hal tersebut, University of Exeter pernah bereksperimen tentang dampak dari memandang tanaman hijau dengan produktifitas kerja. Hasilnya sangat mengejutkan, yaitu ketika ruang kantor memiliki tanaman hijau yang dapat dipandang maka terjadi peningkatan kebugaran karyawan sebesar 47%, meningkatkan kreativitas hingga 45% dan produktivitas karyawan juga menjadi meningkat sebesar 38% dibandingkan karyawan yang bekerja di ruangan tanpa tanaman hijau yang bisa dipandang.

Adanya tanaman hijau dikantor juga dapat memberi dampak positif dengan kondisi udara di dalam ruang kantor. Hal ini karena tanaman akan menyerab karbon dioksida dan mengalirkan oksigen segar di dalam ruangan. Ini manjadi solusi alternatif penyaring udara, jika kantor anda tidak memiliki jendela ataupun sirkulasi udara lainnya.

Baca juga : Mesin Absensi Portable || Gratis 1 Tahun Uji Coba

Nah 7 cara yang telah dijelaskan tersebut dapat anda aplikasikan di dalam ruang kantor. Kami menunggu efek yang didapat dari 7 cara tersebut atau jika anda memiliki cara yang telah terbukti membuat ruang kerja kantor menjadi nyaman, maka silahkan isi dalam komentar dibawah ini ya.

Terimakasih.

 

Sumber : TechInAsia
Image by : Concept office

 

APS HRD SYSTEM - SOFTWARE HR & PAYROLL TERBAIK


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>