Apa Manfaat Menyediakan Makan Siang Bagi Karyawan
Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Mungkin masih banyak perusahaan yang lebih memilih untuk memberikan uang makan siang karyawan dibandingkan langsung memberikan makanan untuk makan siang secara gratis. Perusahaan berdalih dengan memberikan uang makan siang secara langsung, akan membuat karyawan dapat memilih menu makan sesuai dengan keinginan dan juga membuat perusahaan tidak dipusingkan untuk mengurusi makan siang karyawanya.

Namun nyatanya, banyak sekali manfaat dan keuntungan yang bisa didapatkan ketika makan siang karyawan disediakan oleh perusahaan. Maka dari itu, sudah sebaiknya mau perusahaan besar ataupun yang masih rintisan untuk mencoba menyediakan makan siang di kantor secara gratis, dibandingkan hanya dengan memberikan uang kompensasi makan siang.

Berikut ini 4 manfaat yang bisa didapatkan, ketika perusahaan menyediakan makan siang dikantor untuk para karyawan.

1. Mengakrabkan dan Meningkatkan Komunikasi Karyawan Antar Divisi

Ketika sebuah perusahaan telah memiliki karyawan yang lumayan banyak dan berada diberbagai divisi, sering kali membuat karyawan tidak mengenal satu sama lain. Biasanya karyawan hanya kenal dengan orang yang ada dalam divisinya, ataupun karyawan divisi lain yang pernah berkerja sama saja.

Ketika perusahaan menyediakan makan siang di kantor untuk para karyawannya, ini akan menjadi solusi dari kurang akrabnya para karyawan tersebut. Ketika karyawan sedang makan siang pada ruang yang sama, maka akan lebih besar peluang untuk karyawan bertemu. Tentunya ini akan menjadi awal dari komunikasi ringan dari para karyawan tersebut, sehingga lama kelamaan mereka akan lebih akrab dan dapat meningkatkan komunikasi karyawan antar divisi. Selain itu dengan makan siang bersama di dalam kantor, juga akan menghampus jarak antara karyawan baru dan karyawan lama. Semua karyawan tanpa melihat status dan jabatan akan makan bersama dalam meja yang sama pula.

Baca juga : Mudahnya Monitoring Pekerja Lapangan Dengan Aplikasi BOSS

Selain meningkatnya hubungan dan komunikasi,  dengan mnyediakan makan siang juga akan membantu karyawan lebih produktif. Hal ini terjadi karena jika karyawan makan siang diluar, biasanya akan menghabiskan waktu yang lama untuk kembali. Sementara jika makan siang di kantor, bahkan karyawan masih bisa membahas secara ringan pekerjaan sambil makan bersama rekan kerja.

2. Meningkatkan kesehatan karyawan.

Ketika karyawan makan siang diluar, tentunya perusahaan tidak bisa mengontrol menu apa saja yang dimakan. Sehingga perusahaan tidak tau apakah makanan yang dipesan karyawan sehat atau tidak. Pastinya ini akan berpengaruh terhadap kesehatan karyawan, padahal perusahaan sangat mengharapkan mereka selalu dalam kondisi terbaiknya ketika bekerja.

Tentunya dengan menyediakan makan siang di kantor, anda dapat mengetur kualitas menu agar kesehatan karyawan tidak terganggu. Agar karyawantidak bosan, anda juga bisa menanyakan menu-menu kesukaan para karyawan agar menu dapat diganti dalam periode tertentu, namun tentu saja yang tetap sehat. Bahkan dari studi ilmiah yang telah dilakukan, makanan tidak sehat dapat berpengaruh langsung dengan hasil pekerjaan karyawan. Diantaranya seperti karyawan mudah ngantuk, kurang konsentrasi dan susah memunculkan ide-ide kreatif.

Baca juga : Boss Attendance System, Aplikasi Absensi Online Terbaik

Bahkan jika perusahaan anda mau sedikit berkorban uang, anda bisa juga menyediakan koki khusus untuk menghidangkan makanan terbaik bagi karyawan. Ini akan membuat makan didalam perusahaan, terasa seperti makan direstoran.

Nah dari pada anda mengambil resiko yang tentunya merugikan perusahaan anda, maka ada baiknya anda untuk mulai merancang aturan penyedian makan siang di kantor yang sehat.

3. Karyawan Lebih Mencintai Perusahaan

aps hrd system - software hr terbaikBila anda perhatikan dari deretan perusahaan terbaik yang sangat dicintai para karyawanya, seperti Google, Apple, uniliver dan perusahaan besar lainnya. Pasti mereka selalu menyediakan makan siang gratis untuk para karyawannya.

Para HR perusahaan tersebut menyadari program makan siang gratis merupakan strategi manajemen HR yang sangat efektik untuk meningkatkan loyalitas karyawan. Makan siang yang sehat dengan rasa dan kualitas restoran bintang lima, pasti akan sangat membahagiakan karyawan. Apalagi dari sini karyawan akan sadar, jika perusahaan sangat memperhatikan kesehatan dan kenyamanan karyawannya. Mereka sadar jika perusahaan selalu ingin berusaha melayani dengan baik para karyawannya, karena mereka adalah aset terbesar perusahaan.

Baca juga : Alasan Kenapa Perusahaan Anda Membutuhkan HRIS

4. Tersedianya makan siang gratis juga memikat SDM berkualitas untuk bergabung

Coba anda tanyakan pada para pencari pekerjaan tentang kenapa mereka mengidolakan perusahaan besar seperti google dan apple ? Pastinya selain gaji yang besar dan linkungan kerja yang asik, makanan gratis yang disediakan perusahaan tersebut juga menjadi alasannya.

Dengan tingginya persaingan antar perusahaan untuk mendapatkan talenta terbaik agar mau bergabung dalam perusahaanya, maka setiap perusahaan dan tim HR harus mampu menawarkan sesuatu hal yang lebih ketika menjadi karyawannya. Makan siang gratis yang sehat dan disajikan bak restoran bintak 5 menjadi salah satu andalan yang dapat anda gunakan, agar terlenta terbaik mau bergabung di perusahaan anda.

Ini hanya sebagain manfaat yang bisa anda dapatkan ketika menyediakan faslitas makan gratis bagi karyawan, jadi sebaiknya mulailah untuk mempersiapkan fasilitas terbaik bagi karyawan anda. Anda juga dapat menaikan loyalitas karyawan dengan menerapkan sistem manajemen HR yang sempurnah melalui penggunaan Software HR Terbaik.

APS HRD SYSTEM - SOFTWARE HR TERBAIK


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>