Share untuk berbagi kebermanfaatan
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares

Untuk menjadi sebuah perusahaan yang profesional, tentunya harus memperhatikan segala aspek yang ada didalam perusahaan, mulai dari budaya kerja, peraturan, kesejahteraan karyawan dan kompensasi karyawan. Tidak hanya itu, perusahaan dapat dikatakan sebagai perusahaan profesional jika mampu menerapkan sistem kedalam setiap proses yang ada. Misalnya menerapkan sistem absensi dengan menggunakan software absensi yang fleksibel dan dapat dengan mudah digunakan karyawan, atau menggunakan software payroll sebagai sistem untuk membantu proses penggajian karyawan.

Baca juga: 5 Tugas HRD Yang Membutuhkan Bantuan Sistem Aplikasi

Menggunakan software payroll dalam proses penggajian karyawan merupakan suatu hal yang wajib untuk dilakukan oleh perusahaan besar maupun perusahaan yang sedang berkembang karena akan sangat membantu HRD dalam melakukan penggajian terlebih jika perusahaan tersebut memiliki jumlah karyawan yang tidak sedikit. Selain itu, penggajian merupakan sebuah hal yang sensitif karena menyangkut upah karyawan. Kesalahan dalam perhitungan gaji dapat berpengaruh terhadap performa karyawan karena merasa hak yang seharusnya didapatkan tidak terpenuhi.

Baca juga: 5 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Aplikasi Penggajian

Ada berbagai penyedia software payroll yang dapat anda temui di internet. Tapi taukah anda, jika tidak semua software payroll yang ditawarkan tersebut dapat sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan oleh perusahaan. Bahkan tak jarang, fitur-fitur tambahan yang diberikan malah membuat fitur utama dari software payroll tersebut tidak berfungsi dengan baik. Oleh karena itu sangat penting untuk menggunakan payroll yang benar-benar tepat bagi perusahaan anda. Lalu apa yang akan terjadi jika anda salah memilih aplikasi payroll untuk perusahaan? Berikut adalah dampak buruk yang akan terjadi jika salah pilih aplikasi penggajian.

Telat bayar gaji karyawan

Salah satu hal yang akan terjadi jika salah memilih software payroll adalah keterlambatan dalam membayar gaji karyawan. Tentu saja hal ini sangat tidak disukai oleh setiap karyawan dan akan membuat karyawan tidak nyaman saat bekerja karena belum mendapatkan haknya sebagai karyawan yaitu menerima upah.

Proses perhitungan gaji yang melewati periode

Software payroll yang tidak berkualitas dapat menyebabkan HRD kesulitan dalam melakukan perhitungan gaji karyawan. Apalagi jika perusahaan memiliki jumlah karyawan yang banyak, tentu akan sangat kesulitan dalam mengelola data absensi karyawan, cuti, lembur dan BPJS Ketenagakerjaan karyawan. Ketika proses perhitungan gaji karyawan tidak dapat dihitung sesuai dengan waktu yang ditentukan, maka pembayaran gaji akan terlambat.

Baca juga: Best Payroll & HR Software In Indonesia

Kesalahan dalam perhitungan gaji karyawan

Salah satu hal paling fatal dari kesalahan memilih software payroll adalah salah saat menghitung gaji karyawan. Banyaknya karyawan yang bekerja di perusahaan dapat menyebabkan terjadinya human eror, sehingga berdampak pada kesalahan saat menghitung gaji karyawan. Tentu tidak sangat tidak menyenangkan jika karyawan yang seharusnya mendapatkan full sallary menjadi berkurang akibat kesalahan dalam menghitung penggajian. Untuk itu pastikan aplikasi payroll anda memiliki fitur Artificial Intelligence seperti yang dimiliki APS HRD SYSTEM agar dapat melakukan pengolahan data karyawan dengan otomatis.

Laporan keuangan menjadi tidak akurat

Imbas dari kesalahan dalam menghitung penggajian karyawan adalah ketidakakuratan data laporan keuangan dan data pajak. Tentu saja dapat berdampak langsung kepada perusahaan terutama saat perusahaan akan melakukan pengambilan keputusan berdasarkan laporan keuangan. Selain itu juga laporan pajak yang tidak sesuai akan membuat perusahaan terkena sanksi dari Dinas Ketenagakerjaan.

Baca juga: Dengan Aplikasi BOSS, Kini Absensi Karyawan Semakin Mudah

Menurunkan citra perusahaan

Kesalahan saat memilih software payroll yang menyebabkan salah saat menghitung gaji tentu akan membuat dampak buruk bagi perusahaan, tidak hanya performa karyawan yang akan menurun karena merasa tidak mendapatkan hak yang sesuai. Citra perusahaan dimata para pencari kerja juga akan menjadi buruk karena terkenal sebagai perusahaan yang tidak membayar gaji dengan tepat waktu.

5 Kesalahan yang terjadi diatas dapat diatasi dengan menggunakan software payroll yang tepat. Salah satu aplikasi penggajian terbaik adalah APS HRD System. APS HRD System adalah sebuah software  payrol yang berisi dengan fitur utama yaitu perhitungan gaji, perhitunga nabsensi dan penggajian dengan PPH 21 dan BPJS Ketenagakerjaan. Selain itu APS HRD System bekerja dengan sangat mudah, anda hanya perlu melakukan tiga langkah mudah dalam perhitungan gaji karyawan, yaitu proses tarik data – absensi – proses penggajian. Tertarik untuk mencobanya? Silahkan klik gambar dibawah.

APS HRD SYSTEM - SOFTWARE HR & PAYROLL TERBAIK


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>